Kamu Menggunakan Browser Lawas. Agar lebih cepat, lebih aman, update gratis sekarang.

Memuat halaman...

Pengertian Hardware, Ciri-ciri, Fungsi, jenis serta contohnya

Istilah Hardware memang bukan hal yang baru untuk di bahas, tetapi penting sekali rasanya jika kita mengetahui secara persis tentang pengertian hardware, fungsi adanya hardware, dan juga jenis-jenis hardware yang ada disertai dengan contoh-contoh hardware.

Sudiana
Sudiana

Hardware Vectors by Vecteezy

Hardware adalah sebuah istilah yang di gunakan pada perangkat elektronik seperti Komputer, Laptop, Server, serta perangkat lainnya. Jika di terjemahkan secara harfiah pengertian hardware adalah sebuah alat yang dapat kita lihat bentuknya dapat kita rasakan serta kita pasangkan dengan perngkat lainnya. Jadi jika kita amati pada perangkat komputer, terdapat beberapa jenis hardware yang terpasang seperti CPU, Monitor, Mouse, Keyboard dan masih banyak jenis yang lainnya. Selain itu, hardware memiliki fungsi yang berbeda berdasarkan jenis dan tempat pemasangannya.

Apabila kita menelisik lebih dalam tentang hardware, masih banyak yang dapat kita ketahui selain mengetahui apa sih pengertian hardware. Setiap hardware dapat di golongkan menjadi beberapa jenis serta fungsi, karena itu semakin kita bahas akan semakin banyak yang dapat kita pelajari. Untuk lebih memudahkan kita memahami segala hal tentang hardware, mari kita bahas satu persatu mulai dengan pengertian hardware, setelah itu baru akan di lanjutkan dengan apa saja fungsi Hardware berdasarkan tipe dan jenisnya.

Pengertian Hardware

Hardware adalah berbagai jenis komponen yang terpasang pada alat elektronik yang memiliki bentuk secara fisik sehingga dapat kita lihat serta dapat kita rasakan.

Keberadaan hardware sangat penting karena dibutuhkan oleh perangkat elektronik dan menjadi satu kesatuan dengan software. Karena itulah baik hardware maupun software harus bekerja bersama sehingga perangkat elektronik dapat berfungsi dengan baik.

Istilah hardware baru muncul saat perangkat komputer tercipta karena perangkat ini dapat bekerja jika terdapat software dan hardware yang saling bekerjasama.

Ciri-ciri Hardware

Sebuah komponen perangkat komputer baru bisa di sebut hardware apabila memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

1. Mempunyai bentuk fisik yang beragam,

Ciri-ciri utama sebuah komponen sehingga dapat di sebut hardware adalah memiliki bentuk fisik yang dapat di lihat dan kita rasakan. Bentuknya pun beragam dan berbagai macam jenis berdasarkan fungsi hardware tersebut.

2. Pada umunya bersifat keras dan padat,

Sebuah hardware biasanya di buat dengan material yang keras dan padat namun cenderung ringan dan ringkas. Karena itulah kenapa hardware dapat kita lihat serta rasakan.

Beberapa contoh hardware yang bersifat padat seperti CPU, Monitor, Mouse, dan keyboard. Selain itu perangkat portabel seperti Laptop, Flashdisk, Hardisk Portabel juga termasuk hardware.

3. Terpasang di bagian dalam dan luar,

Pada sebuah komputer, perangkat hardware dapat terpasang di bagian dalam CPU dan juga di luar CPU. Sebagai pengguna komputer kita hanya melihat hardware di bagian luar saja, padahal di bagian dalam CPU juga terdapat beberapa hardware yang terpasang. Untuk dapat melihat nya, kita perlu membongkar CPU tersebut, dan kita akan menemukan beberapa hardware terpasang di sana.

Untuk hardware yang terletak di luar contohnya seperti monitor, CPU itu sendiri, printer, mouse dan keyboard, dan masih banyak yang lainnya.

Sementara contoh varian hardware yang terpasang di dalam komputer seperti Motherboard/Mainboard, Processor, RAM, HDD dan SSD, dan lain-lain.

Fungsi Hardware

Sebenarnya setiap hardware memiliki fungsi dan tugas yang beragam, tetapi secara umum fungsi utamanya adalah mendukung sistem kerja perangkat elektronik seperti komputer dalam pengolahan data baik input maupun output.

Dari fungsi umum di atas sebenarnya fungsi hardware sebenarnya masih tergolong luas dan masih dapat di golongkan menjadi 4 fungsi di antaranya:

1. Menerima input dari user

Fungsi beberapa hardware pada komputer salah satunya adalah menerima input yang dilakukan oleh user atau pengguna. Input yang di terima inilah akan di teruskan ke hardware lainnya untuk di oleh oleh sistem yang di sebut software.

