Kamu Menggunakan Browser Lawas. Agar lebih cepat, lebih aman, update gratis sekarang.

Memuat halaman...

Pengertian VGA: Apa itu VGA dan Fungsinya pada Komputer

Mengetahui pengertian VGA dengan memeparkan apa itu VGA serta apa saja fungsi VGA yang terpasang di Komputer

Sudiana
Sudiana

Vga Vectors by Vecteezy

Seperti yang kita ketahui VGA merupakan hardware processing yang sangat penting setelah adanya peran hardware lainnya seperti hardware input kemudian hardware output. Untuk tujuan pemahaman lebih mendalam tentang VGA, perlu adanya penjelasan mengkhusus tentang apa itu vga serta apa saja fungsinya. Dengan adanya pemaparan khusus tentang VGA ini di harapkan pembaca dapat mengetahui secara jelas pengertian VGA, bentuk dan juga fungsinya dalam komputer.

Jika kita telusuri jeroan dari sebuah komputer, maka akan kita temukan berbagai macam hardware yang terpasang di sana. Kalau ini kami masih fokus membahas hardware yang paling banyak di cari informasinya yaitu hardware prosesing. Salah satu jenis hardware processing yang akan di bahas adalah VGA.

Kami mencoba mengemukakan beberapa informasi tentang pengertian VGA yang akan menjelaskan apa itu VGA serta Fungsinya dalam komputer. Dari sini kita akan mengetahui lebih dalam seberapa besar peran VGA dalam komputer sebagai hardware processing.

Pengertian apa itu VGA

VGA (Video Graphics Array) adalah sebuah perangkat keras atau hardware yang terpasang pada perangkat komputer yang berfungsi untuk mengolah grafis sebelum gambar itu di tampilkan pada layar komputer. VGA Ini merupakan standar industri yang digunakan untuk mengontrol tampilan grafis pada layar monitor. Dalam VGA card biasanya terdapat beberapa port yang dapat menghubungkan CPU dengan monitor seperti VGA Port, HDMI, dan DVI.

Ada beberapa jenis VGA yang terpasang dan dapat di gunakan pada komputer seperti integrated VGA, PCI-E VGA, dan masih ada yang lainnya. Setiap jenis VGA memiliki fungsi yang sama tetapi dengan kecepatan dan keunggulan yang berbeda satu sama lainnya. Pemilihan VGA yang baik akan membuat komputer tersebut nyaman di gunakan.

Jika dilihat dari sejarahnya, pada awalnya VGA dikembangkan oleh IBM pada tahun 1987 dan sejak saat itu telah menjadi standar industri untuk tampilan grafis pada komputer personal. VGA dapat menampilkan resolusi hingga 640x480 piksel dengan 16 warna.

Fungsi utama VGA dalam komputer

Fungsi utama dari VGA adalah untuk mengolah sinyal video yang diterima dari komputer dan mengubahnya menjadi tampilan grafis yang dapat dilihat pada layar monitor. VGA juga dapat digunakan untuk mengatur resolusi layar, warna, dan tingkat kecerahan. Meskipun pada layar juga dapat mengatur kecerahan, maupun warna yang akan di tampilkan, tetapi pengaturan utamanya terdapat pada VGA. Pengaturan ini bisa di lakukan dengan menggunakan software bawaan maupun pada pengaturan di system windows.

Selain itu, VGA juga dapat digunakan untuk menghubungkan komputer ke perangkat lain seperti projector, televisi, atau juga di proyeksikan menggunakan konektivitas selain kabel seperti wifi. Saat di hubungkan ke proyektor maupun TV dengan input VGA dapat dilakukan dengan menggunakan kabel VGA yang menghubungkan port VGA pada [komputer(https://www.baguz.net/blog/hardware/pengertian-komputer-apa-bagaimana-fungsinya/) ke port VGA pada perangkat yang akan di gunakan sebagai penampil gambar seperti proyektor dan juga televisi.

Secara umum, VGA merupakan salah satu komponen penting dalam komputer yang bertanggung jawab untuk mengolah data grafis kemudian meneruskannya ke ke monitor sehingga gambar dapat tampil di layar monitor. Tanpa VGA, komputer tidak akan dapat menampilkan apapun pada layar dan akan sulit untuk digunakan. Saat ini VGA sudah jarang digunakan karena sudah ada teknologi yang lebih canggih seperti HDMI dan DisplayPort.

Disclaimer & Copyright

Dalam tulisan yang di terbitkan oleh tim Baguz Multimedia memanfaatkan komisi yang kecil melalui link affiliasi yang di klik dan di lakukan pembelian. Selain itu juga di tampilkan iklan Adsense yang dapat membantu kami untuk terus berkarya. Tulisan yang kami bagikan pada postingan di terbitkan hanya untuk edukasi semata. Apabila mungkin terdapat kesamaan topik maupun tulisan itu mungkin hanya kebetulan saja dan tidak ada unsur kesengajaan untuk menjiplak tulisan milik orang lain. Setiap repesensi tulisan akan kami muat pada akhir tulisan untuk selalu menghargai hasil karya orang lain.

Semua isi tulisan yang telah terbit merupakan milik Baguz Multimedia dan menjadi hak milik kami seutuhnya. Jadi tolong jangan menjiplak, menggunakan, dan juga mempublikasi ulang tulisan yang ada di website ini tanpa seijin kami.