WordPress Indonesia

Cara Mendapatkan dan Menggunakan Gambar Gratis untuk Blog

Sebagai seorang penulisa artikel ataupun pemilik blog tentunya memerlukan sebuah gambar atau foto yang kamu perlukan untuk melengkapi artikel kamu. Di luar sana, banyak sekali foto atau gambar gratis yang kamu gunakan sebagai pelengkap artikel blog kamu. Lalu Cara Mendapatkan dan Menggunakan Gambar Gratis untuk blog atau artikel kamu..? Apakah lebih baik menggunakan foto jepretan sendiri atau foto gambar gratis.? Jika ada yang gratis nyarinya dimana.?

Masalah gambar itu sangat penting sekali di perhatikan. Gambar itu sama saja seperti artikel yang memiliki hak milik atau hak penggunaan. Penulis blog terkadang mengabaikan hal ini. Karena merasa hal ini tidaklah penting. Terkadang ada juga penulis yang enggan menampilkan gambar karena alasan kecepatan loading. Itu sebenarnya salah.

Kenapa harus menggunakan gambar ?

Cara Mendapatkan dan Menggunakan Gambar Gratis untuk Blog
koran lama saja pakai gambar.

Secara umum, sebuah artikel paling tidak memuat satu gambar. Ini juga di perlukan untuk memenuhi syarat seo pada situs pencarian seperti google,bing,yandex, dan yang lainya. Jika blog kamu memuat artikel tanpa gambar sudah dipastikan peringkat di searh engine akan kecil.

Selain masalah seo, gambar juga sangat berguna untuk meningkatkan jumlah pengunjung dengan mempercantik tampilan artikel. Selain itu artikel juga lebih mudah dipahami. Kebanyakan orang akan malas membaca artikel yang memuat tulisan berjubel jubel. Tanpa ada ruang yang berbeda. Hanya tulisan saja tanpa gambar rasanya sangat hampa. Seperti diam di ruangan yang pengap tanpa ada jendela.

Selain itu kebiasaan orang indonesia lebih suka melihat gambar atau foto terlebih dahulu ketimbang membaca artikelnya. Seperti membaca berita, orang akan tertarik bukan hanya pada judulnya, tetapi pada gambarnya. Sehingga bisa dipastikan memuat gambar pada postingan artikel sangatlah penting.

Kenapa harus gratis.? Apa bisa pakai foto sendiri atau beli foto orang lain.?

Disini aku menjelaskan masalah gambar gratis untuk blog, bukan berarti menyarankan menggunakan gambar gratis saja. Apabila kamu punya foto sendiri, silahkan itu dipakai, jika tidak mending beli atau pakai gambar orang lain yang dibagikan secara gratis.

Cara Mendapatkan dan Menggunakan Gambar Gratis untuk blog

Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dalam mebcari gambar untuk blog antara lain :

  • Jangan mencari gambar di google image search karena terkadang ada beberapa gambar yang memiliki hak cipta. Untuk itu saya tidak menyarankannya untuk kamu.
  • Jauhi situs yabg menjual gambar. Kenapa aku bilang menjauhi, karena kemungkinan kamu perlu membayar mahal untuk satu gambar atau foto. Dan itu bisa saja menambah pengeluaran kamu hanya untuk satu gambar saja.
  • Carilah Gambar yang memiliki CCO lisensi
    Apa itu cco lisensi ? CCO lisensi bisa juga di sebut complete freedom. Yang artinya kita diberikan hak untuk menggunakan gambar itu semau kita.

Kesimpulannya :

Jika memang kamu terpaksa menggunakan gambar berbayar, lebih baik kamu sesuaikan pendapatan blog kamu dengan pengeluaran untuk membayar gambar. Karena masih ada alternatif menggunakan gambar gratis untuk blog kamu. Entah itu wordpress atau blogger sama saja.
Dalam menggunakan gambar gratis yang lebih aku tekankan adalah masalah lisensinya. Jika kamu tertarik untuk menggunakan gambar gratis, pada artikel berikutnya aku akan memberikan beberapa penyedia gambar gratis dengan CCO lisensi. Jika aku ada salah, mohon di koreksi dan di maafkan ya.!!

Silahkan komentar menggunakan akun anda

Tinggalkan Balasan