Kamu Menggunakan Browser Lawas. Agar lebih cepat, lebih aman, update gratis sekarang.

Memuat halaman...

Macam-macam Hardware (Perangkat Keras) Komputer serta Fungsinya

Keterlibatan Hardware pada perangkat komputer sangat penting dan saling terhubung satu sama lainnya. Dalam sebuah komputer terdapat berbagai macam hardware (perangkat keras yang terpasang) karena perangkat keras ini merupakan bagian yang tidak dapat di pisahkan dari komputer. Tanpa Hardware yang terpsang, komputer tidak akan dapat beroperasi dengan baik. Untuk itulah penting juga kita mengetahui macam-macam hardware apa saja yang terdapat pada komputer serta perannya terhadap proses yang terdapat pada komputer.

Sudiana
Sudiana

Image by macrovector on Freepik

Hardware atau yang biasa di sebut sebagai perangkat keras yang terdapat pada komputer memilki berbagai macam jenis. Setiap hardware yang terpasang di komputer memiliki fungsi dan tugasnya masing masing.

Dalam sebuah komputer terdapat beberapa macam hardware terpasang menjadi sebuah sistem yang saling terhubung. Sistem ini akan terhubung satu dengan hardware lainnya menunjang kinerja komputer.

Macam-macam Hardware Komputer

Dari segi jenisnya komponen hardware ini dapat di kelompokan menjadi 5 yaitu Input Hardware, Prosessing Hardware, Output hardware, Storage Hardware serta hardware pendukung.

1.Input Hardware

Input hardware meliputi jenis hardware yang dapat melakukan input atau masukan ke hardware lainnya. Masukan ini bisa berupa informasi atau data yang kemudian dapat di oleh oleh prosessing hardware. Jika kita lihat pada perangkat komputer, dapat kita temukan macam-macam jenis hardware tipe input antara lain:

Keyboard

Keyboard adalah sebuah perangkat keras yang terdiri dari beberapa tombol yang dapat di pencet yang di gunakan untuk input data. Karena itulah Keyboard secara langsung di gunakan oleh brainware dalam menginput huruf, kata, dan angka atau juga bisa kode ke dalam sebuah komputer.

Dengan adanya hardware input seperti keyboard membaut pengguna komputer dapat mengerjaan pekerjaan mengetik dokumen pada mcrosoft office. Keyboard merupakan hardware yang mensuplay sumberdaya yang sangat bermanfaat untuk pengguna yang sering bekerja pada perkantoran.

Mouse

Mouse merupakan salah satu jenis hardware input yang dapat menggerakan kursor dalam antarmuka grafis (GUI) komputer untuk dapat memilih menu dengan menekan tombol virtual yang tampil pada layar komputer, Memilih file yang ingin di buka atau di pindahkan, membuat folder baru, sorting file, serta fungsi lainnya.

Selain itu, dengan adanya mouse sebagai hardware input, user dapat melakukan aktifitas pada GUI seperti menarik file, Melepaskannya, serta memilih beberapa opsi menu yang dapat di lakukan terhadap file tersebut. Agar mouse dapat di gunakan dengan baik, mouse secara umum di tempatkan di atas permukaan datar dengan alas mousepad.

Scanner

Scanner adalah hardware input yang dapat memasukan data berupa gambar ke dalam komputer. Dengan adanya scanner user dapat memasukan data yang sudah tercetak dalam sebuah kertas menjadi gambar yang dapat tampil di komputer berupa soft copy. Perangkat scanner digunakan ketika kamu ingin memindahkan data hard file pada kertas menjadi soft file yang dapat berupa gambar JPG ataupun file PDF.

Drawing Pad/Pen Tablet

Drawing Pad atau biasa di sebut Pen Tablet adalah hardware yang di gunakan untuk menginput goresan yang di torehkan pada pad ke dalam program untuk design seperti photoshop, AI, dll. Dengan adanya hardware input ini, user dapat menggambar secara langsung di komputer sesuai dengan apa yang mereka gambar di Drawing Pad secara digital. Pada perangkat drawing Pad terdapat pad sebagai digital tablet dan juga pena digital sebagai penggerak kursor pada permukaan Pad.

Webcam

Webcam adalah hardware yang berfungsi sebagai input video hasil tangkapan camera yang terdapat pada webcam. Hardware ini biasanya di gunakan untuk menampilkan gambar pengguna komputer saat melakukan panggilan video confrence seperti zoom meeting, Google Meet, dan aplikasi panggilan video lainnya.

