Kamu Menggunakan Browser Lawas. Agar lebih cepat, lebih aman, update gratis sekarang.

Memuat halaman...

Pengertian Hardware dan Software serta Brainware

Seperti yang di beritakan, peran manusia dalam segala bidang akan di gantikan oleh robot yang di bangun dengan software dan juga hardware. Tetapi bukan berarti peran Manusia akan di gantikan sepenuhnya karena tanpa adanya manusia, robot tersebut tidaka akn tercipta. Kami akan menjelaskan pengertian hardware dan software serta istilah barainware yang sering di gunakan dalam istilah teknologi komputasi.

Sudiana
Sudiana

Image by storyset on Freepik

Kolaborasi antara hardware dan software serta brainware akan membuat pekerjaan manusia dalam sebuah komputer akan berjalan dengan lancar. KEtiga peran penting ini di perlukan dalam hal digitalisasi serta pengmbangan apapun yang menyangkut teknologi terkini.

Mengulas segala hal tentang komputer rasanya tidak ada habisnya karena banyak sekali komponen yang perlu di ketahui oleh user. Ulasan kali ini cukup simpel dan di bahas sesuai dengan kelompok fungsinya. Kali ini tim Baguz Multimedia akan membahas secara ringkas apa pengertian hardware dan software, serta pengertian brainware yang tidak bisa di pisahkan.

Pengertian Hardware dan Software

Pengertian Hardware

Pengertian dari hardware atau yang dikenal sebagai perangkat keras ini adalah komponen komputer yang dapat di lihat atau bisa di bilang sebagai komponen yang memiliki sifat keras, padat, bisa di raba dan dapat di lihat oleh mata kita. Sesuai pengertiannya, Hardware memiliki bentuk yang nyata yang terpasang pada perangkat komputer untuk tujuan mendukung proses yang terdapat pada komputer.

Pengertian Software

Sementara pengertian dari software atau dengan kata lain perangkat lunak adalah sekumpulan kode-kode yang tersimpan pada hardware yang dapat menjalankan hardware tersebut. Kode ini di sebut sebagai kode pemrograman yang memiliki perintah-perintah yang dapat di mengerti oleh hardware sehingga dapat melakukan tugas sesuai dengan perintah yang terdapat pada software.

Jika kita bandingkan pengertian hardware dan software, memiliki pengertian yang saling berlawanan tetapi dapat bekerja sama. Jika hardware memiliki bentuk yang nyata, software tentu tidak berbentuk dan tidak dapat kita raba maupun lihat secara langsung.

Walaupun berbeda, hardware dan software memiliki keterkaitan yang tidak dapat di pisahkan. Hal ini di karenakan hardware tidak akan berfungsi secara penuh tanpa software. Begitu juga software tidak akan dapat di gunakan tanpa adanya hardware.

Contoh Hardware dan Software

Contoh Hardware

Hardware merupakan komponen-komponen komputer yang bekerja sesuai dengan perintah yang sudah di tentukan. Hardware dapat menjalankan perintah sesuai dengan apa yang sudah di setel oleh pabrikan yang di sebut sebagai istilah instructuon set.

Pada sebuah komputer pasti memiliki beberapa komponen yang saling bekerja sama menjadi sebuah sistem. Karena itu tentunya hardware terdiri dari beberapa jenis sesuai dengan fungsinya masing-masing. Berikut ini contoh Hardware sesuai dengan Fungsinya yaitu:

  1. input divice ( berfungsi sebagai input atau masukan)
  2. Process device ( berfungsi sebagai tempat pemrosesan dan memproses data )
  3. Output device ( berfungsi sebagai output atau mengeluarkan hasil proses data)
  4. Storage ( berfungsi menyimpan data )
  5. Periferal ( berfungsi mendukung segala fitur tambahan yang di perlukan)

Untuk menemukan contoh hardware secara lengkap, dapat merujuk pada tulisan tentang pengertian hardware, fungsi serta contohnya secara lengkap.

Contoh Software

Software adalah perangkat lunak yang di simpan dan di jalankan oleh hardware. Karena itu sifatnya pun berbeda dengan hardware yang dapat di lihat.

Apabila di lihat dari sistem distribusinya atau canya di distribusikan ke pengguna di bedakan menjadi 2 jenis yaitu Perimuim software atau paid software dan Freeware atau software gratisan.

Software gratisan dapat di bedakan lagi menjadi beberapa jenis yaitu freeware, shareware, dan adware. Dimana freeware merupakan software yang sepenuhnya gratis dan dapat di gunakan sepenuhnya oleh user.

Kemudian shareware merupakan software yang di bagi untuk di coba atau trial sesuai periode waktu yang di tentukan developer.

Lalu adware adalah software gratisan yang di pasangi iklan di dalamnya sebagai kontribusi kepada developer agar software tersebut tetap di update. Untuk ulasan tentang pengertian software, fungsi serta contohnya secara lengkap dapat di lihat pada postingan yang khusus membahas software.

Pengertian Brainware

Sesuai dengan namanya pengertian Brainware adalah seseorang yang dapat mengoperasikan komputer secara penuh. Untuk dapat menjalankan komputer dengan optimal, di perlukan manusia yang memiliki keahlian dalam bidang pengoperasian komputer maupun laptop.

Boleh di bilang juga kalau pengertian brainware adalah manusia yang memiliki otak atau akal yang dapat mengoperasikan, mengembangkan, dan menganalisa. Karena itu ada beberapa jenis brainware jika di lihat dari segi keahliannya yaitu:

  1. Data Entry
  2. Programmer
  3. System Analis

Data entry adalah operator komputer yang mempunyai kemampuan dalam hal memasukan data ke komputer. Data entry operator harus mampu mengoperasikan beberapa software yang dapat digunakan untuk memasukan data seperti Microsoft office. Selain itu juga data entry operator harus bisa melakukan arsiping file ke dalam sistem penyimpanan seperti hardisk maupun penyimpanan lainnya.

Programmer adalah seseorang yang memiliki keahlian dalam hal merancang atau membuat Software. Seorang programer wajib mengetahui bahasa pemrograman sehingga dapat membuat program sesuai dengan kebutuhan.

System Analis adalah orang yang memiliki kemampuan menganalisa software serta mencari solusi dari masalah yang di temukan ya. Biasanya System Analis akan melakukan beberapa kali testing pada software untuk melihat kemungkinan bug yang ada.

Disclaimer & Copyright

Dalam tulisan yang di terbitkan oleh tim Baguz Multimedia memanfaatkan komisi yang kecil melalui link affiliasi yang di klik dan di lakukan pembelian. Selain itu juga di tampilkan iklan Adsense yang dapat membantu kami untuk terus berkarya. Tulisan yang kami bagikan pada postingan di terbitkan hanya untuk edukasi semata. Apabila mungkin terdapat kesamaan topik maupun tulisan itu mungkin hanya kebetulan saja dan tidak ada unsur kesengajaan untuk menjiplak tulisan milik orang lain. Setiap repesensi tulisan akan kami muat pada akhir tulisan untuk selalu menghargai hasil karya orang lain.

Semua isi tulisan yang telah terbit merupakan milik Baguz Multimedia dan menjadi hak milik kami seutuhnya. Jadi tolong jangan menjiplak, menggunakan, dan juga mempublikasi ulang tulisan yang ada di website ini tanpa seijin kami.