Kamu Menggunakan Browser Lawas. Agar lebih cepat, lebih aman, update gratis sekarang.

Memuat halaman...

Cara restore driver Windows 10 hasil backup

Tutorial cara melakukan restore driver yang berisi file INF setelah berhasil melakukan backup driver pada langkah sebelumnya. Teknik restore tidaklah sama dengan install driver pada umumnya karena file hasil backup tidak berupa exe yang dapat di excute dan di install.

Sudiana
Sudiana

Restored Vectors by Vecteezy

Apabila kamu mengikuti cara backup driver windows 10 pada pos sebelumnya, kamu juga pastinya memerlukan tutorial cara melakukan restore driver windows 10 yang berbeda dengan cara install driver saat install ulang komputer maupun laptop menggunakan windows 10. Tutorial ini hanya akan bekerja apabila kamu melakukan install ulang dengan windows yang sama yaitu win 10. Sehingga pastikan kamu mempunyai backupan driver untuk dapat memulai tutor kali ini.

Restore akan dapat di lakukan apabila kamu memiliki file backup. Karena itu apabila kamu belum melakukan backup driver, ada baiknya melakukan backup terlebih dahulu sebelum dapat melakukan restore. Apabila kamu sudah berhasil melakukan restore, kamu akan mendapatkan beberapa folder dengan tipe driver yang berbeda. Dalam polder tersebut akan terdapat 3-4 file yang di dalamanya terdapat file ber exstensi CAT, INF, dan Sys. Perlu di ketahui kalau 3 file tersebut tidak akan dapat di install secara langsung karena file ini tidak excuteable. karena itu langkah restore berbeda dengan langkah install driver. berikut ini tampilan file dalam folder backup driver.

isi file dalam folder backup

Kurang lebih seperti itulah tampilan dalam polder backup setiap tipe driver yang tersintall pada komputer atau laptop sebelumnya. Untuk dapat mengembalikan driver windwos 10 dan agar file cat, inf, dan sys ini dapat di install kamu memerlukan cara khusus yang akan di paprkan di sini.

Cara Restore Driver Windows 10 hasil Backup Sebelumnya

Tempat kita menaruh file hasil backup harus kita ketahui untuk memperlancar cara restore ini. Jika tempat polder tersebut sudah kita temukan, barulah kita memulai langkah restore atau pengembalian driver windows 10 agar komputer dan laptop dapat berjalan normal seperti sedia kala. Berikut ini angkah yang harus kamu lakukan untuk mengembalikan dariver dengan menginstall file INF tersebut antara lain:

1.Membuka Device Manager

Device manager merupakan tempat kita melihat device apa saja yang terinstall pada komputer/laptop kita. Device inilah yang memelukan driver agar dapat berjalan di windows 10. Untuk membuka device Manager cukup dengan klik kanan pada logo windows 10 kemudian memilih Device Manager. Dengan begitu maka akan terbuka jendela Device Manager dan akan memperlihatkan semua device yang terinstall dan melihat device mana saja yang belum ada drivernya. Untuk device yang ada tanda seru itu artinya belum ada driver yang terinstall.

2.Menginstall driver dengan teknik restore hasil backup

Setelah kamu menemukan ada device dengan tanda seru, klik kanan di sana dan pilih Update Driver. Tujuannya adalah agar kita dapat mengupdate driver yang belum di update dengan file INF tadi.

langkah restore tahap 1

3.Update driver menggunakan file hasil backup

Pada tampilan selanjutnya, kamu akan di suruh untuk memilih satu dari dua opsi update driver. Karena kita sudah memiliki file backup, opsi yang kita pilih adalah Browse My Computer Driver agar windows melakukan instalasi driver dari hasil backup yang sudah ada di komputer kita.

langkah restore tahap 2

4.Mengarahkan tempat file driver

Setelah memilih update dari file di komputer, Kita harus mengarakan di mana file hasil backup tersebut di tempatkan. Jangan lupa untuk mencentang include subpolder agar mencari file driver juga di sub directory. Apabila File tempat hasil backup sudah di arahkan dengan benar, kamu tinggal menekan tombol Next agar proses searching dan restore berjalan secara otomatis. Apabila proses instalasi update driver berjalan sukses, kamu akan di beritahu kalu driver sudah berhasil di update.

langkah restore tahap 3

Begitulah proses cara restore driver windows 10 dengan memanfaatkan file backup yang sudah kita dapatkan dengan melakukan backup driver sebelum install ulang komputer di lakukan. Seperti yang kami ketahui langkah restore ini juga dapat di lakukan pada windows 7, 8, 10, dan windows 11. Tetapi untuk cara backup driver menggunakan command prompt hanya bisa di lakukan pada windows 10 dan belum pernah kami coba pada windows 11. karena itu bagi pengguna windows 7 dan windows 8 memerlukan software backup driver agar cara restore ini dapat di lakukan.