Kamu Menggunakan Browser Lawas. Agar lebih cepat, lebih aman, update gratis sekarang.

Memuat halaman...

Apa itu Netcut dan Apa Pengertian serta Fungsinya

Netcut adalah aplikasi yang cukup simple tetapi powerful. Aplikasi ini cukup menyebalkan bagi pengguna yang tidak mengetahui sebenarnya apa itu netcut, pengertian dan juga fungsi. Untuk itu penting kiranya kita membahas semuanya disini agar menjadi lebih jelas.

Sudiana
Sudiana

Image by macrovector on Freepik

Apa itu Netcut? Netcut adalah software yang di aplikasikan pada networking yang memiliki fitur yang sangat unik karena dapat memantau pengguna yang terhubung pada jaringan baik wifi maupun menggunakan kabel. Selain itu Netcut juga dapat berfungsi untuk memotong koneksi sebuah perangkat atau lebih untuk tidak dapat terhugbung kembali ke jaringan. Secara otomatis perangkat tersebut tidak dapat mengakses internet, walaupun bisa koneksi akan sangat lambat atau slow.

Netcut merupakan sebuah tool yang berupa perangkat lunak yang dapat di pasang pada perangkat komputer maupun perangkat android. Software ini sebenarnya sebuah tool lawas yang sampai sekarang masih banyak di gunakan oleh pengguna internet untuk tujuan tertentu. Dari ulasan singkat tersebut dapat menjelaskan sedikit pengertian tentang apa itu Netcut. Serta jika kita lihat mengenai fungsinya, sangat meresahkan pengguna internet dalam sebuah jaringan jika tidak di pergunakan dengan semestinya.

Aplikasi Netcut sebenarnya di buat untuk tujuan yang mulia yaitu melihat dan memonitoring penggunaan internet pada sebuah jaringan. Tetapi belakangan ini fitur yang tersemat pada aplikasi Netcut di pergunakan untuk tujuan yang kurang baik. Sehingga di kalangan pengguna internet Netcut di kenal memiliki fungsi yang tidak baik yaitu dapat memutus jaringan pada satu atau beberapa perangkat yang terhubung ke dalam sebuah jaringan. Untuk lebih mengerti dan memahami pengertian apa itu netcut mari kita bahas lebih jelas disini.

Apa Itu Netcut?

Netcut adalah aplikasi yang dapat berjalan di desktop dan juga seluler yang dikembangkan oleh komunitas Arcai pada Tahun 2001. Komunitas ini selalu aktif memproduksi aplikasi mulai sejak tahun 1991. Salah satu aplikasi yang di kembangkan adalah Netcut yang sangat kental di gunakan oleh para penggiat jaringan. Aplikasi Netcut ini sendiri merupakan aplikasi yang memanfaatkan kerentanan pada jaringan network yang di sebut ARP (Adress Resolution Protokol). Kerentanan atau bisa di sebut bug ini merupakan celah Netcut dalam melakukan serangan ke jaringan. Serangan yang di maksud adalah memotong koneksi pada sebuah device ke jaringan.

Kerentanan ini di manfaatkan oleh netcut dengan melakukan scan device yang terhubung ke jaringan kemudian memutusnya untuk sementara atau bisa juga bersifat permanen. Sehingga banyak pengguna internet memandang Netcut sebagai aplikasi jahat yang di gunakan oleh orang usil untuk memutus koneksi internet seseorang. Tujuan melakukan pemutusan biasanya hanya sekedar agar semua bandwith internet di gunakan sepenuhnya oleh pelaku.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya kalau aplikasi ini dapat di gunakan pada perangkat komputer, laptop, maupun hp android. Karena itulah aplikasi ini secara flexible dapat digunakan oleh seseorang tanpa kita ketahui. Sebenarnya serangan Netcut dapat di tanggulangi dengan aplikasi yang di sebut Netcut Defender dan juga cara lainnya dengan cara menutup celah BUG ARP. Dengan begitu Aplikasi Netcut tidak dapat melancarkan serangannya pada device yang sudah memasang Netcut Defender.

Pengertian Netcut

Netcut terdiri dari 2 kata yaitu Net yang berarti Network dan Cut yang berarti Cutting. Jadi Netcut dapat di artikan sebagai Aplikasi Network Cutting. Jika di terjemahkan ke bahasa indonesia Netcut memiliki pengertian sebagai Aplikasi yang berfungsi untuk memotong koneksi jaringan. Dari pengertian ini saja sudah di ketahui apa sih sebenarnya Fungsi Aplikasi Netcut. Namun jika kita melihat kegunaannya nlebih detail sebananya fungsinya sangat bermanfaat baik untuk administrator jaringan karena dapat memotong koneksi si penyusup yang masuk ajringan tanpa ijin. Namun jika adainistrator ini tidak menggunakan netcut, malah si pencuri yang lebih dulu mengetahui netcut tentu admin jaringan akan kalah langkah.

