Kamu Menggunakan Browser Lawas. Agar lebih cepat, lebih aman, update gratis sekarang.

Memuat halaman...

Jenis Perangkat Keras/Hardware Jaringan Beserta Fungsinya

Dalam jaringan terdapat beberapa jenis perangkat keras atau hardware yang di gunakan. stiap hardware memiliki fungsi yang berbeda-beda dan saling terhubung satu sama lainnya.

Sudiana
Sudiana

Image by all-free-download.com

Pada sebuah jaringan internet maupun jaringan lokal yang kita gunakan, terdapat lebih dari 10 perangkat keras yang di gunakan. Perangkat keras ini terhubung menggunakan media kabel maupun nirkabel sehingga jaringan tersebut dapat meneruskan informasi dengan cepat dan tepat. Jenis perangkat keras/hardware yang di gunakan pada sebuah jaringan dapat berrbeda-beda tergantung dari keperluan dan situasi dari jaringan tersebut.

Perangkat keras jaringan (network hardware) adalah perangkat fisik yang digunakan untuk membangun dan mengoperasikan jaringan komputer. Dalam jaringan komputer, perangkat keras memainkan peran penting dalam menghubungkan perangkat-perangkat dan memastikan informasi dapat diteruskan secara efisien dan dapat diandalkan. Perangkat keras jaringan terdiri dari beberapa jenis yang kalau di jabarkan lebih dari 10 jenis hardware yang saling bekerja sama dan saling terhubung.

Dalam menggunakan jaringan internet maupun jaringan lokal, kita perlu memperhatikan jenis hardware apa saja yang di gunakan serta apa saja fungsi dari setiap hardware. Ini sangat berguna ketika kita ingin membangun jaringan lokal sendiri atau memperbaiki jaringan yang sedang bermasalah. Untuk pemula yang ingin belajar jaringan juga sangat berguna untuk mengetahui apa fungsi hardware jaringan yang akan atau sedang di gunakan.

Jenis-jenis Hardware/Perangkat Keras Jaringan beserta Fungsinya

Berikut ini adalah jenis-jenis perangkat keras jaringan yang umum digunakan:

1.Router

Router adalah perangkat yang menentukan rute data dalam jaringan dan memastikan data diteruskan ke tujuan dengan lancar. Dalam sebuah router terdapat beberapa konfigurasi yang dapat kita lakukan seperti membagi jaringan menjadi sub-jaringan, membagi bandwith, mengatur ip untuk client, serta melakukan pengamanan melalui software yang tersedia di router.

2.Switch Hub

Switch Hub adalah perangkat yang digunakan untuk membagi dan menghubungkan perangkat-perangkat dalam jaringan. Dengan adanya switch kita dapat membagi 1 jaringan menajadi beberapa jaringan yang saling terhubung. Dengan begitu perluasan haringan dapat dilakukan dengan mudah karena setiap titik dapat di bagi lagi menjadi beberapa jaringan dalam satu segmen. Switch juga dapat meningkatkan kecepatan jaringan dengan memastikan data diteruskan secara efisien.

3.Modem

Modem adalah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer ke jaringan internet. Modem mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog dan sebaliknya, sehingga memungkinkan informasi untuk diteruskan melalui jaringan telepon maupun jaringan seluler. Penggunaan modem kini sudah di geser oleh system jaringan nirkabel dan juga jaringan kabel Fiber Optic. Meskipun begitu, modem masih banyak di gunakan oleh pengguna internet dengan menggunakan jaringan seluler.

4.Firewall

Firewall adalah perangkat yang digunakan untuk memfilter dan membatasi akses jaringan, sehingga bisa melindungi jaringan dari serangan dan ancaman keamanan. Dalam firewall kita dapat membatasi akses ke sebuah jaringan serta dapat menghalau virus yang masuk melalui jaringan. Hardware jaringan ini juga dapat mengantisipasi penggunaan Netcut, Conflicker, dll.

5.Access Point

Access Point adalah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan jaringan nirkabel (Wi-Fi) dengan jaringan kabel. Access Point dapat memperluas jangkauan jaringan nirkabel dan memastikan informasi dapat diteruskan dengan stabil. Access Point juga bisa di sebut sebagai hardware wireless yang dapat menghubungkan perangkat ke jaringan tanpa kabel.

6.NIC (Network Interface Card)

NIC adalah perangkat yang terintegrasi dengan komputer dan memungkinkan komputer untuk terhubung dengan jaringan. NIC membantu mengirim dan menerima informasi melalui jaringan.

7.Bridge

Bridge adalah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih jaringan dan memastikan informasi diteruskan dengan baik. Bridge bekerja dengan cara memfilter dan mengalihkan data yang tidak dibutuhkan.

8.Repeater

Repeater adalah perangkat yang digunakan untuk memperkuat sinyal dan memperpanjang jangkauan jaringan. Repeater membantu memastikan informasi dapat diteruskan dengan jelas dan tidak terganggu oleh interferensi.

9.Load Balancer

Load Balancer adalah perangkat yang digunakan untuk membagi beban jaringan dan memastikan jaringan dapat bekerja dengan optimal. Load Balancer memastikan bahwa data diteruskan secara merata dan meminimalkan downtime.

10.Proxy Server

Proxy Server adalah perangkat yang digunakan untuk mewakili klien dalam jaringan dan memastikan informasi diteruskan dengan benar. Server ini membantu melindungi privasi dan membatasi akses jaringan.

11.Kabel UTP dan STP

Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) dan STP (Shielded Twisted Pair) adalah jenis kabel yang digunakan untuk menghubungkan perangkat-perangkat dalam jaringan. Kabel UTP dan STP membantu memastikan informasi dapat diteruskan dengan cepat dan stabil.

Itulah 10 lebih jenis perangkat keras jaringan lain yang dapat ditemukan. Pemilihan perangkat keras jaringan tergantung pada kebutuhan dan ukuran jaringan yang akan dibangun.

Semua perangkat keras jaringan bekerja sama untuk memastikan jaringan dapat bekerja dengan baik dan memberikan akses yang handal dan dapat diandalkan.

Disclaimer & Copyright

Dalam tulisan yang di terbitkan oleh tim Baguz Multimedia memanfaatkan komisi yang kecil melalui link affiliasi yang di klik dan di lakukan pembelian. Selain itu juga di tampilkan iklan Adsense yang dapat membantu kami untuk terus berkarya. Tulisan yang kami bagikan pada postingan di terbitkan hanya untuk edukasi semata. Apabila mungkin terdapat kesamaan topik maupun tulisan itu mungkin hanya kebetulan saja dan tidak ada unsur kesengajaan untuk menjiplak tulisan milik orang lain. Setiap repesensi tulisan akan kami muat pada akhir tulisan untuk selalu menghargai hasil karya orang lain.

Semua isi tulisan yang telah terbit merupakan milik Baguz Multimedia dan menjadi hak milik kami seutuhnya. Jadi tolong jangan menjiplak, menggunakan, dan juga mempublikasi ulang tulisan yang ada di website ini tanpa seijin kami.