WordPress Indonesia

Cara Copy situs WordPress ke Localhost

Bagi Kamu yang sudah memiliki situs yang di buat dari wordpress, Mungkin kamu ingin melakukan percobaan dengan situs kamu yang sudah online dengan mengutak atik di localhost. Jadi Situs kamu yang sudah online tidak akan terganggu. Dengan Cara copy situs wordpress ke localhost hal tersebut bisa kamu lakukan. Semua data-data situs entah itu postingan tulisan, halaman, database, Template, image, dan lain-lainya bisa di copy ke localhost. Cara seperti ini bisa juga di sebut melakukan Clone WordPress ke localhost atau bisa juga di sebut Backup WordPress ke Komputer lokal kamu.

Melakukan Clone wordpress sangatlah mudah. Ada berbagai alasan melakukan Clone wordpress ke localhost. Entah untuk melakukan percobaan secara offline maupun menghindari kehilangan data website apabila website kamu di Hacking. Dengan Data Backup, Kamu bisa mengembalikan situs wordpress yang sudah rusak karena ulah hacker. Dalam tulisan kali ini aku akan jelaskan bagaimana cara copy situs wordpress ke localhost. Untuk melakukan backup ke localhost, Ada dua cara yang bisa kamu lakukan yaitu menggunakan Cara Manual atau menggunakan wordpress Plugin.

Mengapa Perlu Melakukan Backup Situs wordpress ke server lokal ?

Banyak orang membuat copy dari situs wordpress mereka pada server lokal untuk menguji tema baru, plugin, atau melakukan pengujian Situs. Hal ini memungkinkan Kamu mengatur tema dengan semua konten di situs aslinya dan menguji semua fitur tanpa khawatir situs kamu akan rusak. Banyak Pengguna WordPress melakukan Cara Copy situs WordPress ke Localhost untuk berlatih WordPress dan coding keterampilan dengan data situs sebenarnya.

Cara Copy situs WordPress ke Localhost

Sebenarnya ada Dua Cara Copy situs WordPress ke Locahost yang bisa kamu lakukan. Melakukan copy, Clone, atau backup situs wordpress bisa dilakukan dengan cara manual maupun dengan menggunakan sebuah yang bisa kamu download dan gunakan secara gratis. Dalam tulisan ini aku akan jelaskan satu persatu cara membackup situs wordpress kamu.

1. Melakukan Backup situs ke server Lokal dengan Cara Manual

Cara Copy situs WordPress ke Locahost dengan cara manual cukup mudah tetapi agak ribet saat install di localhost. Jika untuk sekedar backup hal ini sangatlah mudah. Hal pertama dan paling penting adalah Database dan juga Data-data situs. Untuk membackup Database caranya cukup mudah yaitu dengan masuk ke phpmyadmin atau masuk ke pengaturan database penyedia layanan hosting kamu. Kemudian mengexportnya dan menyimpanya ke komputer kamu.

Cara Copy situs WordPress ke Localhost - export-database-di-phpmyadmin
Cara Copy situs WordPress ke Localhost

Untuk memudahkan dan memperkecil size database yang perlu kamu download, Kamu bisa mengexport database dalam bentuk zip. ini berguna juga saat melakukan Instalasi database di localhost. Semua database akan aman dengan karena sudah di kompressi menggunakan zip. saat menginstal di localhost, kamu tidak perlu lagi meng extrak database ini.

Cara Copy situs WordPress ke Localhost - export-database-di-phpmyadmin
Cara Copy situs WordPress ke Localhost

Setelah Melakukan Backup database, Kamu juga perlu melakukan backup Data-data File wordpress dengan cara masuk ke file manager menggunakan ftp client ataupun masuk ke Cpanel Hosting kamu.

Cara Copy situs WordPress ke Localhost - downloadfiles-melalui-ftp
Cara Copy situs WordPress ke Localhost

Jika data -data sudah selesai di download, sekarang saatnya melakukan instalasi wordpress ke Localhost. Yang pertama perlu kamu lakukan yaitu menginstall database yang sudah kamu download tadi. Cara menginstallnya dengan masuk ke http://localhost/phpmyadmin dan mengupload file zip yang sudah kamu backup.

Cara Copy situs WordPress ke Localhost - impor-wordpress-database-ke-localhost
Cara Copy situs WordPress ke Localhost

Silahkan kamu copy paste file wordpress yang sudah kamu download ke folder Xampp kamu. Buatkan folder baru yang bisa kamu kasi nama ” backupsitus ” atau apa saja terserah kamu. Setelah semuany selesai kamu copy ke folder Xampp, Hal yang perlu kamu lakukan sekarang adalah melakukan edit database. Karena dalam database terdapat data url situs dan url postingan yang perlu di rubah. Adapun caranya yaitu dengan masuk ke phpMyadmin dan masuk ke SQL Query. Pada Kolom Query masukan Perintah seperti di bawah. ” http://www.urlsituswp.com ” adalah url situs wordpress kamu yang kamu backup, dan ” http://localhost/situsbackup ” adalah url Localhost tempat kamu install wordpress di localhost.

UPDATE wp_options SET option_value = replace(option_value, 'http://www.urlsituswp.com', 'http://localhost/situsbackup') WHERE option_name = 'home' OR option_name = 'siteurl';

UPDATE wp_posts SET post_content = replace(post_content, 'http://www.urlsituswp.com', 'http://localhost/situsbackup');

UPDATE wp_postmeta SET meta_value = replace(meta_value,'http://www.urlsituswp.com','http://localhost/situsbackup');

Jika sudah selesai sekarang lakukan edit wp-config.php. Sesuaikan Database name, Database user, Databse Password, Dan Database server. Contoh Scrip php yang perlu kamu rubah seperti scrip di bawah.

/** The name of the database for WordPress */
define('DB_NAME', 'database_name_here');

/** MySQL database username */
define('DB_USER', 'username_here');

/** MySQL database password */
define('DB_PASSWORD', 'password_here');

Sampai disini sebenarnya Cara Copy situs WordPress ke Localhost sudah selesai. Silahkan kamu coba melakukan test browsing situs kamu. Jika kamu masih mengalami masalah, bebarti ada langlkah yang terlewatkan. lakukan semua ini dengan hati-hati jika kamu tidak ingin gagal melakukannya. Wah.. ternyata ngasi cara manual saja sudah lumayan panjang. Untuk cara backup menggunakan plugin akan aku jelaskan pada postingan berikutnya. Selamat berexperimen.

Silahkan komentar menggunakan akun anda

Tinggalkan Balasan