Multimedia

Pengertian Multimedia – Definisi, Jenis, dan contohnya

pengertian multimedia

Sebelum mulai menulis artikel yang berhubungan dengan multimedia, kami akan mencoba memaparkan pengertian multimedia, apa itu multimedia, definisi Multimedia, jenis dan contoh multimedia. Beranjak dari keinginan itu, tujuan kami menjelaskan definisi Multimedia adalah untuk memberikan pemahaman tentang layanan apa yang ini tawarkan, materi apa yang akan kami bahas bada website multimedia ini.

Mungkin banyak yang mendengar kata multimedia dan menebak definisinya dengan mudah. Tetapi apa pengertian multimedia yang anda ketahui itu sudah secara menyeluruh atau hanya sekedar saja? Multimedia bukan hanya sebuah media yang beranekaragam, tetapi juga fungsi dalam kehidupan sehari hari, serta contoh nya sesuai dengan apa yang sering kita lihat dan kita lakukan. Kita sering memegang handphone atau gadget, komputer apa itu termasuk multimedia? Apa multimedia itu adalah sejenis foto, gambar, video, music, tulisan dan lain-lain? Sebenarnya sih anda akan bingung. Maka daripada itu, kami akan jelaskan semuanya itu untuk anda.

Pengertian Multimedia

Banyak sekali yang mencoba menjelaskan apa itu definisi multimedia dipandang dari berbagai bidang. Saya mencoba mengambil sebuah definisi berdasarkan bermacam-macam pengertian multimedia yang mungkin anda temui di situs lain. Jadi bisa dikatakan kalau definisi ini mencangkup segala bidang profesi, jurusan, dan medianya.

Kata multimedia berasal dari 2 kata yaitu kata multi yang memiliki arti banyak, beranekaragam dan kata media yang berarti alat yang digunakan untuk menyampaikan, meneruskan sesuatu. Jadi multimedia adalah sebuah sarana yang beranekaragam yang berfungsi sebagai alat untuk meneruskan elemen informasi seperti teks, gambar, video, dan suara. Multimedia dewasa ini kebanyakan berfungsi dalam segi informasi serta hiburan. Dalam dunia informasi, ada beberapa media yang tergolong multimedia misalnya koran, website, jaringan, sosial media, dll.

Jika di ambil dari sudut pandang teknologi saat ini, multimedia juga berarti sebuah alat atau sarana yang digunakan untuk menggabungkan, menyajikan sebuah gambar, audio, dan konektivitas sehingga pengguna dapat berinteraksi, berkomunikasi, dan menciptakan sesuatu yang lebih bermanfaat. Dewasa ini, kata multimedia erat kaitannya dengan bidang informatika. Itu dapat dilihat dari jurusan multimedia yang terdapat pada beberapa universitas terkenal. Jurusan inipun di tawarkan kepada calon mahasiswa karena peluang usaha, bisnis, sangat terbuka lebar.

BACA :  5 Dampak Multimedia interaktif dalam pembelajaran

Jenis – jenis multimedia

Sudah dijelaskan di atas pengertian multimedia menurut sudut pandang umum dan teknologi. Nah sekarang kami akan jelaskan jenis – jenis multimedia yang ada. Multimedia itu dikategorikan menjadi 4 jenis. Memang ada yang bilang kalau multimedia itu ada 2 jenis. Tetapi sebenarnya multimedia itu ada 4 jenis. Berikut ini jenis multimedia yang perlu kita ketahui antara lain:

1. Multimedia interaktif

Multimedia interaktif merupakan sebuah jenis multimedia dengan interaksi pengguna di dalamnya. Jenis multimedia ini biasanya dilengkapi sebuah alat atau perangkat pembantu interaksi seperti komputer, keyboard, mouse, monitor, koneksi, dll. Ketersediaan perangkat inilah yang membuat pengguna berinteraksi dengan media tersebut sehingga dapat menciptakan gambar, audio, video, teks menjadi lebih baik dan berguna. Hal ini biasa diterapkan oleh youtuber dalam mendapatkan uang lewat youtube dengan mudah. Keterampilan melakukan editing video, membuat peluang bisnis juga terbuka lebar.

Pada jaman ini, multimedia interaktif menjadi sebuah kebutuhan yang penting di dalam kehidupan manusia. Bukan hanya sekedar hiburan, peluang bisnis banyak tercipta dengan adanya jenis multimedia ini. Di dalam multimedia ini terdapat multimedia editor, multimedia design, multimedia audio, dan multimedia lainnya. Beberapa contoh multimedia interaktif lainnya seperti aplikasi, game, virtual reality, live streaming, streaming server, dll.

2. Multimedia Hiperaktif

Jika barusan kita membahas interaktif, berbeda lagi dengan multimedia hiperaktif. Multimedia hiperaktif merupakan media yang memiliki struktur yang saling berkaitan dengan pengguna. Jadi interaksi yang terjadi itu saling melakukan timbal balik. Saat pengguna melakukan perintah, secara cepat media ini akan merespon dan memberikan tanggapan. Jadi hal ini lebih dari interaksi pengguna dengan perangkat media.

Sebenarnya jika kita selaraskan dengan multimedia interaktif, multimedia hiperaktif hampir sama. Tetapi jika dilihat contohnya, tentu cukup berbeda. Beberapa contoh multimedia hiperaktif seperti website, mobile, gadget, game online, mobile banking, dll. Oleh karena itu multimedia ini biasa disebut dengan istilah richmedia.

