WordPress Indonesia

Cara menambah facebook like button di wordpress

Dalam kesempatan ini aku coba berbagi tip untuk pengguna wordpress indonesia. Tip kali ini adalah bagaimana cara menambah facebook like button di wordpress self hosting. Kalau untuk situs wordpress gratis yang di host di server wordpress, kemungkinan menggunakan cara yang berbeda. Nanti saya kasi tipnya lain kali. Untuk sekarang aku kasi tip wordpress lixebutton untuk self hosting atau wordpress yang di install di server hosting milik kita.

Facebook Like button sendiri berfungsi untuk melakukan voting artikel pada postingan. Cuma Facebok Like button ini hanya bisa melakukan like saja. Nggak bisa melakukan dislike atau tidak suka. Selain melakukan voting, facebook like button bisa kita gunakan sebagai trik cepat menambah like untuk Fans Page kita. Sehingga dengan melakukan like, pengunjung otomatis akan me-like Fans Page punya kita. Dan tentunya jumlah like akan bertambah dengan cepat.

Cara menambah facebook like button di wordpress

Dalam tip aku kali ini, ada dua cara menambah facebook like button di wordpress page atau postingan kita. Caranya adalah :

1. Menggunakan script like button umum.

Script ini bisa kamu pakai langsung di template wordpress kamu. Tinggal copy paste kodenya di single.php dimana like button akan kita munculkan. Seperti yang di lakukan di situs ini, facebook like button di taruh di akhir artikel. Secara logika, biarkan pengunjung membaca dulu artikel kita, baru mereka melakukan penilaian.
Kelemahan dari script atau code facebok like button ini adalah, code ini tidak terhubung langsung ke fans page kita. Jadi hanya bersifat sebagai alat untuk melakukan voting saja.
Untuk memasang facebook like button, silahkan copy paste code di bawah ini di single.php wordpress kamu.

<iframe src="http://www.facebook.com/plugins/like.php?href=<?php echo urlencode(get_permalink($post->ID)); ?>&amp;layout=standard&amp;show_faces=false&amp;
width=450&amp;action=like&amp;colorscheme=light" scrolling="no" frameborder="0" allowTransparency="true" style="border:none; overflow:hidden; width:450px; height:60px;">
</iframe>

Atau juga bisa menggunakan kode di bawah ini.:

<div id="fb-root"></div>
<script src="http://connect.facebook.net/en_US/all.js#xfbml=1"></script><fb:like href="<?php echo get_permalink(); ?>" show_faces="true" width="450"></fb:like>

2. Menggunakan facebook plugin lixe button.

Kalau cara menambah facebook like button di wordpress yang ini langsung terhubung dengan fans page kita. Karena script ini kita buat sendiri di Facebook. Cuma cara ini sedikit lebih susah daripada cara di atas. Karena kita harus membuat sebuah aplikasi dulu di facebook. Dengan masuk ke developer.facebook.com. caranya sebagai berikut :

Masuk ke Developer Facebook atau bisa masuk ke developer plugin facebook. Disitu kamu akan menemukan halaman Like Button Configuratin. seperti gambar di bawah.

Cara menambah facebook like button di wordpress
klik gambar untuk memperbesar

Setelah itu silahkan edit dan pilih style sesuai kemauan kamu. Jika sudah selesai sekarang tinggal tekan Get Code. Dua Buah Kode akan Muncul. lihat gambar di bawah

Cara menambah facebook like button di wordpress

Untuk Kode yang pertama, Silahkan copy ke header.php atau ke footer.php template wordpress kamu. Ingat untuk menempatkan kode setelah tag <body> atau sebelum Tag penutup </body>.

Untuk Kode ke Dua, di copy ke tempat dimana kamu akan menampilkan Like Butoon. Dalam website ini di tempatkan di akhir Postingan. Coba lihat akhir dari tulisan ini.

Kesimpulanya :

Kedua cara di atas membutuhkan keahlian tentang PHP dan juga HTML basic. jika kamu ingin Cara menambah facebook like button di wordpress lebih mudah, kamu bisa menggunakan beberapa plugin gratis. ( Tutorial menyusul ).

Silahkan komentar menggunakan akun anda

Tinggalkan Balasan