Kamu Menggunakan Browser Lawas. Agar lebih cepat, lebih aman, update gratis sekarang.

Memuat halaman...

Pengertian SSD, Fungsi, Kelebihan, Serta Kekurangannya

SSD merupakan hardware yang di gunakan oleh laptop, komputer, server terbaru sebagai storage atau penyimpanan data. SSD adalah teknologi terbaru dalam sistem penyimpanan yang lebih mengutamakan efesiensi dan kecepatan.

Sudiana
Sudiana

Ssd Vectors by Vecteezy

Bagi pengguna HDD yang masih belum mengerti apa itu SSD, kami akan memberikan penjelasan tentang pengertian SSD, Fungsi SSD, kelebihan SSD serta Kelemahan atau kekurangan SSD. Dengan begitu calon pengguna yang ingin mengganti HDD dengan SSD akan mengerti dengan konsekuensi menggunakan SSD sebagai media penyimpanan komputer, laptop, atau server.

Pernah mungkin kita mengetahui kalau laptop, komputer dan server yang terbaru sudah sangat jarang kita temui menggunakan HDD. Hampir semuanya sekarang menggunakan SSD sebagai Penyimpanan tunggal atau bisa juga di gunakan bersamaan dengan HDD. Penggunaan SSD pada laptop terbaru bukan tanpa alasan karena versi windows 10 dan windows 11 sangat di sarankan menggunakan SSD. Selain booting windows akan lebih cepat, opening program dan proses copy-paste data berjalan sangat cepat. Itulah sebabnya pabrik komputer built up dan laptop bermerk banyak menggunakan SSD.

Di balik keunggulan yang di tawarkan ternyata menyimpan kelemahan atau kekurangan yang perlu kita ketahui. Nah itulah pentingnya kenapa kita membahas pengertian apa itu SSD fungsinya serta kelebihan serta kekurangan dan kelemahannya.

Pengertian SSD

SSD atau Solid State Drive adalah perangkat keras yang di gunakan oleh perangkat elektronik seperti komputer, Laptop, Server, DVR, NVR dan yang lainnya yang membutuhkan media penyimpanan. SSD menggunakan sirkuit yang terintegrasi dengan chip memory yang berfungsi menyimpan data secara terus menerus.

Proses penyimpanan data yang di lakukan oleh SSD mengunakan system digital jadi data akan tersimpan ke Chip memry plash dalam jangka waktu yang lama. Karena menggunakan teknik digital, proses membaca, menulis di lakukan dengan kecepatan tinggi.

Karena proses bacanya yang sangat tinggi, SSD sering sekali di gunakan sebagai penyimpanan utama dan di dampingi hardisk sebagai penyimpanan sekunder. Kenapa SSD di gunakan sebagai penyimpanan utama karena menggunakan media penyimpanan data generasi terbaru yang lebih cepat dan lebih baik dari hardisk.

Fungsi SSD (Solid State Drive)

Fungsi SSD sebenarnya sama seperti hardisk atau HDD yaitu memiliki fungsi sebagai tempat menyimpan data dalam berbagai format seperti Operating System’, Dokumen, Video, foto, dan data lainnya. Dengan begitu dapat di bilang kalau SSD berfungsi sebagai tempat penyimpanan pada sebuah perangkat elektronik dengan kebutuhan penyimpanan data atau file sehingga pada saat di perlukan mudah untuk di ambil, di ubah, dan di jalankan oleh perangkat elektronik tersebut.

Beberapa perangkat elektronik yang menggunakan media penyimpanan SSD seperti komputer, laptop, server, Nas, Nvr, DVR, dan masih ada yang lainnya. Tujuannya tidak lain adalah untuk menyimpan file yang di butuhkan oleh perangkat tersebut setiap saat.

Selain di pasang pada perangkat internal, SSD juga dapat berfungsi sebagai media penyimpanan portabel layaknya HDD eksternal dan Flashdisk dengan ukuran storage yang lebih besar.

Keunggulan dan kelebihan SSD

Mungkin sudah sempat kami singgung kelebihan yang di miliki SSD jika di bandingkan dengan HDD. Berikut ini adalah beberapa keunggulan dan kelebihan SSD antara lain:

1. Tingkat kecepatan baca dan tulis sangat tinggi,

Hal paling utama yang di unggulkan dalam penggunaan SSD adalah kecepatan baca dan tulisnya. Seperti hasil test yang kami lakukan, SSD memiliki kecepatan baca dan tulis yang sangat tinggi mencapai 550 MB/Second. Kelebihan SSD inilah yang membuat pengguna banyak beralih ke SSD.

Dalam penggunaan komputer atau perangkat elektronik lainnya, kecepatan memang menjadi tolok ukur utama yang menentukan perangkat tersebut nyaman di gunakan atau tidak. Dengan kata lain, semakin cepat akses data serta menyimpan data, semakin enak kita menggunakan perangkat tersebut.

2. Lebih ringan dan ringkas

Selain kecepatan, bentuk serta bobot SSD juga sangat unggul. Bagaimana tidak, sebuah SSD beratnya hanya sekitar 10 gram saja. Itu di sebabkan karena di dalam SSD hanya terdapat chip memory yang tertempel pada PCB sehingga membuat bobotnya sangat ringan dan mudah dalam pemasangan.

Selain ringan, SSD juga sangat ringkas dan mudah untuk di pasang ke berbagai jenis tipe mainboard karena SSD memiliki jenis socket yang beragam. Ada tipe SSD Sata untuk tipe mainboard yang hanya support port sata. Sedangkan untuk mainboard terbaru yang support M2 atau NVME juga terdapat SSD dengan tipe sepeti itu.

