Kamu Menggunakan Browser Lawas. Agar lebih cepat, lebih aman, update gratis sekarang.

Memuat halaman...

Pengertian RAM: Apa itu, Fungsi, Jenis dan Pentingnya dalam Komputer

Mempelajari lebih lanjut salah satu jenis hardware komputer yaitu RAM yang memiliki peran penting dalam komputer serta mengetahui fungsi serta jenisnya.

Sudiana
Sudiana

Green Vectors by Vecteezy

Apabila membahas Hardware yang terdapat pada komputer, rasanya tidak habis-habis kita akan bahas karena jenisnya cukup banyak dan akan berkembang sesuai dengan perkembangan jaman yang terjadi. Begitu juga dengan RAM, dalam perkembangannya terdapat jenis RAM terbaru yang semakin mengedepankan performa dan efesiensi dalam hal proses data. Seperti yang di ketahui oelh banyak orang, semakin besar media penyimpanan RAM, maka proses data akan menjadi lebih cepat. Tetapi sebenarnya kecepatan bukan terpaku pada satu Hardware saja, masih ada hardware lainnya yang perlu di pertimbangkan juga.

Apabila kita telusuri lebih dalam berbagai jenis hardware komputer, maka kita akan menemukan hardware yang bernama RAM atau Random access Memory. Ram ini terpasang pada motherboard dan terpasang menyatu di atas PCB mainboard dengan hardware lainnya seperti Processor, VGA, dan juga Sound card. RAM merupakan salah satu jenis hardware komputer yang memiliki fungsi yang penting dalam hal proses data. Karena itu sangat penting kita memahami pengertian apa itu RAM, mengetahui fungsinya dengan jelas, serta jenis-jenisnya yang sudah beredar di pasaran.

Pengertian RAM

Dalam penjelasan sebelumnya sudah di jelaskan bahwa dalam perangkt komputer terdapat beberapa hardware yang bekerjasama satu sama lainnya untuk menciptakan kinerja yang baik dalam segi proses. Salah satu hardware terpenting yang terpasang di komputer adalah RAM. RAM ini terhubung dengan baik dengan processor dan juga hardware storage seperti HDD atau SSD. Selain itu juga performa RAM juga tidak bisa di pisahkan dengan VGA dan monitor.

Apa itu RAM

RAM adalah singkatan dari Random Access Memory yang merupakan bagian hardware penting dalam komputer yang berfungsi sebagai media penyimpanan sementara saat terjadi proses yang di lakukan oleh processor. RAM adalah jenis memori komputer yang digunakan untuk menyimpan data dan informasi yang sedang digunakan saat ini. Ini berarti bahwa semua informasi yang sedang digunakan dalam sistem dapat diakses secara acak tanpa harus menunggu proses yang lama.

Karena RAM merupakan penyimpanan sementara, maka RAM tidak dapat menyimpan file dalam waktu yang lama. Karena itu apabila komputer di hidupkan ulang maka data yang ada pada RAM akan hilang. Penyimpanan ini bersidat dinamis dan dapat di share dengan VGA.

Fungsi RAM

Fungsi RAM sangat penting bagi kinerja komputer. Semakin banyak RAM yang dimiliki oleh komputer, semakin banyak data yang dapat disimpan dan diterima oleh sistem. Ini berarti bahwa komputer dapat bekerja lebih cepat dan lebih efisien, karena tidak perlu menunggu informasi dari hard drive atau memori lain.

Namun, RAM memiliki satu kelemahan yaitu memori ini hanya bersifat sementara. Ini berarti bahwa setelah komputer dimatikan, semua informasi yang disimpan dalam RAM akan hilang. Oleh karena itu, komputer memerlukan hard drive (HDD/SSD) atau memori lain sebagai media penyimpanan jangka panjang untuk menyimpan data dan informasi penting.

Berbeda dengan hard drive, RAM dapat diakses dengan sangat cepat. Oleh karena itu, RAM sering digunakan oleh sistem operasi dan aplikasi sebagai area kerja sementara untuk menyimpan data dan informasi yang digunakan secara aktif. Ini memastikan bahwa komputer atau Laptop dapat bekerja dengan lebih cepat dan efisien.

RAM juga dapat ditingkatkan atau ditingkatkan sesuai dengan kebutuhan. Hal ini sangat penting karena jumlah RAM yang dimiliki oleh komputer mempengaruhi kinerjanya.

