Kamu Menggunakan Browser Lawas. Agar lebih cepat, lebih aman, update gratis sekarang.

Memuat halaman...

Protocol TCP dan UDP: Memahami Pengertian, Perbedaan, Kelebihan-Kekurangan dalam Jaringan

Pemahaman dasar tentang 2 protokol jaringan yang umum di pakai dalam jaringan serta mengetahui kelebihan serta kekurangan antara TCP dan UDP serta penerapannya dalam jaringan umum.

Sudiana
Sudiana

Image by Freepik

Jaringan internet yang kita gunakan saat ini bukanlah hanya sekedar menghubungkan antar perangkat komputer atau menghubungkan server dengan jaringan global, tetapi di dalam transfer data antar jaringan internet memerlukan protokol jaringan. Setiap jenis protokol jaringan memiliki kelebihan dan kekurangannya. Meskipun begitu, kedua protokol ini masih di gunakan dan tidak dapat di pisahkan dari peranannya dalam jaringan internet saat ini.

Memahami secara menyeluruh cara kerja jaringan merupakan tujuan utama kami menjelaskan pengertian TCP dan UDP agar para pembaca dapat mempelajari 2 protokol jaringan yang ada saat ini. Pemilihan protokol yang tepat akan membuat transfer data menjadi lebih nyaman karena data akan di terima akan sama dengan data yang di kirim. Semua pilihan sekarang terserah dari pengguna apakah akan menggunakan protokol TCP atau UDP karena mereka memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Secara simple bisa di pilih apakah kamu mengutamakan keutuhan data tau mengutamakan kecepatan pengiriman data.

Pengertian TCP dan UDP

TCP (Transmission Control Protocol) dan UDP (User Datagram Protocol) adalah dua protokol yang digunakan untuk mentransfer data melalui jaringan internet. Ke-2 protokol jaringan ini bertugas melakukan transfer data melalui jaringan dengan aman sampai ke penerima data. Dengan adanya kedua protokol jaringan ini, transfer data dapat di lakukan melalui jaringan.

Apa itu TCP?

TCP (Transmission Control Protocol) adalah salah satu protokol jaringan yang digunakan untuk mengirimkan data melalui internet. TCP memastikan bahwa data yang dikirimkan diterima oleh penerima dengan benar dan dalam urutan yang sesuai. Protokol ini membagi data menjadi paket-paket kecil dan mengirimkannya melalui jaringan. Jika ada paket yang hilang atau rusak, TCP akan meminta pengirim untuk mengirimkan ulang paket tersebut. Hal ini memastikan bahwa data yang diterima adalah data yang benar dan utuh.

TCP digunakan dalam aplikasi jaringan yang memerlukan transmisi data yang handal dan andal, seperti email, file transfer, dan remote login. Kehandalan dan keandalan yang ditawarkan oleh TCP membuatnya menjadi pilihan utama bagi aplikasi jaringan yang mengutamakan integritas data. Namun, kehandalan ini datang dengan harga, yaitu overhead yang lebih tinggi dan kecepatan transmisi yang lebih lambat dibandingkan dengan protokol lain seperti UDP.

Apa itu UDP?

UDP adalah singkatan dari User Datagram Protocol yang merupakan protokol jaringan yang memeiliki fungsi sama dengan TCP tetapi memiliki beberapa perbedaan dari segi kecepatan dan kehandalan transfer data. UDP tidak memastikan bahwa data yang dikirimkan diterima oleh penerima dengan benar dan dalam urutan yang sesuai. Dalam melakukan tugasnya Protokol UDP akan membagi data menjadi paket-paket kecil dan mengirimkannya melalui jaringan tanpa memastikan apakah paket tersebut diterima atau tidak oleh perangkat tujuan. Ini berarti TCp lebih mengedepankan kecepatan pengiriman data tanpa memeriksa feedback dari si penerima data.

UDP digunakan dalam aplikasi jaringan yang tidak mengutamakan integritas data, tetapi mengutamakan kecepatan transmisi. Misalnya, aplikasi streaming video atau audio, yang lebih penting mengirimkan data secepat mungkin daripada memastikan integritas data. UDP juga digunakan dalam aplikasi jaringan yang menggunakan protokol broadcast atau multicast, yaitu protokol yang mengirimkan data ke banyak penerima sekaligus.

Karena tidak memastikan integritas data, UDP memiliki overhead yang lebih rendah dan kecepatan transmisi yang lebih cepat dibandingkan dengan TCP. Namun, kehandalan dan integritas data yang lebih rendah membuat UDP tidak sesuai untuk aplikasi jaringan yang memerlukan transmisi data yang handal

Perbedaan TCP dan UDP

Berikut adalah beberapa perbedaan antara kedua protokol tersebut:

Metode Transfer: TCP memiliki metode transfer yang lebih teratur dan aman dibandingkan UDP. Dalam sebuah server, data dalam TCP terbagi menjadi beberapa paket yang kemudian diteruskan melalui jaringan dan dipasang kembali sebelum diterima oleh penerima. UDP, sebaliknya, mengirim data sebagai paket-paket yang independen yang mungkin tidak diterima dengan benar oleh penerima.