2.Prosesing Hardware

Jenis perangkat keras macam ini biasanya terdiri dari hardware yang dapat melakukan pengolahan data secara cepat dan tepat. Dalam hal melakukan tugas prosesing, hardware ini terdiri dari beberapa jenis hardware yang saling bekerjasama. Hardware tersebut yakni inti proses, ruang proses, serta grafis proses. Jenis-jenis hardware prosesing meliputi:

Processor

Processor merupakan hardware inti dari sebuah komputer yang melakukan pemrosesan data. Processor sering di sebut sebagai otaknya komputer yang dapat memproses, mengolah, mengontrol serta menghasilkan output data.

Semakin banyak inti Processor, semakin cepat juga waktu yang di butuhkan untuk menghasilkan output data. Begitu juga semakin baru processornya, data juga di olah secara efesien dan tepat. Untuk itu, jenis hardware ini akan di pilih berdasarkan seberapa berat kerja Processor yang di perlukan.

RAM

Ram merupakan jenis hardware yang di gunakan sebagai ruang penyimpanan sementara saat terjadi pemrosesan data. Dalam ruang inilah Processor bekerja mengolah data sampai terdapat hasil dari pengolahan tersebut.

Walaupun RAM merupakan jenis storage, tetapi bersifat sementara. Karena apabila komputer mati ataupun memulai ulang, maka data dalam RAM akan terhapus dan kembali kosong. Karena itu dalam RAM data akan tersimpan sementara saat terjadi proses data saja.

VGA

VGA adalah hardware yang di perlukan dalam pemrosesan data berupa grafis. Dimana data yang akan di tampilkan ke layar monitor akan di proses dulu oleh jenis hardware ini. Di dalam VGA juga terdapat RAM yang dapat menyimpan data grafis secara dinamis.

3.Output Hardware

Output Hadrdware adalah jenis perangkat yang berfungsi menampilkan informasi yang terdapat pada komputer sehingga dapat di lihat, di raba maupun di bawa oleh pengguna. Beberapa jenis hardware output hanya dapat menampilkan secara visual sebelum dapat di cetak menjadi hard copy ke dalam permukaan kertas.

Monitor

Monitor merupakan perangkan hardware output yang di gunakan dalam komputer dalam menampilkan visual atau grafis sebagai output dari data yang tampil di layar. Monitor memiliki beberapa jenis dan ukuran sesuai dengan kebutuhan dan juga keperluannya. jenis monitor yang saat ini banyak di gunakan oleh pengguna adalah monitor jenis LCD dan LED.

Printer

Printer adalah perangkat keras yang bisa di gunakan untuk mencetak dokumen yang awalnya terdapat pada komputer menjadi dokumen yang tercetak pada kertas. Karena itu printer juga termasuk ke dalam jenis hardware output yang merubah softcopy menjadi hardcopy. Saat ini terdapat beberapa jenis printer yang beredar di pasaran dengan kualitas dan hasil cetak yang bervariasi. Secara umum printer saat ini dapat mencetak dokumen berwarna.

Proyektor

Proyektor merupakan perangkat keras output yang memiliki fungsi yang sama dengan monitor. Cuma yang membedakan proyuektor dengan monitor adalah resolusi tampilan dan ukuran gambar yang dapat di tampilkan. Proyektor pada umumnya memerlukan media untuk menayangkan gambar seperti projection screen, tembok putih halus, ataupun papan lebar dengan dasar putih.

Proyektor sering di gunakan dalam presentasi gambar pada rapat maupun pertemuan dalam ruangan yang besar dengan jjumlah audien yang banyak. Hal ini di sebabakan karena ukuran layar proyektor dapat di atur menjadi sangat besar dan dapat terlihat dari jarak yang cukup jauh.

4.Storage Hardware

Storage Hardware merupakan device yang berfungsi sebagai media penyimpanan file secara terus menerus sehingga file akan tetap tersimpan meskipun komputer di matikan atau di hidupkan ulang. Meskipun file yang tersimpan pada Storage Hardware bersifat permanen, tetapi tetap dapat di proses kembali oleh processing Hardware.

Storage hardware juga di kenal sebagai perangkat penyimpanan data-data yang dapat di akses kembali oleh hardware lainnya. Media penyimpanan yang umum di gunakan pada komputer seperti Hardsik, SSD, dan juga media penyimpanan portable.

HDD (Hardisk Drive)

HDD atau di kenal dengan nama Hardisk Drive adalah media penyimpanan yang berbentuk persegi panjang dengan piringan logam dengan lapisan magnetik di atasnya. Piringan atau cakram magnetik inilah yang dapat menyimpan data-data seperti software serta file statis lainnya.

HDD lebih banyak di gunakan pada komputer lawas dan memiliki batas kecepatan dengan satuan RPM. Semakin cepat RPM maka akan semakin cepat data yang dapat di tulis dan juga di baca oleh perangkat processing.