3. Booting Operating System lebih cepat

Dari kesekian kelebihan SSD, yang paling di rasakan oleh pengguna windows maupun Mac OS adalah booting saat komputer pertama kali di hidupkan. Karena dengan SSD booting Operating system seperti Windows maupun Mac OS hanya hitungan detik. Jadi komputer atau laptop akan lebih cepat dapat digunakan.

Karena booting saja sangat cepat, Load App atau membuka Program sangat cepat layanknya booting operating system. Hal ini di sebabkan karena kecepetan read dan write yang sangat cepat.

4. Lebih tahan getaran dan guncangan dan tidak bising

Berdasarkan pengartian SSD yang sudah di jelaskan sebelumnya kalau SSD itu terdiri dari Chip Memory yang terpasang di PCB membuat SSD sangat tahan terhadap getaran maupun guncangan. Hal ini tentu sangat bermanfaat apabila saat proses komputer/laptop mendapatkan guncangan, tidak akan mempengaruhi proses yang sedang berlangsung.

Jelas sangat berbeda dengan Hardisk Biasa yang sangat rentan dengan getaran sehingga mudah rusak jika terjadi getaran saat proses berlangsung. Karena itulah ini menjadi kelebihan SSD yang sangat di sukai oleh pengguna Laptop maupun komputer.

Selain itu juga SSD tidak bising layaknya hardisk yang masih mengeluarkan bunyi apabila sedang beroperasi karena bisa saja piringan magnetik berputar sangat cepat. SSD tidak mengelurakan suara sama sekali karena semua proses berlangsung secara digital melalui chip yang terpasang di SSD.

5. Lebih Hemat Daya

Keunggulan SSD yang terakhir dan jarang di sadari oleh pengguna adalah lebih Hemat Daya. DI ketahui jika sebuah SSD saat beroperasi hanya membutuhkan sekitar 3 watt dan saat iddle hanya menggunakan daya sekitar 0,005 Watt. Konsumsi daya yang rendah ini sangat bermanfaat karena kebanyakan perangkat elektronik saat ini mengusung green power yang artinya dengan keberadaan SSD yang hemat daya dapat mendukung teknologi beberapa perangkat elektronik terbaru.

Kekurangan dan Kelemahan SSD

Selain memeiliki kelebihan, SSD tentunya juga memiliki kekurangan ataupun kelemahan yang perlu juga kita ketahui sebagai bahan pertimbangan apabila ingin beralih dari HDD ke SSD.Dari beberapa keunggulan serta kelebihan di atas, sebuah perangkat elektronik tentunya tidak bisa lepas dengan kekurangan yang masih menjadi momok untuk di perhatikan. Berikut ini beberapa kekurangan SSD yang perlu kamu ketahui.

1. Harganya lebih mahal

Berdasarkan kelebihan yang begitu banyak di tawarkan, sangat wajar kalau harga HDD cukup mahal. Pada masa kejayaannya, Merk SSD yang tersedia sangat terbatas sehingga harganya sangat mahal. Seiring dengan berjalannya waktu, beberapa produsen mulai bermunculan dan memproduksi SSD. Hal ini tentunya membuat harganya semakin turun dan terjangkau untuk kalangan menengah ke atas.

Dari penelusuran kami harga SSD yang paling murah yaitu sekitar Rp. 180 ribuan untuk kapasitas penyimpanan 120 GB. Merk yang tersedia sangat beragam dan dapat di pilih sesuai keinginan pembeli. Untuk perbawndingan harga setiap merk rata-rata sama walaupun berbeda mungkin lebih mahan sedikit.

2. Cukup sulit di Recovery

Dari pengalaman me-recovery yang sudah kami lakukan, beberapa SSD yang sudah pernah terformat beberapa kali dan sudah gonta-ganti partisi tidak akan bisa di recovery. Apabila hanya sekali di lakukan format masih ada kemungkinan bisa di recovery. Itupun harus menggunakan software recovery dengan versi premium.

Karena itu di sarankan untuk berhati-hati saat menggunakan SSD terutama saat ingin melakukan format saat install ulang windows karena saat kita kehilangan file, untuk proses recovery nya cukup sulit. Kemungkinan kesuksesan Recoveri hanya sekitar 30% saja walaupun sudah menggunakan software premium.

3. Memiliki masa pakai yang sudah di tentukan

Perlu juga di ketahui kalau Chip memory yang terdapat pada SSD memiliki masa pakai yang di ukur berdasarkan jumlah siklus tulis dan juga hapusnya. Chip SSD di sebut sebagai NAND Flash yang mempunyai Life Cycle terbatas. Secara umum NAND Flash hanya mendukung 50.000 sampai 100.000 tulis dan hapus.

Masa pakai SSD merupakan ukuran wajar sebuah Blok NAND Flash dapat menerima perubahan data yang terjadi dan pada akhirnya akan mengalami kesalahan proses apabila ukuran wajar sudah terpenuhi. Inilah yang membuat SSD sudah tidak dapat di gunakan lagi karena mengalami Eror data yang tersimpan.

Apabila kita sudah mengetahui jika SSD memiliki kekurangan dalam masa pakainya, di sarankan untuk mengurangi flasing yang berlebihan. Untuk pemakaian wajar hanya baca, tulis, dan delete akan menjamin SSD lebih tahan lama kecuali jika ada kerusakan hardware akibat kesalahan pabrikan atau kesalahan penggunaan.