Keamanan: TCP menawarkan keamanan yang lebih tinggi karena setiap paket data diteruskan dan dipasang kembali sebelum diterima oleh penerima. Ini memastikan bahwa data yang diterima benar dan lengkap. UDP tidak memiliki fitur keamanan seperti ini dan data mungkin hilang atau tidak diterima dengan benar.

Kecepatan: UDP lebih cepat dibandingkan TCP karena tidak memerlukan waktu yang lama untuk memastikan bahwa data diterima dengan benar. Ini membuat UDP cocok untuk aplikasi yang memerlukan transfer data yang cepat, seperti streaming video atau suara. TCP, sebaliknya, lebih lambat karena memerlukan waktu untuk memastikan bahwa data diterima dengan benar.

Latency: UDP memiliki latensi yang lebih rendah karena tidak memerlukan waktu yang lama untuk memastikan bahwa data diterima dengan benar. Ini membuat UDP cocok untuk aplikasi yang memerlukan latensi yang rendah, seperti gaming online. TCP, sebaliknya, memiliki latensi yang lebih tinggi karena memerlukan waktu untuk memastikan bahwa data diterima dengan benar.

Ini adalah beberapa perbedaan antara TCP dan UDP. Pilihan terbaik akan bervariasi tergantung pada kebutuhan setiap aplikasi dan kondisi jaringan.

Kelebihan dan kekurangan TCP dan UDP

Berikut adalah kelebihan dan kekurangan antara TCP (Transmission Control Protocol) dan UDP (User Datagram Protocol):

Kriteria TCP UDP
Kehandalan Kehandalan terjamin Kehandalan tidak terjamin
Kecepatan Tranfer Data Lambat Transfer Data Cepat
Trafic Trafic Terkontrol dengan Baik Trafic tidak Terkontrol
Fungsi Mengirimkan data yang lebih baik dan aman Mengirimkan data yang lebih cepat namun kurang aman
Aliran data Teratur Tidak teratur
Penggunaan Aplikasi Aplikasi yang membutuhkan kualitas data tinggi, seperti email, file transfer, dan web browsing Aplikasi yang membutuhkan kecepatan, seperti video streaming dan game online

Secara umum, Protokol TCP digunakan untuk aplikasi yang membutuhkan kualitas data yang tinggi kehandalan yang dapat di handalkan, sementara UDP digunakan untuk aplikasi yang membutuhkan kecepatan transmisi data yang lebih cepat tetapi memiliki kekurangan dalam segi kehandalan yang kurang karena trafic tidak terkontrol.

Kesimpulan pengertian, perbedaan, kekurangan serta kelebihan TCP dan UDP

Kesimpulannya, TCP dan UDP merupakan protokol jaringan yang memiliki fungsi sama yaitu melakukan transfer data dari sumber ke tujuan melalui jaringan internet.TCP lebih mengunggulkan keamanan, keutuhan data, sementara UDP lebih unggul dalam segi kecepatan saja. Selain kelebihan tersebut, TCP juga memiliki kekurangan dalam hal kecepatan karena kecepatan transfer data menjadi sangat lambat. Hal ini karena dalam protokol TCP di lakukan transfer data secara aman dan utuh serta memerlukan feedback dari penerima untuk memastikan apakah data tersebut sudah di terima dengan utuh atau tidak. Sedangkan UDP memiliki kelemahan dalam segi keamanan dan kehandalan karena UDP lebih mengedepankan kecepatan tanpa memperhatikan keutuhan data yang di terima.

Memilih TCp atau UDP itu tergantung dari pengguna apakah memerlukan transfer data cepat tanpa memperhatikan keutuhan data dan keamanannya atau malah sebaliknya. Dengan pemilihan yang benar, akan membuat pengalam transfer data melalui internet menjadi lebih baik dan lebih bermanfaat.

Disclaimer & Copyright

Dalam tulisan yang di terbitkan oleh tim Baguz Multimedia memanfaatkan komisi yang kecil melalui link affiliasi yang di klik dan di lakukan pembelian. Selain itu juga di tampilkan iklan Adsense yang dapat membantu kami untuk terus berkarya. Tulisan yang kami bagikan pada postingan di terbitkan hanya untuk edukasi semata. Apabila mungkin terdapat kesamaan topik maupun tulisan itu mungkin hanya kebetulan saja dan tidak ada unsur kesengajaan untuk menjiplak tulisan milik orang lain. Setiap repesensi tulisan akan kami muat pada akhir tulisan untuk selalu menghargai hasil karya orang lain.

Semua isi tulisan yang telah terbit merupakan milik Baguz Multimedia dan menjadi hak milik kami seutuhnya. Jadi tolong jangan menjiplak, menggunakan, dan juga mempublikasi ulang tulisan yang ada di website ini tanpa seijin kami.