Dengan adanya hardware yang menerima input akan memudahkan user dalam memasukkan informasi ke dalam komputer. Sehingga interaksi user akan terjalin berkat adanya Hardware.

2. Memberikan output untuk user

Saat user melakukan input ke dalam komputer, hardware lainnya akan memberikan output sehingga secara visual dapat di lihat oleh user. Selain itu juga hardware lainnya memiliki fungsi melakukan proses output data menjadi hardcopy.

Contoh hardware yang memberikan output kepada user secara visual adalah monitor dan yang memberikan output berupa hardcopy adalah printer.

3. Melakukan pengolahan data

Fungsi hardware berikutnya adalah berfungsi sebagai media pengolahan data sehingga tercipta data baru. Seperti pada harware dalam CPU yang menerima input dari user kemudian di olah oleh Processor pada hardware RAM. Di sanalah tercipta data yang baru.

Beberapa contoh hardware yang brfungsi untuk mengolah adalah Processor, RAM, dan juga termasuk Mainboard.

3. Menyimpan data

Setelah terdapat hasil dari pengolahan data, maka di perlukan hardware yang berfungsi untuk menyimpan data. Hardware ini akan menyimpan data secara terus menerus sehingga dapat di akses kembali oleh hardware lainnya.

Ada beberapa contoh hardware yang berfungsi menyimpan data seperti Hardisk (HDD), Solid State Drive (SSD), Flashdisk, dan penyimpanan portable lainnya.

4. Menghubungkan antar perangkat komputer

Selain fungsi input, output, dan penyimpanan, fungsi hardware yang terkahir ini tidak kalah pentingnya dan banyak di manfaatkan saat ini oleh pengguna yaitu menghubungkan komputer satu dengan komputer lainnya. Dengan adanya hardware ini, komputer dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Tujuannya adalah untuk dapat saling terhubung dan bertukar data satu sama lainnya.

Contoh Hardware yang dapat membantu user dalam hal connection antar komputer adalah LAN Card, WIFI Card, Bluetooth Card, serta hardware luar lainnya seperti Switch Hub, Wireless Router. Dengan kerjasama antar hardware akan menciptakan user experiance yang baik.

Jenis-Jenis Hardware

Hardware memiliki jenis-jenis yang beragam sesuai dengan fungsinya masing-masing dan saling bekerjasama menjadi satu kesatuan tugas pada perangkat komputer. Jenis Hardware dapat kita golongkan menjadi 5 jenis yaitu:

Jenis Hardware yang berfungsi sebagai Input Data

  1. Keyboard
  2. Mouse
  3. Scanner
  4. Microphone
  5. Audio Card

Jenis Hardware sebagai Output Data

  1. Monitor
  2. Printer
  3. Speaker
  4. Video Card

Hardware untuk proses Data

  1. Processor
  2. RAM
  3. VGA

Hardware storage

  1. HDD (Hardisk)
  2. SSD (Solid State Drive)
  3. Flashdisk
  4. CD (Compact Disk)

Hardware Tambahan

  1. Lan Card
  2. Wifi Card
  3. Bluetoth Card
  4. Modem

Kesimpulan

Dari pemaparan di atas, penulis dapat mengambil kesimpulan kalau pengertian Hardware adalah sebuah perangkat yang bersifat padat dan dapat di lihat juga di rasakan yang terpasang pada sebuah komputer yang bekerja salih terkait satu sama lain.

Setiap hardware mememiliki tugas masing masing dan saling bekerjasama untuk dapat mengolah data dari hasil input kemudian menghasilkan output yang di simpan pada hardware storage. Selain itu juga ada jenis hardware tambahan yang membantu komputer dapat terhubung satu sama lainnya melalui jaringan internet untuk dapat berbagi informasi dan file data.

Disclaimer & Copyright

Dalam tulisan yang di terbitkan oleh tim Baguz Multimedia memanfaatkan komisi yang kecil melalui link affiliasi yang di klik dan di lakukan pembelian. Selain itu juga di tampilkan iklan Adsense yang dapat membantu kami untuk terus berkarya. Tulisan yang kami bagikan pada postingan di terbitkan hanya untuk edukasi semata. Apabila mungkin terdapat kesamaan topik maupun tulisan itu mungkin hanya kebetulan saja dan tidak ada unsur kesengajaan untuk menjiplak tulisan milik orang lain. Setiap repesensi tulisan akan kami muat pada akhir tulisan untuk selalu menghargai hasil karya orang lain.

Semua isi tulisan yang telah terbit merupakan milik Baguz Multimedia dan menjadi hak milik kami seutuhnya. Jadi tolong jangan menjiplak, menggunakan, dan juga mempublikasi ulang tulisan yang ada di website ini tanpa seijin kami.