Kamu Menggunakan Browser Lawas. Agar lebih cepat, lebih aman, update gratis sekarang.

Memuat halaman...

Jenis VGA Komputer: macam-macam VGA beserta penjelasannya

VGA terdiri dari beberapa jenis serta setiap jenis akan di jelaskan tentang jenis tersebut

Sudiana
Sudiana

Image byFreepik

VGA komputer yang tersebar di pasaran ataupun yang di produksi oleh produsen memiliki berbagai macam jenis. Jenis VGA komputer di bedakan berdasarkan penempatannya, cara pemasangannya serta kecepatan proses datanya.

Macam-macam VGA yang kita temui pada hardware komputer memiliki bentuk fisik dan port yang berbeda-beda. Karena itulah penting kiranya kita membahas beberapa jenis VGA komputer disertai dengan penjelasan untuk memperjelas jenis VGA tersebut.

Jenis VGA beserta penjelasannya

jika kita lihat dari penyebarannya pada perangkat komputer maupun laptop yang sudah di gunakan oleh banyak orang, ada beberapa jenis VGA yang digunakan dalam komputer, diantaranya:

1.Integrated VGA

VGA yang sudah terintegrasi dengan motherboard komputer, sehingga tidak perlu menambahkan kartu grafis tambahan. Secara umum, VGA jenis ini sudah menjadi satu rangkaian dan tertempel di motherboard atau mainboard. Integrated VGA biasanya bisa di kombinasikan dengan jenis VGA lainnya seperti Dedicated VGA, Eksternal VGA, maupun PCI VGA. Integrated VGA biasanya digunakan apabila user menginginkan komputer dengan spesifikasi rendah atau untuk keperluan yang tidak memerlukan tampilan grafis yang tinggi seperti untuk bermain game.

2.Dedicated VGA

VGA yang merupakan kartu grafis tambahan yang dihubungkan ke motherboard komputer. Kartu ini biasanya digunakan pada komputer dengan spesifikasi tinggi untuk mendapatkan tampilan grafis yang lebih baik.

3.On-board VGA

VGA yang sudah terpasang pada motherboard, sehingga tidak perlu menambahkan kartu grafis tambahan. On-board VGA biasanya digunakan pada komputer dengan spesifikasi rendah atau untuk keperluan yang tidak memerlukan tampilan grafis yang tinggi.

4.External VGA

VGA yang berupa perangkat eksternal yang dihubungkan ke komputer melalui port USB atau port lainnya. External VGA biasanya digunakan untuk menghubungkan komputer ke perangkat lain seperti monitor atau proyektor.

5.AGP (Accelerated Graphics Port)

Adalah sebuah interface khusus untuk kartu grafis yang dikembangkan oleh Intel, AGP mempercepat transfer data antara kartu grafis dan memori komputer. AGP digunakan pada komputer yang membutuhkan tampilan grafis yang tinggi.

6.PCI Express (PCI-E)

Adalah interface yang digunakan untuk kartu grafis dan perangkat lain yang memerlukan bandwidth yang tinggi, seperti kartu suara, kartu jaringan, dll. PCI-E memungkinkan transfer data yang lebih cepat dibandingkan AGP.

Dari jenis VGA di atas, sebenarnya masih ada beberapa jenis VGA lainnya yang digunakan dalam komputer seperti PCI, ISA, namun tidak digunakan lagi pada komputer saat ini.

Disclaimer & Copyright

Dalam tulisan yang di terbitkan oleh tim Baguz Multimedia memanfaatkan komisi yang kecil melalui link affiliasi yang di klik dan di lakukan pembelian. Selain itu juga di tampilkan iklan Adsense yang dapat membantu kami untuk terus berkarya. Tulisan yang kami bagikan pada postingan di terbitkan hanya untuk edukasi semata. Apabila mungkin terdapat kesamaan topik maupun tulisan itu mungkin hanya kebetulan saja dan tidak ada unsur kesengajaan untuk menjiplak tulisan milik orang lain. Setiap repesensi tulisan akan kami muat pada akhir tulisan untuk selalu menghargai hasil karya orang lain.

Semua isi tulisan yang telah terbit merupakan milik Baguz Multimedia dan menjadi hak milik kami seutuhnya. Jadi tolong jangan menjiplak, menggunakan, dan juga mempublikasi ulang tulisan yang ada di website ini tanpa seijin kami.