Server

Pengertian Server, Jenis, dan fungsinya dalam multimedia

Pengertian Server

Berbicara tentang multimedia server, tentu tidak lepas dari arti dari server tersebut. Lalu apakah pengertian server?, Berapa jenis server?, dan apa fungsi server?. Semuanya akan kami coba ulas disini. Server adalah sebuah bagian multimedia yang mengusung teknologi terbaru sekarang ini. Tujuan kami mbahas server adalah agar pengguna multimedia dapat memahami tentang apa yang akan mereka gunakan. Jika anda ingin menggunakan server, lebih baik tahu seluk beluk server terlebih dahulu.

Dunia multimedia saat ini semakin berkembang. Banyak sekali multimedia baru yang muncul seiring dengan perkembangan teknologi. Server adalah salah satu bukti kalau teknologi media informasi semakin maju dan canggih. Server merupakan kebutuhan yang diperlukan oleh banyak kalangan. Jika dulu server hanya diperlukan oleh perusahaan besar seperti bank untuk server internet banking, pemerintah, penyedia layanan cloud hosting, web hosting, tetapi sekarang sudah menjadi konsumsi setiap orang.

Sebelum kami menjelaskan apakah yang dimaksud dengan server?, Tentu saya ingin mengajak pembaca untuk mengenal pengertian multimedia dan perkembangannya sampai sekarang. Tujuannya agar kita mengetahui, mempelajari seluk beluk multimedia karena server termasuk dari bagian multimedia yang mengusung teknologi canggih.

Pengertian Server, Jenis, dan fungsinya dalam multimedia

Secara garis besar, server adalah sebuah pusat komputer yang terhubung dengan komputer lain melalui sebuah jaringan. Server juga didefinisikan sebagai sebuah sistem komputer yang menawarkan layanan pada sebuah jaringan dengan komputer lainnya. Biasanya sebuah server merupakan komputer dengan spesifikasi tinggi karena akan menerima, mengolah, mengirim, dan mendistribusikan data secara terpusat. Karena itulah server didukung oleh Prosesor yang scaleable, RAM besar, sistem operasi, dan jaringan internet yang cepat. Semakin banyak klien yang dilayani, semakin besar pula spesifikasi server yang diperlukan.

Server juga disebut sebagai sebuah media yang digunakan untuk menjalankan perangkat lunak administratif yang dapat dikontrol oleh komputer klien. Komputer server memberikan akses kepada jaringan untuk mengelola sumber daya di dalamnya. Hal serupa juga berlaku layaknya sebuah mesin pencetak atau printer.

Jika kita telusuri lebih dalam, ada beberapa macam atau jenis server yang digolongkan berdasarkan fungsi dan tugasnya. Salah satu jenis server yang m paling umum adalah web server atau web hosting. Web hosting merupakan jenis server yang digunakan oleh kebanyakan website, blog, karena dapat menyimpan file, database yang dapat menjalankan sebuah situs. Selain web hosting, masih banyak contoh lainya seperti FTP server, streaming server, database server, mail server, dll.

BACA :  Pengertian VPN Server, cara kerja serta fungsinya

Perbedaan antara server dengan komputer

Server adalah komputer server yang dipenuhi segala macam informasi. Jadi komputer multimedia juga bisa mengambil alih tugas server. Meskipun sumber daya yang di penuhi tidak secanggih server, tetapi tetap dapat bekerja layaknya sebuah server. Jadi jika kita bedakan, sebenarnya komputer dan server itu sama. Mungkin kedudukannya saja yang berbeda di dalam jaringan internet.

Jadi apakah perbedaan antara komputer dan server? Jika kita gali lebih dalam pengertian server dan komputer, server adalah sebuah tempat yang dapat dipergunakan untuk menyimpan data. Server juga mempunyai tugas utama memberikan layanan untuk klien yang ada pada jaringannya. Sementara komputer merupakan sebuah perangkat yang dapat menyimpan data juga tetapi tidak dapat di akses secara langsung oleh komputer lainnya di dalam jaringan. Komputer dapat dianggap sebagai server saat kedudukan komputer berada di tengah.

Komputer dengan spek tinggi sangatlah flexible. Sebuah komputer dapat dibuat menjadi server, sebagai klien, dan bahkan menjadi pengolah data. Komputer yang dibuat menjadi server disebut komputer server. Pengertian server sebenarnya bukan sekedar sebuah tempat penyimpanan, tetapi tempat pengolahan dan pendistribusian. Komputer di anggap sebagai server apabila komputer tersebut dapat mendistribusikan data, menerima data, dan menerima perintah dari komputer lainnya. Perhatikanlah contoh diagram server di bawah ini!, sehingga anda dapat mengetahui secara jelas pengertian server sebenarnya.


contoh diagram server


Jenis-Jenis Server

Setelah kita mengetahui pengertian server, kini saatnya anda mengetahui jenis-jenis server yang sudah berkembang saat ini. Setiap server memiliki fungsi dan tugas yang berbeda satu sama lain. Tetapi biasanya semua jenis server saling berhubungan. Melihat perkembangan teknologi multimedia sekarang, ada beberapa jenis server yang harus anda ketahui antara lain:

1. Web Server

Web Server merupakan server yang bertugas menyimpan file-file sebuah website. Web server akan mengolah file-file tersebut menjadi sebuah halaman situs website saat diminta oleh web browser. Browser akan berkomunikasi dengan web server menggunakan HTTP.

