Kamu Menggunakan Browser Lawas. Agar lebih cepat, lebih aman, update gratis sekarang.

Memuat halaman...

Macam-macam Hardware pada Server: Pentingnya Memahami Komponen-komponen yang digunakan

Memahami beberapa komponen hardware yang terdapat pada sebuah server sehingga server dapat digunakan untuk berbagi data antar perangkat melalui jaringan internet.

Sudiana
Sudiana

Image by macrovector on Freepik

Dalam dunia teknologi informasi, server merupakan salah satu komponen yang penting. Server digunakan untuk menyimpan, mengelola, dan menyediakan akses data kepada banyak komputer atau perangkat lain yang terhubung ke dalam jaringan. Namun, selain software, server juga memerlukan komponen hardware yang tepat untuk dapat beroperasi dengan baik.

Pada situasi saat ini, ledudukan server sudah banyak di lirik dan di gunakan oleh user dengan berbagai kebutuhan. Keberadaanya yang sangat penting membuat server menjadi sangat bermanfaat dalam sektor bisnis dan sosial maupun pemerintahan. Karena keberadaanya yang sangat di buru dan di gunakan, penting kita memahami komponen-komponen apa saja yang di gunakan dalam sebuah server.

Macam-macam Hardware yang terdapat pada Server

Server adalah perangkat keras yang digunakan untuk menyediakan layanan jaringan kepada klien. Dalam hal ini, server akan menyediakan layanan seperti hosting website, email, aplikasi, software, dan lain-lain. Namun, untuk dapat menyediakan layanan tersebut, server harus dilengkapi dengan beberapa perangkat keras yang sesuai. Berikut ini adalah beberapa macam perangkat keras yang biasa digunakan pada server.

1.Processor atau CPU (Central Processing Unit)

CPU adalah otak dari sebuah komputer, termasuk server. CPU adalah perangkat yang bertanggung jawab untuk mengeksekusi perintah yang diterima oleh server. Dalam pemilihan CPU untuk server, penting untuk memilih yang memiliki kecepatan yang tinggi dan jumlah core yang banyak.

2.Memory atau RAM (Random Access Memory)

RAM adalah perangkat keras yang digunakan untuk menyimpan data sementara selama server berjalan. Semakin besar kapasitas RAM yang digunakan, semakin banyak data yang dapat disimpan dan semakin cepat server dapat mengakses data tersebut.

3.Hard Disk Drive (HDD) atau Solid State Drive (SSD)

Hard disk drive (HDD) atau solid state drive (SSD) adalah perangkat keras yang digunakan untuk menyimpan data secara permanen. HDD memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih besar dibandingkan SSD, tetapi SSD memiliki kecepatan yang lebih tinggi dan lebih handal.

4.Motherboard

Motherboard adalah perangkat keras yang berfungsi sebagai pengendali dari semua perangkat keras yang terpasang pada server. Motherboard harus memiliki slot yang sesuai dengan perangkat keras yang digunakan, seperti slot untuk CPU, RAM, dan lain-lain.

5.Power Supply Unit (PSU)

Power supply unit (PSU) adalah perangkat keras yang digunakan untuk menyediakan daya listrik yang dibutuhkan oleh server. PSU harus memiliki daya yang cukup untuk menyuplai daya listrik ke semua perangkat keras yang terpasang pada server.

6.Cooling System

Merupakan sistem pendingin yang digunakan untuk menjaga suhu server tetap stabil.

7.Video Graphics Array (VGA)

VGA Adalah sebuah ahrdware yang di gunakan pada server yang berfungsi untuk mengolah grafic bukan untuk tampilan di layar, tetapi untukj mempercepat proses beberapa file yang di perlukan oleh software pada server.

8. Rak Server

Rak server bentuknya sama seperti rak pada umumnya yang di gunakan untuk menyusun beberapa server serta komponen hardware lainnya ke dalam satu rang sehingga dapat tersusun dengan rapi. Rak server juga dapat mempermudah Kabel management pada bebrapa komponen serperti Router, Switch, dll.

9.Network Interface Card (NIC)

Merupakan komponen yang digunakan untuk menghubungkan server ke jaringan.

10.RAID Controller

Merupakan komponen yang digunakan untuk mengatur RAID (Redundant Array of Independent Disks) pada server.

11.Remote Management Card

Merupakan komponen yang digunakan untuk mengontrol dan mengelola server dari jarak jauh.

12.Backup Device

Merupakan perangkat yang digunakan untuk melakukan backup data pada server.

13.Chassis

Merupakan perangkat yang digunakan untuk menjaga komponen-komponen server dalam kondisi yang baik dan terlindungi.

14.Switch

Merupakan perangkat yang digunakan untuk menghubungkan beberapa komputer server atau perangkat lain ke dalam satu jaringan.

15.Router

Merupakan perangkat yang digunakan untuk menghubungkan jaringan lokal dengan jaringan lain atau internet.

16.Firewall

Merupakan perangkat yang digunakan untuk melindungi jaringan dari serangan yang tidak diinginkan.

17.Uninterruptible Power Supply (UPS)

Merupakan perangkat yang digunakan untuk memberikan daya cadangan dalam kondisi listrik yang tidak stabil.

18.KVM Switch

Merupakan perangkat yang digunakan untuk mengontrol beberapa server dengan menggunakan satu keyboard, mouse, dan monitor.

19.Tape Drive

Merupakan perangkat yang digunakan untuk melakukan backup data pada kaset.

20.Blade Server

Merupakan jenis server yang dikemas dalam bentuk “blade” yang dapat di-slot-kan ke dalam chassis yang sama.

21.SAN (Storage Area Network)

Merupakan jaringan yang digunakan untuk menyimpan data secara terpusat dan dapat diakses oleh beberapa server.

Itulah beberapa macam Hardware yang di gunakan dalam sebuah server maupun ruangan server.Dalam berbagai kondisi, jenis hardware yang di gunakan kadang berbeda-beda antara penyedia server satu dengan yang lainnya. Sebenarnya masih banyak hardware lainnya yang di gunakan dalam sebuah server untuk dapat berfungsi secara penuh. Dengan mengetahui macam-macam hardware server di atas di harapkan pembaca dapat memahami apa saja yang di butuhkan server untuk dapat di gunakan oleh pelanggan atau user secara umum.

Disclaimer & Copyright

Dalam tulisan yang di terbitkan oleh tim Baguz Multimedia memanfaatkan komisi yang kecil melalui link affiliasi yang di klik dan di lakukan pembelian. Selain itu juga di tampilkan iklan Adsense yang dapat membantu kami untuk terus berkarya. Tulisan yang kami bagikan pada postingan di terbitkan hanya untuk edukasi semata. Apabila mungkin terdapat kesamaan topik maupun tulisan itu mungkin hanya kebetulan saja dan tidak ada unsur kesengajaan untuk menjiplak tulisan milik orang lain. Setiap repesensi tulisan akan kami muat pada akhir tulisan untuk selalu menghargai hasil karya orang lain.

Semua isi tulisan yang telah terbit merupakan milik Baguz Multimedia dan menjadi hak milik kami seutuhnya. Jadi tolong jangan menjiplak, menggunakan, dan juga mempublikasi ulang tulisan yang ada di website ini tanpa seijin kami.