SSD (Solid State Drive)

SSD adalah hardware penyimpanan yang lebih modern dari HDD. Fungsinya sama dengan HDD tetapi SSD menggunakan media penyimpanan yang berbeda. Pada SSD hanya terdapat papan PCB dengan Chip Memory di dalamnya. Pada Chip Memory inilah file dan data-data di simpan dalam bentuk digital.

Jika di bandingkan antara HDD dan SSD, Kecepatan SSD lebih unggul karena dapat membaca dan menulis file dengan cepat. Ini di sebabkan oleh media penyimpanan dalam chip memory.

MMC (Multi Media Card)

MMC adalah hardware yang berbentuk kartu kecil dengan chip memory di dalamnya. Pada laptop atau netbook dengan spesifikasi rendah, MMC biasanya juga di gunakan sebagai media penyimpanan utama. MMC di gunakan pada laptop ringkas, tipis dan juga ringan karena bentuknya sangat kecil. Meskipun menggunakan chip memory yang hampir sama dengan SSD, MMC memiliki kecepatan read dan write yang lebih rendah jika di bandingkan dengan SSD.

Selain pada laptop, MMC sering di gunakan pada perangkat portable lainnya seperti Handphone, Camera, serta perangkat portable lainnya yang membutuhkan media penyimpanan ringan, kecil dan ringkas.

FDD (Flash Disk Drive)

Flash Disk Drive merupakan media penyimpanan yang ringkas karena memiliki bentuk yang kecil serta dapat di bawa kemana saja. Flash Disk juga berfungsi menyimpan file statis dan bersifat portable. Pada Flash Disk terdapat konektor USB yang nantinya dapat di hubungkan ke komputer sehingga file pada Flash Disk dapat di baca maupun di tulis.

5.Peripheral Hardware (Hardware Tambahan)

Peripheral Hardware atau yang biasa di kenal sebagai Hardware Tambahan adalah Hardware pendukung yang terpasang pada komputer yang berfungsi untuk melengkapi hardware lainnya sehingga dapat meningkatkan fungsi komputer tersebut. Beberapa Hardware tambahan dapat digunakan sebagai pelengkap komputer tersebut, serta juga ada yang dapat membantu komputer terhubung dengan internet.

FAN (Kipas)

FAN adalah hardware berbentuk kipas yang berfungsi menjaga suhu hardware agar tetap pada batas wajar. FAN pada umumnya di perlukan oleh processor karena saar melakukan proses, Processor akan sangat panas dan apabila panasnya ini tidak di kendalikan maka processor akan mengeluarkan panas berlebih yang menyebabkan komputer tersebut mati. Kejadian seperti ini baiasa di kenal sebagai OverHeat.

Casing

Casing adalah perangkat keras komputer yang dapat melindungi hardware yang terpasang di dalamnya. Karena itu pada sisi luar, kamu hanya akan melihat tampilan Casing karena hardware tambahan ini menutup seluruh atau sebagian dari hardware yang terpasang pada CPU agar aman dari benturan, debu, cairan, serta guncangan.

Dalam perkembangannya, Casing mulai di produksi dalam bentuk transfaran menggunakan bahan akrilik seperti kaca yang tembus pandang sehingga hardware seperti Mainboard, VGA, RAM bahkan processor dapat di lihat dari tampilan luar. Meskipun begitu, casing tranparan tetap dapat melindungi hardware tersebut.

Kabel VGA dan HDMI

KAbel VGA dan HDMI merupakan Hardware tambahan yang berfungsi menyambungkan CPU dengan Monitor. Dengan adanya kabel VGA maupun Kabel HDMI signal yang di kirim oleh VGA akan tersalurkan ke monitor sehingga monitor dapat mengubah signal tersebut menjadi tampilan pada layar monitor.

Pada komputer terbaru, penggunaan kabel VGA sudah mulai di tinggalkan dan di ganti oleh Kabel HDMI karena dapat memberikan resolusi lebih tinggi di bandingkan kabel VGA.

Disclaimer & Copyright

Dalam tulisan yang di terbitkan oleh tim Baguz Multimedia memanfaatkan komisi yang kecil melalui link affiliasi yang di klik dan di lakukan pembelian. Selain itu juga di tampilkan iklan Adsense yang dapat membantu kami untuk terus berkarya. Tulisan yang kami bagikan pada postingan di terbitkan hanya untuk edukasi semata. Apabila mungkin terdapat kesamaan topik maupun tulisan itu mungkin hanya kebetulan saja dan tidak ada unsur kesengajaan untuk menjiplak tulisan milik orang lain. Setiap repesensi tulisan akan kami muat pada akhir tulisan untuk selalu menghargai hasil karya orang lain.

Semua isi tulisan yang telah terbit merupakan milik Baguz Multimedia dan menjadi hak milik kami seutuhnya. Jadi tolong jangan menjiplak, menggunakan, dan juga mempublikasi ulang tulisan yang ada di website ini tanpa seijin kami.