WordPress Indonesia

Cara Install WordPress di Localhost

Dalam perkembangannya, WordPress semakin memperbaharui system keamanan dengan selalu melakukan update ke versi terbaru. Sampai di tahun 2014 ini wordpress telah mengeluarkan wordpress 4.0 yaitu versi terbaru dengan fitur keamanan lebih kuat. Bagi pemula yang ingin mempelajari cara menggunakan wordpress 4.0 tidak perlu menyeda domain atau hosting. Anda tinggal menginstall wordpress di Localhost. disini akan saya jelaskan Cara Install WordPress di Localhost beserta dengan gambar. Ini sangatlah mudah. tinggal mengikuti langkah langlkah yang akan saya berikan.

Cara Install wordpress di localhost di peruntukan bagi pemula yang masih belajar menggunakan wordpress. karena localhost merupakan hosting local yang bisa di gunakan hampir sama dengan web hosting, cuma bedanya localhost merupakan server offline sedangkan webhosting merupakan server Online. jadi apabila melakukan instalasi wordpress di localhost, Situs wordpress yang anda buat tidak bisa di akses dimana mana, cuma bisa di akses di komputer anda sendiri. Dan apabila anda sudah mahir menggunakan wordpress anda bisa beralih ke webhosting. Anda juga bisa mentranfer Blog Offline yang anda install di localhost ke Webhosting. Bagaimana cara memindahkan wordpress di localhost ke Webhosting, Itu akan saya jelaskan pada artikel selanjutnya.

Cara Install WordPress di Localhost

ok langsung saja kita menuju tahap-tahap Cara Install WordPress di Localhost. Sebelum melakukan instalasi silahkan mendownload file- file yang diperlukan.

  1. Silahkan download XAMPP atau Bisa juga mendownload WAMP . [ Download XAMPP  ]
  2. Setelah itu silahkan download WordPress  [ Download WordPress]

Apabila kedua file tersebut sudah selesai di download, Barulah kita mulai tahapan instalasinya.

1. Pertama- tama silahkan install XAMPP yang baru saja anda Download. Apabila instalasi sudah selesai silahkan jalankan program XAMPP tampilanya seperti gambar di bawah.

Cara Install WordPress di Localhost
Cara Install WordPress di Localhost

sesuai dengan gambar di atas, silahkan jalankan Apache dan MySql dengan mengklik timbol Start. tunggu sampai keduanya keluar tulisan Running yang menandakan bahwa Apache dan MySql sudah jalan.

2. Copy File WordPress 40 yang sudah anda download ke Folder ” Local Disk C –> xampp –> htdocs ” kemudian lakukan extract file zip di sana. atau anda juga bisa meng-ekstrak dulu file wordpress-4.0.zip kemudian baru di copy ke folder ” Local Disk C –> xampp –> htdocs “. untuk lebih jelasnya silhkan lihat gambar screenshot di bawah.

Cara Install WordPress di Localhost
Cara Install WordPress di Localhost

3. Setelah itu buka Mozilla Firefox atau Google Chrome, Coba ketik ” Localhost/wordpress “. Apabila Apache sudah berjalan dengan benar, maka akan muncul halaman instalasi wordpress 4.0. seperti gambar screenshot di bawah.Setelah semua berjalan dengan baik, seilahkan klik ” letsGo ”

install-wordpress-di-xampp-tahap-1

 

Cara Install WordPress di Localhost
Cara Install WordPress di Localhost

4. sekarang barulah instalasi wordpress dimulai. sesuai dengan perintah yang di tuliskan pada gambar di atas, anda di suruh menyediakan beberapa bahan sebelum melakukan instalasi wordpress 4.0 di antaranya.

  1. Nama Database
  2. Username Database
  3. Password Database
  4. Host Database
  5. Table Frefix

yang akan di isi pada kolom instalasi seperti gambar di bawah.

Cara Install WordPress 4.0 di Localhost

5. Untuk itu sekarang kita perlu membuat Database untuk wordpress 4.0 di localhost. Adapaun cara membuat Database di localhos cukup mudah, anda hanya perlu membuatnya di phpmyadmin. Silahkan klik admin pada MySql di Control Windows program Xampp. Maka anda akan otomatis Masuk ke phpMyadmin. klik Basis Data– Kemudian pada kolom ” Ciptakan database baru ” Isikan nama database nya. dalam tutorial Cara Install WordPress 4.0 di Localhost ini saya membuat Database dengan nama wordpress40. setelah itu klik ” Ciptakan “.Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar di bawah.

Cara Install WordPress 4.0 di Localhost

6. Kembali Ke Tahap instalasi yang tadi. Silahkan masukan informasi Database yang baru saja kita buat.

  1. Pada Kolom Database Name masukan nama database ” WordPress40
  2. Pada Kolom Username masukan user ” root ” root merupakan username default MySql di localhost
  3. Pada Kolom Password silahkan kosongkan saja. Karena secara default MySql di localhost tidak menggunakan password.
  4. Pada Kolom Database Host masukan ” localhost ” karena kita menghost atau menempatkan database kita di localhost
  5. Pada Kolom  Table Prefik silahkan masukan ” wp_ .. ” sesuai dengan keinginan anda. dalam tutorial ini saya biarkan saja seperti itu.

Apabila sudah selesai klik ” submit ” untuk lebih lengkap silahkan perhatikan gambar di bawah.

Cara Install WordPress di Localhost
Cara Install WordPress di Localhost

7. Apabila semua data yang anda masukan benar maka akan ada perintah untuk menjalankan instalasi, sementara apabila salah, maka akan muncul notifikasi error. apabila sudah muncul perintah instalasi, jalankan instalasi dengan me-klik ” Run The Install ” .

 

Cara Install WordPress 4.0 di Localhost tahap 6

8. pada tahap berikutnya silahkan masukan Judul Situs WordPress anda, kemudian username, dan password login ke dashboard wordpress. apabila sudah semua data di masukan klik ” submit ” dan akan muncul pemberitahuan kalau instalasi sudah selesai dilakukan.

Cara Install WordPress 4.0 di Localhost

9. Masuklah ke Dashboard admin WordPress dengan Meng-klik tombol Login. Silahkan masukan username dan password login yang baru saja anda buat.

 

Cara Install WordPress di Localhost
Cara Install WordPress di Localhost

10. Apabila dashboard sudah terbuka, maka proses instalasi wordpress sudah selesai. untuk tampilan dashboard wordpress 4.0 memang sedikit berbeda dengan wordpress sebelumnya, karena pada wordpress 4.0 sudah di tingkatkan beberapa keamanan situs dan beberapa fitur-fitur penting penunjang keamanan situs anda. untuk melihat tampilan situs wordpress lokal yang baru saja anda buat, silahkan ketikan alamat ” localhost/wordpress/”.

Cara Install WordPress 4.0 di Localhost

Cara Install WordPress di Localhost
Cara Install WordPress di Localhost

Semua tahap instalasi sudah selesai. semoga tutorial saya kali ini mengenai Cara Install WordPress 4.0 di Localhost bisa membantu anda yang sedang belajar menggunakan wordpress. apabila da hal yang kurang atau perlu di tanyakan silahkan tinggalkan komentar. komentar yang terdeteksi sebagai spam tidak akan saya publikasi. semoga bermanfaat Terima kasih telah berkunjung.

Silahkan komentar menggunakan akun anda

Tinggalkan Balasan