Kamu Menggunakan Browser Lawas. Agar lebih cepat, lebih aman, update gratis sekarang.

Memuat halaman...

Penanganan awal Internet Indihome Lambat (Slow)

Mengatasi internet Indihome yang lambat secara mandiri sangat penting untuk mempercepat perbaikan tanpa menunggu petugas datang ke rumah kita. Penanganan awal dapat dilakukan dengan mudah apabila mengikuti petunjuk yang akan kami bahas.

Sudiana
Sudiana

Image from Abdur Razzaq

Untuk mengatasi internet Indihome kita di rumah mengalami koneksi yang lambat atau slow, kita dapat melakukan penanganan awal sebelum memanggil petugas Indihome untuk melakukan pengecekan lebih lanjut.

Internet yang lambat bisa saja terjadi pada pelanggan layanan internet indihome maupun layanan internet lainnya. Internet yang lambat secara teknis dapat di akibatkan oleh banyak hal. Selain dari sisi penyedia layanan internet, kejadian internet yang lambat dapat di sebabkan di sisi pelanggan. Jadi jika masalahnya ada di sisi pelanggan, petugas dari penyedia layanan internet tidak mau tahu. Karena itu untuk mempercepat penyelesaian masalah internet yang lambat ini, kita dapat melakukan penanganan awal sebelum kita memanggil petugas dari layanan internet yang di baha sekarang adalah layanan Indihome.

Kami mengambil sample Indihome Bukan berarti kami menjastis kalau internet Indihome sering mengalami gangguan Lambat. Tetapi lebih kepada sample atau sebagai gambaran layanan internet di Indonesia yang menggunakan Fiber Optic. Untuk itu, bukan hanya pada indihome, kasus internet yang lambat juga kadang terjadi pada penyedia lainnya seperti Biznet, Iconet, dll. Jadi tulisan ini hanya bersifat edukasi tanpa memojokan penyedia layanan internet.

Baiklah, sekarang kita membahas bagaimana jika di rumah kita internet sedang melambat atu slow. Dalam menentukan titik permasalahnya, kita harus melakukan identifikasi di sisi kita sebagai pelanggan. yang di maksud dengan sisi pelanggan adalah kabel yang keluar setelah ONT Fiberhome milik Indihome. Apabila kita memiliki jaringan extender yang terpasang pada rumah kita, itulah yang di maksud dengan jaringan di sisi pelanggan.

Penanganan awal yang harus di lakukan di sisi kita sebagai pelanggan Indihome

Setelah kita mengetahui yang di maksud dengan jaringan di sisi pelanggan, barulah kita melakukan analisa untuk menangani masalah jaringan internet yang lambat. Berikut ini langkah yang harus di lakukan adalah:

1. Mencoba speed internet direc langsung ke ONT Indihome.

Untuk dapat mencoba internet secara langsung atau direc ke ONT Fiberhome indihome, kita memerlukan kabel lan yang pendek dan juga perangkat komputer atau laptop. Sebelum mencoba, pastikan kita menekan tombol WIFI untuk memutus koneksi wifi ke jaringan internet. Tujuannya adalah agar kita sendiri yang mengakses internet tanpa ada ganguan koneksi yang di lakukan orang lain karena terkadang kita tidak tahu siapa saja yang menggunakan wifi kita.

Setelah semuanya sudah lengkap, buka browser internet dan coba buka halaman speedtest.net. Lakukan uji coba kecepatan internet dan periksa hasil uji coba kecepatannya apakah sudah sesuai dengan langganan kita atau belum. Jika memang saat test secara direct kita mendapatkan speed yang rendah, berarti masalah ada pada jaringan indihome. Jadi kita hanya perlu menelpon petugas terkait untuk melakukan perbaikan.

Skenario akan berbeda apabila jaringan internet setelah kita uji coba normal-normal saja, maka kita perlu melakukan perbaikan lanjutan di sisi jaringan internal kita.

2. Memeriksa perangkat apa saja yang terpasang setelah ONT Fiberhome Telkom Indihome

Apabila terdapat beberapa perangkat extender atau perluasan jaringan di rumah kita, kita harus memastikan apakah kabel LAN yang terpasang sudah terkoneksi dengan perangkat lainnya. Jika terdapat Kabel yang kendor, coba di cabut dan di pasang kembali. Pastikan pemasangannya sesuai dengan tenpat mencabut kabel LAN tadi. Karena terkadang pada setiap perangkat memiliki settingan port yang berbeda. Apabila hanya switch Hub, kita bisa mencolokan di port mana saja yang penting kosong.

3. Memeriksa kecepatan koneksi internet setiap perangkat jaringan

yang di maksud dengan mengecek jaringan di setiap perangkat jaringan, misalnya di rumah ada 2 router wireless yang terpasang, coba cek kecepatan koneksi di setiap perangkat router tersebut apakan berjalan lancar atau tersendat-sendat, lambat dan slow? Jika memang ada masalah di setiap titik, berarti kita harus mengecek configurasi router tersebut. jika tidak bisa atau tidak mengerti, kita dapat memanggil petugas jaringan freelance untuk menangani masalah tersebut.

Jika memang setelah melakukan uji coba kecepatan internet pada tahap pertama terdeteksi masalahnya ada pada jaringan internal, kita dapat memanggil jasa perbaikan jaringan internal untuk mengatasi masalah internet indihome lambat yang terjadi pada jaringan internal kita. nDengan begitu kita tidak bersusah payah untuk melakukan troubleshooting penyebab internet tersebut melambat.

Terkadang untuk menangani Jaringan internet indihome yang lambat sangatlah sulit jika di bandingkan mengatasi masalah tidak ada internet. Itu sesuai dengan pengalaman kami di lapangan saat mengani jaringan yang lambat. Jadi internet Indihome yang lambat bukanlah masalah yang sepele karena bisa di sebabkan oleh banyak faktor. Salah satunya bisa dari pengguna yang berlebihan, komputer ber-virus, atau pencurian koneksi internet. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi kamu yang sedang mengalami jaringan internet yang lambat dan ingin melakukan penanganan sendiri sebelum memanggil petugas dari penyedia layanan internet.