Jenis-Jenis RAM

Setelah kita mengetahui pengertian RAM dengan membaca apa itu RAM, maka sangat penting juga kita mengetahui beberapa jenis RAM dari versi awal sampi dengan perkembangannya saat ini. Berikut adalah jenis-jenis RAM yang ada dan sudah di pakai dalam komputer antara lain:

1.Dynamic RAM (DRAM)

DRAM Adalah jenis RAM paling banyak digunakan dan murah, tetapi membutuhkan pengulangan refresh setiap beberapa milidetik agar data tidak hilang.

2.Static RAM (SRAM)

SRAM Adalah jenis RAM yang lebih stabil dan cepat, tetapi juga lebih mahal dibanding DRAM. SRAM tidak membutuhkan refresh dan biasanya digunakan sebagai cache memory pada CPU.

3.Synchronous Dynamic RAM (SDRAM)

SDRAM Adalah varian dari DRAM yang bekerja sesuai dengan clock internal dan memiliki kecepatan yang lebih tinggi dibanding DRAM biasa.

4.Rambus Dynamic RAM (RDRAM)

RDRAM Adalah jenis RAM yang dikembangkan oleh Rambus Inc. dan memiliki kecepatan yang tinggi. RDRAM memiliki bandwidth lebih besar dibanding SDRAM tetapi juga lebih mahal.

5.Double Data Rate Synchronous Dynamic RAM (DDR SDRAM)

DDR Adalah varian dari SDRAM yang mengirimkan data dua kali setiap clock cycle sehingga memiliki kecepatan yang lebih tinggi. DDR SDRAM lebih populer dibanding RDRAM dan menjadi standar pada banyak komputer saat ini.

6.DDR2 SDRAM dan DDR3 SDRAM

DDR2 dan DDR3 Adalah varian DDR SDRAM yang memiliki kecepatan yang lebih tinggi dan efisiensi daya yang lebih baik.

7.DDR4 SDRAM

DDR4 Adalah varian DDR SDRAM yang paling baru dan memiliki kecepatan yang lebih tinggi dibanding DDR3 SDRAM. DDR4 SDRAM juga memiliki efisiensi daya yang lebih baik dan memiliki kapasitas lebih besar dibanding DDR3 SDRAM

8.DDR5 SDRAM

DDR5 Merupakan jenis RAM terbaru yang memiliki kecepatan efesiensi daya yang lebih baik dari versi sebelumnya. Jenis RAM DDR5 biasanya di gunakan pada komputer dengan teknologi terbaru dan juga spesifikasi tinggi.

Kesimpulan

RAM adalah bagian penting dari komputer yang memastikan bahwa komputer dapat bekerja dengan cepat dan efisien dan dapat tersedianya ruang sebagi tempat proses data di lakukan. Semakin banyak RAM yang dimiliki oleh komputer, semakin banyak data yang dapat disimpan dan diterima oleh sistem. Ini memastikan bahwa komputer dapat bekerja dengan lebih efisien dan memberikan kinerja yang lebih baik.

Banyaknya RAM tidak akan maksimal jika masih menggunakan jenis processor dengan inti yang sedikit seperti Atom dan Celeron. Karena itu kecepatan bukan hanya di tentukan oleh RAM, tetapi juga oleh Processor, jenis Storage, dan juga Jenis VGA. Memilih jenis RAM dengan teknologi terbaru juga perlu di lakukan sebagai pertimbangan untuk mempercepat pemrosesan yang di lakukan processor sebelum di ciptakan output ke Storage atau ke VGA lalu ke monitor.

Disclaimer & Copyright

Dalam tulisan yang di terbitkan oleh tim Baguz Multimedia memanfaatkan komisi yang kecil melalui link affiliasi yang di klik dan di lakukan pembelian. Selain itu juga di tampilkan iklan Adsense yang dapat membantu kami untuk terus berkarya. Tulisan yang kami bagikan pada postingan di terbitkan hanya untuk edukasi semata. Apabila mungkin terdapat kesamaan topik maupun tulisan itu mungkin hanya kebetulan saja dan tidak ada unsur kesengajaan untuk menjiplak tulisan milik orang lain. Setiap repesensi tulisan akan kami muat pada akhir tulisan untuk selalu menghargai hasil karya orang lain.

Semua isi tulisan yang telah terbit merupakan milik Baguz Multimedia dan menjadi hak milik kami seutuhnya. Jadi tolong jangan menjiplak, menggunakan, dan juga mempublikasi ulang tulisan yang ada di website ini tanpa seijin kami.