2. DNS Server

DNS atau domain name server adalah sebuah server yang digunakan oleh sebuah website yang menggunakan domain name. DNS server berfungsi untuk mengetahui IP Address suatu web server lewat host-name. Biasanya dalam sebuah jaringan internet, server dan klien saling berkomunikasi menggunakan Ip-address. Tetapi saat sebuah server web hosting menggunakan domain, disamakan diperlukan sebuah DNS server.

BACA :  Pengertian Web Server, lengkap jenis dan fungsinya

3. Mail Server

Sebenarnya antara mail server dan web server saling menyatu. Tetapi ada juga penyedia yang hanya menawarkan mail server. Mail server bertugas menyimpan dan mengirim surat elektronik ke mail server lainnya. Ada beberapa penyedia mail server seperti google, zoho, dll.

4. VPN server

VPN server merupakan sebuah server koneksi pribadi yang membuat internet lebih aman, membuka blok situs, dan anonim. VPN server adalah sebuah pilihan bagi mereka yang ingin berselancar secara anonim. VPN server membuat IP kita tidak terlihat saat browsing internet.

5. Proxy server

Proxy server adalah sebuah solusi lain dari VPN server. Tetapi proxy server memiliki fitur lainya seperti pembatasan data dan menghemat kuota data internet. Selain itu proxy server juga dapat digunakan sebagai gerbang antara jaringan lokal dengan jaringan umum. Sehingga jaringan luar tidak dapat masuk ke jaringan lokal.

6. Virtual Server

Virtual server adalah sebuah server tunggal yang dibagi menjadi beberapa server menggunakan software. Jadi sebenarnya hanya satu dedicated server, tetapi setelah dibagi menjadi beberapa bagian, bagian inilah yang disebut virtual server. Penerapan virtual server biasanya digunakan oleh penyedia layanan VPS (Virtual Private Server).

7. FTP Server

FTP Server merupakan bagian dari web server yang bertugas mengatur transfer data yang dilakukan pada sebuah jaringan. Biasanya FTP server diperlukan saat klien mentransfer data dengan aman ke web server.

8. Database Server

Database server ini bertugas menyimpan data yang penting. Dalam database server biasanya tersimpan data-data yang diperlukan sebuah website berbasis PHP dan mysql. Selain itu juga, kebanyakan CMS website menggunakan database untuk menyimpan settingan dan data artikel blog.

9. Aplikasi Server

Secara tidak langsung sebenarnya aplikasi server menjadi bagian dari web server dan server lainnya. Dimana fungsi dari aplikasi server adalah menerima perintah klien kemudian mengolah data dan menghubungkannya ke database. Biasanya aplikasi server bukan hanya digunakan oleh sebuah website, tetapi juga aplikasi berbasis android, CC+, dll.

10. Video streaming Server dan Audio streaming Server

Apa anda pengguna YouTube atau sedang mencari uang lewat YouTube? Secara tidak langsung anda sudah menggunakan fasilitas video streaming server miliknya google. Video yang Anda upload ini disimpan di video server dan dapat diputar oleh pengunjung. Sama halnya dengan audio streaming server. Kita memutar MP3 online itu menggunakan audio server sehingga kita dapat memutar lagu dimana-mana.

BACA :  Apa itu VPS (Virtual Private Server)?

11. Telnet server

Telnet server adalah server yang menghubungkan komputer klien dengan komputer server. Kita dengan mudah dapat masuk sebagai root dan mengkonfigurasi server dari komputer klien.

Cara Kerja Server


komputer server


Jika disederhanakan pengertian server adalah bekerja berdasarkan perintah dari klien. Sehingga bisa dijelaskan bagaimana cara kerja server yang sesungguhnya. Salah satu contoh yang bisa di ambil adalah ketika kita browsing dan mengakses salah satu website. Website ini menggunakan web hosting yang bersifat sebagai web server. Saat kita mengetik alamat website tersebut di web browser, itu sama halnya komputer anda mengirimkan perintah ke DNS Server untuk kemudian diteruskan ke web server. Setelah itu Web server akan menjawab dengan cepat permintaan anda dan menampilkan halaman website yang anda minta.

Untuk cara kerja server lainnya seperti DNS server, sudah dijelaskan di atas. Sebuah DNS server bertugas menterjemahkan sebuah domain menjadi sebuah IP address. Dengan kata lain adalah menghubungkan domain dengan web hosting melalui sebuah domain name server

Cara kerja server lainya seperti VPN server sedikit berbeda. Saat kita memiliki sebuah VPN server gratis atau premium, kita dapat berinternet anda dengan aman, tanpa hambatan, dan tentu terhindar dari blokir yang dilakukan oleh operator. Saat kita konek dengan VPN server, permintaan dari komputer kita menuju ke VPN server terlebih dahulu, barulah VPN server meneruskannya ke alamat yang kita inginkan. Sehingga saat itu IP address yang terlihat bukanlah IP address kita sebenarnya, tetapi IP address VPN server.

Semua jenis server yang ada di atas memiliki cara kerja yang berbeda beda. Cara kerja server sesuai dengan fungsi server seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Jadi secara umum, server memiliki cara kerja yang beranekaragam mulai dari melindungi, melayani permintaan dari komputer klien. Biasanya apabila jenis servernya berbeda, proses dan cara kerjanya juga berbeda.