Kamu Menggunakan Browser Lawas. Agar lebih cepat, lebih aman, update gratis sekarang.

Memuat halaman...

Pengertian Software, Fungsi serta jenisnya

Membahas lebih dalam apa itu software, menjelaskan fungsi software serta memaparkan jenis-jenis nya disertai dengan contoh software. Diharapkan pengguna komputer lebih faham tentang apa yang mereka gunakan selama ini pada komputer/Laptop/Ponsel android mereka.

Sudiana
Sudiana

Image By Freepik

Mempelajari komputer lebih mendalam akan menemukan sesuatu yang membuat kita penasaran tentang apa sebenarnya itu, fungsinya apa serta jenis-jenisnya. Salah satu yang kita temukan di dalam sebuah komputer, laptop, android adalah software yang terinstall dan berjalan pada hardware komputer. Software adalah sebuah perangkat lunak yang di di buat dari ratusan bahkan jutaan kode pemrograman. Software di buat dengan tujuan untuk mempermudah pekerjaan manusia dalam beberapa hal seperti menghitung, menggambar,serta melakukan pekerjaan virtual lainnya.

Apabila kamu suka bekerja menggunakan komputer atau laptop apakah kamu mengetahui apa itu software? Lalu apakah kamu tahu pengertian Software? Mengetahui tentang software belum tentu kita tahu apa pengertiannya. Untuk itu kamu dari tim Baguz Multimedia akan mencoba menjelaskannya untuk kamu yang lagi kepo dengan software.

Pengertian Software

Software adalah sebuah perangkat lunak yang di bangun menggunakan kode pemrograman yang berbeda-beda berdasarkan jenis softwarenya. Kode-kode ini merupakan perintah-perintah yang di ringkas menjadi sebuah program yang akan bekerja sesuai dengan kode yang di kenali oleh hardware atau perangkat keras di mana software ini akan di jalankan. Software di ciptakan memiliki fungsi yang penting yaitu meringnkan pekerjaan manusia apalagi yang berhubungan dengan perintah yang beranekaragam.

Perlu di ketahui setiap software memiliki kompetabilitas yang berbeda. Misalnya saja software windows hanya akan berjalan di windows saja dan tidak dapat berjalan di perangkat android. Begitu juga sebaliknya. Karena itu setiap software yang di ciptakan oleh developer akan bekerja sesuai dengan perintah yang cocok dengan hardware di mana software itu berjalan.

Jika kita lihat pada perangkat Komputer, Software dapat di artikan sebagai perangkat lunak yang dapat membuat hadware dapat berjalan dengan baik, menambah fungsi pada sebuah komputer sehingga dapat membantu pekerjaan manusia dalam segala hal yang berkaitan dengan pekerjaan komputasi.

Fungsi Software

Setelah membahas pengertian software perlu juga kita mengetahui fungsi daro software tersebut di ciptakan oleh si pembuatnya. Berdasarkan pemaparan yang telah di bahas di atas, tim baguz multimedia dapat menjelaskan beberapa fungsi software yang kami temukan yaitu:

  1. Berfungsi menjalankan hardware komputer baik dengan operating system maupun driver setiap komponen hardware yang teroasang pada komputer
  2. Software berfungsi sebagi jembatan yang menghubungkan satu software dengan software lainnya.
  3. Software juga memiliki fungsi menterjemahkan kode perintah sehingga dapat di mengerti dan di jalankan oleh hardware.
  4. Berfungsi sebagai pengaman dari software jahat yang dapat menginfeksi, mencuri, dan merusak data pada perangkat keras komputer.

Jenis-jenis Software

Dalam perkembangannya, Software dapat di bagi menjadi beberapa jenis di antaranya:

  1. Operating System

Operating System merupakan perangkat lunak yang terpasang pada sebuah komputer yang mengoperasikan perangkat hardware pada komputer secara penuh. Jenis perangkat lunak ini dapat mengatur semua distribusi perintah kepada hardware yang terhubung dengan cara menterjemahkan setiap kode perintah yang di input oleh user pada CPU komputer sehingga dapat di kerjakan oleh hardware yang di perlukan. Operating system juga memiliki jenis yang umum dan banyak di gunakan oleh user di seluruh dunia antara lain:

  • Windows OS
  • Linux OS
  • Mac OS
  • Android
  1. Diver Software

Driver merupakan jenis software yang di gunakan untuk menjalankan hardware pada CPU Komputer. Perlu di ketahui kalau sebenarnya sejak kemunculan Versi OS terbaru, di dalam operating system juga sudah terdapat software driver yang include di dalamnya. Tetapi juga terdapat driver yang harus di install oleh user seperti driver sound card, VGA, Printer, Bahkan driver network controller juga bisa tidak include di windows 10.