BACA :  Sejarah multimedia dan perkembangannya dalam kehidupan kita

3. Multimedia linier

Jenis atau tipe multimedia linier merupakan multimedia yang dapat berjalan tanpa memerlukan interaksi dari pengguna. Bisa dibilang jenis ini berjalan lurus tanpa kontrol. Multimedia linier termasuk dalam jenis multimedia yang paling umum digunakan oleh masyarakat. Ciri-cirinya adalah bersifat sederhana, logical, dan sangat cocok untuk sebuah produk yang kecil.

Multimedia linier adalah sebuah media yang tidak dilengkapi dengan alat pengontrol apapun tetapi masih bisa dioperasikan oleh pengguna. Dilihat dari isnannya, Multimedia linier berjalan sekuensial atau secara berurutan. Multimedia linier contohnya seperti Televisi dan movie/film. Jadi pengguna hanyalah sebagi penonton dan menikmati tayangan di televisi atau film yang sedang diputar. Contoh lainnya dari multimedia linier seperti buku, koran, e-book televisi, movie, musik dan masih banyak yang lainnya.

4. Multimedia kits

Multimedia kits merupakan multimedia yang digunakan dalam pembelajaran dan melibatkan lebih dari satu media. Pembelajaran ini di organisatoris oleh topik tunggal yang berhubungan. Media yang terlibat dalam multimedia kits seperti CD, Kaset, gambar, transparasi over head, dll. Multimedia kits ini banyak sekali dipakai karena multi sensorik. Selain itu sangat cocok dipakai dalam proyek kecil dalam dan luar ruangan.

Dalam dunia belajar mengajar, multimedia kits sangat dibutuhkan. Karena multimedia kits merupakan bahan yang digunakan dalam proses mengajar. Bahan ini biasanya di susun/diciptakan menggunakan teknologi instruksional kemudian diaplikasikan di dalam ruang pelajaran. Media ini diciptakan dengan tujuan membantu guru pengajar dalam meningkatkan proses belajar berbasis kurikulum di dalam kelas. Selain itu, media kits bertujuan memberikan panduan secara komprehensif untuk siswa dan untuk mengontraksiasikan cara mengajar yang efektif.

Contoh – contoh multimedia

Memang banyak sekali peranan multimedia dalam kehidupan kita. Biasanya multimedia juga dipakai dalam dunia informatika. Multimedia kadang dihubung-hubungkan dengan aplikasi/software yang dipakai dalam dunia hiburan seperti game online, situs web, dll. Saat multimedia muncul, multimedia hanya terdiri dari gambar, teks, animasi, audio MP3 dan video mp4. Seiring perkembangan jaman, multimedia sekarang merambah ke berbagai sektor kehidupan manusia.

BACA :  5 Dampak Multimedia interaktif dalam pembelajaran

Aplikasi atau software inilah yang mulai memasukan unsur kinetik sejak diaplikasikannya video 3D. Dari situ, sensasi 3D ini disertai gerakan pada kursi penonton sehingga penonton dapat merasakan sensasi gerakan yang menyerupai kenyataan. Unsur kinetik, koneksi, dan gerakan yang terdapat pada video/film 3D dapat membuat perasaan nyata (real) mulai bangkit. Inilah salah satu contoh multimedia pada kehidupan di teknologi yang berkembang saat ini. Beberapa contoh profesi yang berhubungan dengan multimedia lainnya seperti:

  1. Animator adalah profesi dalam pembuatan dan pengeditan gambar bergerak. Pembuatan animasi biasanya lebih pada menggambat karakter kartun, atau tokoh pada game online.
  2. Designer atau multimedia design merupakan profesi yang membuat, merancang sket/skema tempat dan latar ruangan yang banyak digunakan baik di multimedia entertainment maupun kehidupan sehari-hari.
  3. Video Editor, picture editor, dan audio editing merupakan profesi dalam mengedit dan membuat segala macam video. Picture editor seperti contoh mengedit gambar menggunakan software Photoshop. Audio editor adalah profesi dalam mengedit audio seperti music,sound, dan efek suara.
  4. Video shooting dan fotografer adalah profesi atau pekerjaan yang berperan dalam pembuatan dokumentasi video, foto, dan film.
  5. Webmaster adalah pekerjaan pengelolaan situs/website dan web hosting server. Profesi ini membutuhkan kemampuan dalam pemrograman berbasis html, php, mysql, dan javascript.
  6. Bekerja Kantoran merupakan profesi yang mengedepankan keahlian dalam pengoperasian komputer untuk kepentingan pengolahan data, mengetik, dan mengirim data.

Kesimpulannya:

Sebenarnya jika kita bahas, pengertian multimedia ini sangat banyak. Bisa bikin kita bingung. Tetapi secara umum, multimedia berarti sebuah sarana yang beraneka ragam yang digunakan oleh manusia untuk menyampaikan sesuatu kepada orang lain. Cara penyampaian ini bisa bermacam-macam sehingga membuat definisinya pun sangat berbeda. Tetapi yakinlah kalau kehadiran multimedia pada jaman ini menimbulkan dampak yang baik dan buruk bagi kehidupan kita. Jadi tergantung kita yang memanfaatkan kehadiran teknologi ini untuk hal yang positif apa yang negatif?