Kamu Menggunakan Browser Lawas. Agar lebih cepat, lebih aman, update gratis sekarang.

Memuat halaman...

10 Network Monitoring tool terbaik untuk memonitor jaringan

Aplikasi atau tool yang dapat membantu kita dalam memantau dan memonitor jaringan. Tool ini akan memberitahu kita apabila ada kerusakan pada jaringan serta menentukan tindakan preventif apa yang perlu dilakukan.

Sudiana
Sudiana
Network monitoring merupakan tool yang berguna dan banyak digunakan dalam memonitoring jaringan yang luas sehingga dapat meringkankan pekerjaan seorang network manager. Tool ini berupa software yang dapat berjalan pada system windows maupun linux. Selain itu juga tersedia dalam versi gratis dan juga versi berbayar untuk fitur yang lebih lengkap.

Sebuah tool akan sangat berguna saat kita melakukan pekerjaan dengan skala luas dan besar. Untuk yang sedang memanage atau memonitor jaringan yang luas, kamu bisa memanfaatkan tool yang disebut sebai netowork monitoring. Jika kita cari informasi network monitoring, akan banyak sekali yang muncul pada situs pencarian. Untuk itu kami memilihkan tool yang paling baik dan memiliki fitur yang lengkap untuk kelancaran tugas kamu. Ada beberapa pertimbangan yang menentukan mana network monitoring yang terbaik dan cocok untuk digunakan oleh kita.

Seorang network manager, Network engenering sudah pasti memiliki salah satu tool terbaik karena pekerjaan yang besar selalu menuntut mereka bekerja secara efesien. Dengan banguan software yang di pasang pada sebuah jaringan membuat monitoring jaringan akan semakin mudah dilakukan oleh mereka. Jika kamu merupakan seorang pemula atau bahkan teknisi yang masih belajar tentang jaringan, alangkah baiknya jika mencoba network manager ini.

Network monitoring tool merupakan tool yang banayak digunakan oleh para professional dalam memantau jaringan. Dengan sentuhan kecil, tool ini akan memberikan kita infomasi bagian network mana yang sedang bermasalah, dan titik masalahnya ada dimana. Namun ketika kamu di hadapkan dengan pilihan yang sulit melihat budget keuangan ataupun biaya, akan sulit rasanya mementukan manakah tool yang terbaik untuk kebutuhan monitoring yang sedang kamu lakukan. Disini kami mencoba membandingkan tool yang banyak di pakai oleh publik dan sangat berguna sesuai dengan harga yang di tawarkan.

Berikut ini daftar network monitoring tool terbaik

Begitu banyaknya tool jaringan terkadang membuat kita kebingungan apakah itu tool yang kami maksud? sama halnya seperti LAN analyzer atau packet sniffer yang merupakan software analisis yang dapat melihat lalulintas jaringan data. Tetapi itu bukanlah network monitoring tool. Atau mungkin kamu berfikir tool lainnya seperti IPscanner, itu hanya melihat ip yang sedang di gunakan oleh sebuah perangkat pada sebuah jaringan. Netwrok monitoring tool yang kami maksud sebagai berikut:

1. SolarWinds Network Performance Monitor (FREE TRIAL) PILIHAN EDITOR

Sebagian besar masalah keamanan jaringan muncul ketika konfigurasi diubah dan SolarWinds NPM mengidentifikasi ini dan dapat secara otomatis menyelesaikan banyak masalah. Di samping pemindaian kerentanan yang solid dan opsi lanjutan untuk membuat dan memantau kebijakan, sejauh ini ini merupakan pilihan utama untuk sistem pemantauan jaringan.

2. Auvik (FREE TRIAL)

Sistem SaaS ini didasarkan pada pemetaan jaringan dan menawarkan dua tingkat rencana yang keduanya mencakup alat manajemen sistem.

3. Datadog Network Monitoring (FREE TRIAL)

Menawarkan gambaran visual yang bagus tentang komponen jaringan Anda dan arus lalu lintas jaringan di antara setiap komponen. Divisi monitor sistem dari platform cloud ini menyediakan pemeriksaan kesehatan perangkat dan analisis arus lalu lintas

4. ManageEngine OpManager (FREE TRIAL)

Monitor jaringan yang dapat memantau perangkat SNMP, sakelar/switch, server, dan layanan jaringan virtual.

5. Site24x7 Network Monitoring (FREE TRIAL)

Gabungan infrastruktur TI, aplikasi, dan layanan pemantauan perilaku pengguna yang tersedia di cloud.

6. Checkmk (FREE TRIAL)

Tool ini adalah layanan pemantauan seluruh sistem tidak hanya untuk jaringan,tetapi juga perangkat yang terhubung lainnya. Net monitoring ini tersedia gratis dan berbayar. Checkmk dapat berjalan di Linux atau alat fisik.

7. Progress WhatsUp Gold (FREE TRIAL)

Memonitor kinerja jaringan yang menggunakan SNMP untuk memeriksa kesehatan perangkat jaringan dan dapat diperluas dengan add-on berbayar untuk memantau sumber daya lainnya. Tool network monitoring ini dapat di instal di Windows Server sehingga dapat memonitor jaringan 24 jam tanpa henti.

8. HelpSystems Intermapper (FREE TRIAL)

Alat sederhana ini dimulai dengan alat penemuan otomatis dan memetakan jaringan Anda dan kemudian menawarkan pemantauan kinerja yang konstan. Tersedia dalam versi gratis dan berbayar untuk Windows, macOS, dan Linux.

9. Domotz (FREE TRIAL)

Platform SaaS ini menawarkan berbagai layanan pemantauan jaringan mulai dari polling SNMP hingga pemindaian keamanan.

10. Paessler PRTG Network Monitor (FREE TRIAL)

Perangkat lunak pemantauan jaringan gratis yang menggunakan SNMP, packet sniffing, dan WMI untuk memantau jaringan Anda.

Alat Pemantau jaringan terbaik (Network Monitoring Tool)

Sebagai bagian dari perbandingan dalam menemukan alat pemantau jaringan terbaik, kami telah mencari fitur platform manajemen jaringan yang penting seperti SNMP, pemetaan jaringan, waktu aktif/nonaktif, peringatan, pemantauan bandwidth, kesehatan jaringan, tampilan dasbor, serta banyak yang lainnya. Dengan begitu akan di dapatkan network monitoring dengan pengalaman pengguna yang baik dan sangat luar biasa.

Apa yang harus kamu pertimbangkan ketika memilih alat pemantauan jaringan (Network Monitoring)?

Kami meninjau alat pemantauan jaringan dan pasar perangkat lunak dan menganalisis opsi berdasarkan kriteria berikut:

  • Sistem penemuan otomatis untuk mencatat semua perangkat jaringan,

  • Pemetaan topologi jaringan,

  • Kemampuan untuk mengumpulkan status perangkat jaringan langsung dengan menggunakan SNMP,

  • Sebuah fasilitas untuk menganalisis kinerja jaringan dari waktu ke waktu,

  • Interpretasi grafis dari data, seperti bagan dan grafik,

  • Masa percobaan gratis, demo, atau jaminan uang kembali untuk penilaian tanpa risiko,

  • Harga bagus yang mencerminkan nilai uang jika dibandingkan dengan fungsi yang ditawarkan Perangkat lunak dan alat pemantauan jaringan yang kami ulas mencakup kombinasi perangkat lunak sumber terbuka, berbayar, dan gratis untuk Windows, Mac, dan Linux. Kami juga telah mencantumkan fitur utama di setiap bagian untuk membantu Anda menemukan alat yang tepat untuk jaringan Anda.