  1. Bahasa Pemrograman

Software jenis ini merupakan sebuah addon software yang di gunakan developer untuk merancang sebuah program yang dapat berjalan pada operating system. Berdasarkan jenis software yang ada dan di gunakan oleh banyak pengguna, terdapat beberapa jenis bahasa perograman yang ada yaitu Java, C++, C, PHP, HTML, Kotlin, dan masih dan yang lainnya.

  1. Aplikasi Software

Aplikasi merupakan jenis software yang menjadi pendukung dalam melengkapi kebutuhan user dan mempermudah dalam penggunaanya. Pada umumnya aplikasi di buat dengan tujuan agar tugas-tugas dapat di selesaikan dengan cepat. Seperti contoh aplikasi windows yang banyak di gunakan yaitu Microsoft Office, Browser, kalkulator, Pemutar musik dan lain-lain.

Jenis Software berdasarkan distribusinya

Selain jenis di atas, software juga dapat di bagi menjadi beberapa jenis berdasarkan distribusi maupun fungsinya terhadap user/pengguna. Jenis ini sangat banyak di temukan dan di kenal oleh peguna komputer ataupun perangkat elektronik pintar lainnya di seluruh dunia. jenis software itu yaitu:

  1. FirmWare

Firmware merupakan sotware yang memiliki sifat yang sama seperti Operating system yang terinstall pada sebuah perangkat hardware sehingga dapat berfungsi dengan baik. Firmware biasanya di install pada perangkat read only yang tidak dapat di modifikasi oleh third party application.

  1. FreeWare

FreeWare di kenal sebagai software gratisan atau opensource yang tidak memiliki batasan pemakaian. Karena ini merupakan aplikasi atau software gratis, pada umumnya tidak memiliki fitur yang lengkap serta dukunganya pun terbatas. Karena itu update pada BUG yang adapun sangat jarang dan bahkan tidak ada sama sekali. Oleh sebab itu FreeWare sangat rentan di susupi oleh adware maupun spyware. Contoh software freeware yaitu netcut, browser, dan yang lainnya.

  1. Adware

Seperti namanya, software jenis ini mampu menyusupkan atau menyelipkan iklan pada beberapa software. Kelihatanya seperti bukan program jahat, tetapi dapat merugikan pengguna karena akan terdapat iklan yang muncul setiap kita membuka software padahal pada software tersebut tidak ada iklan.

  1. Malware

Malware merupakan jenis software jahat yang di buat oleh hacker untuk merusak beberapa software dan bahkan dapat merusak hardware. Salah satu jenis malware yang di kenal oleh pengguna komputer adalah Virus.

  1. Spyware

Jenis software satu ini juga sangat berbahaya karena dapat mencuri data pribadi pengguna dan mengirimkannya melalui jaringan internet ke server milik developer. Karena itu banyak data pribadi yang di curi dan di perjual-belikan pada darkweb.

  1. Shareware

Shareware merupakan software yang sengaja di share secara gratis dan memiliki masa trial. Sehingga tujuan utamanya adalah memberikan akses sementara kepada user untuk mencoba software tersebut sebelum melakukan pembelian lisensi.

Kesimpulan

Itulah sedikit pembahan yang dapat tim multimedia berikan tentang pengertian software, jenis software, serta fungsi software yang dapat mudah dimengerti oleh pembaca. Dari pembahasan di atas, dapat di simpulkan bahwa Software adalah perangkat lunak yang di bangun dari kode-kode pemrograman. Kode-kode ini merupakan perintah yang dapat di mengerti oleh hardware sehingga dapat menjalankan perintah yang di berikan oleh pengguna.

Disclaimer & Copyright

Dalam tulisan yang di terbitkan oleh tim Baguz Multimedia memanfaatkan komisi yang kecil melalui link affiliasi yang di klik dan di lakukan pembelian. Selain itu juga di tampilkan iklan Adsense yang dapat membantu kami untuk terus berkarya. Tulisan yang kami bagikan pada postingan di terbitkan hanya untuk edukasi semata. Apabila mungkin terdapat kesamaan topik maupun tulisan itu mungkin hanya kebetulan saja dan tidak ada unsur kesengajaan untuk menjiplak tulisan milik orang lain. Setiap repesensi tulisan akan kami muat pada akhir tulisan untuk selalu menghargai hasil karya orang lain.

Semua isi tulisan yang telah terbit merupakan milik Baguz Multimedia dan menjadi hak milik kami seutuhnya. Jadi tolong jangan menjiplak, menggunakan, dan juga mempublikasi ulang tulisan yang ada di website ini tanpa seijin kami.