Sama halnya seperti serangan hacker pada sebuah jaringan. Apabila admin jaringan tidak memiliki defense untuk menangkal serangan dan menutup celah masuk, maka hacker dengan mudah masuk ke jaringan kita meluncurkan berbagai serangan. Jika di kaitkan, penggunaan Netcut juga hampir sama seperti hacker jaringan. Cuma saja Penggunaan Netcut hanya sebatas dapat memotong konaksi dan melihat semua pengguna pada jaringan. Tetapi hacker dapat melangsungkan serangan lainnya sampai bisa melakukan pencurian data yang tersimpan pada device yang terhubung ke jaringan.

Untuk itulah kita sebagai pengguna jaringan internet juga sangat penting mengetahui pengertian Netcut. Dengan begitu kita dapat melakukan beberapa pencegahan untuk menagkal serangan Netcut. Atau juga kita bisa menginstall Netcut untuk melihat siapa saja yang menggunakan jaringan Internet kita di rumah dan juga menghindari serangan netcut sebagai langkah preventif yang dapat kita lakukan.

Fungsi Netcut

Setelah di jelaskan apa itu Netcut, Pengertian Netcut, Kini perlu juga kita ketahui beberapa fungsi yang terdapat pada aplikasi Netcut Antara lain:

1. Melakukan Scaning Pengguna Jaringan aktif

Fungsi Netcut yang pertama adalah melakukan sccaning jaringan dan menampilkan pengguna jaringan yang sedang aktif. Dengan begitu kita dapat melakukan kontrol pengguna karena pada aplikasi ini akan menyajikan data pengguna seperti IP, Nama Device, MAC dan yang lainnya. Dengan begitu kita dapat mengetahui kalau pada jaringan kita terdapat penyusup atau tidak.

2. Bandwith Controler

Pada aplikasi Netcut juga kita dapat melihat penggunaan Bandwith pada setiap Device yang terhubung. Apabila kita melihat ada device yang memakan bandwith yang banyak kita dapat melakukan cutting Network Untuk membatasi penggunaan bandwith yang berlebihan. Itulah sebenarnya fungsi yang bersifat positif sebagai bandwith controler.

Mungkin saja fungsi ini tidak se powerful penggunaan bandwith controler pada Router Mikrotik maupun CISCO, tetapi fitur ini cukup membantu End User untuk membatasi penggunaan Bandwith yang tidak terControl.

3. Menutup ARP sehingga dapat mengkal Serangan ARP Spoofing

Selain bisa menyerang, Aplikasi Necut Juga memilki fungsi sebagai defender yaitu dengan melakukan penutupan Celah BUg pada ARP. Sehingga jika ada pengguna lain yang ingin melakukan serangn pada ARP kita, hal tersebut akan gagal karena ARP kita sudah tertutup.

Jika kita ingian menutup ARP, kita dapat mengaktifkan fitur Protect My PC pada aplikasi Netcut sehingga tidak bisa di serang oleh pengguna Netcut Lainnya. Fungsi ini kelihatan sepele tetpai sangat berguna untuk menagkal serangan penyusup jaringan menggunakan Netcut.

Kesimpulan

Dari pemaparan di atas dapat kita tarik kesimpulan antara lain:

  1. Apa Itu Netcut? –> Netcut Adalah Aplikasi yang dapat di berjalan pada windows komputer dan android. Aplikasi Netcut dapat memotong koneksi satu atau lebih device pada jaringan.
  2. Pengertian Netcut –> Netcut terdiri dari dua kata yaitu Net yang artinya Network (jaringan) dan Cut yang berarti Cutting (Memotong). Sehingga dapat di artikan sebagai Aplikasi Pemotong Jaringan yang dapat memutus koneksi walaupun tidak meiliki hak administratif pada sebuah jaringan
  3. Fungsi Netcut –> Netcut memiliki beberapa fungsi seperti Scanning jaringan untuk melihat device yang aktif pada jaringan, Bandwith Controler untuk emngontrol penggunaan bandwith yang berlebihan, Serta untuk Menutup ARP agal dapat menanggulangi serangan Netcut Pengguna Lainnya yang di sebut dengan ARP Spoofing.