Teknologi

Penggunaan VPN dan Proxy garis sangat beresiko

Banyaknya pemblokiran situs yang dilakukan oleh operator yang tunduk dengan peraturan diskominfo, membuat banyak pengguna internet mencari cara membuka situs yang di blokir. Baik itu di hp android, desktop dan perangkat lainya yang terhubung ke internet. Penggunaan DNS sudah tidak mempan dalam membuka blokir situs, untuk itulah penggunaan VPN dan Proxy menjadi jawabanya. Tetapi tahukan anda, bahwa penggunaan VPN dan Proxy garis sangat beresiko untuk transaksi yang bersifat pribadi dan rahasia. Seperti contohnya transaksi finansial seperti internet banking, akses broker forex, dan transaksi lainya yang berhubungan dengan uang. Selain itu juga akses email juga cukup berbahaya jika melalui VPN atau pun proxy gratis.

Penggunaan VPN dan Proxy garis sangat beresiko

Mungkin anda bertanya kenapa bisa sangat beresiko dan sangat berbahaya.? Lalu bagaimana prosesnya dan apa saja yang sudah terjadi pada beberapa orang yang memakai vpn gratis dan proxy gratis.

Proses data di transfer jika menggunakan VPN atau Proxy

Jika dilihat dari skema koneksi yang dilakukan oleh VPN gratisan mungkin kita akan tahu bahwa koneksi yang terjadi melewati sebuah server vpn dan juga server proxy. Server ini terhubung ke internet dan memiliki kualitas yang baik dan tentunya harganya tidak murah. Anggaplah saja server VPN jika menggunakan VPS itu si pembuat VPN gratis harus membayar paling tidak 10 sampai 100 dollar setiap bulanya tergantung dari kualitas server. Lalu kenapa bisa di gratiskan ? Coba kita perhatikan skema diagram koneksi menggunakan VPN dan Proxy server.

Penggunaan VPN dan Proxy garis sangat beresiko
Contoh koneksi VPN Server
diagram proxy server
Contoh koneksi menggunakan proxy server

Secara umum diagram pembuatan server VPN seperti gambar di atas. Tetapi bagaimana jika di dalam sebuah server VPN atau Proxy di pasang program pengintai atau program penyadap ? Apakah kita akan tau ? Tentunya kita tidak akan tahu. Karena servernya tidak kita tahu ada dimana. Dan siapa yang udah buat server itu.

Telah terjadi penyadapan atau phising terhadap pengguna VPN gratis dan proxy gratis.

Dari beberapa laporan yang sudah kami kumpulkan, banyak sekali terjadi penyadapan yang dilakukan oleh pemilik server VPN dan Server Proxy. Selain itu juga penyadapan bisa juga dilakukan oleh orang lain yang kita tidak kenal.
Sudah banyak akun yang disadap dan dirubah passwordnya setelah di gunakan melalui akses VPN/Proxy gratis. Terkait itulah mengapa kami bisa menyimpulkan kalau penggunaan VPN dan Proxy garis sangat beresiko untuk kita.

Penggunaan VPN/Proxy gratis masih cukup aman.

Selain untuk transaksi finansial ataupun transaksi yang berhubungan dengan akun penting, penggunaan server vpn gratis dan proxy gratis masih cukup aman untuk kita. Anggap saja untuk sekedar membuka situs yang diblokir tanpa memasukan data penting.

Ciri – ciri Server VPN / Proxy yang tidak aman.

Untuk menghindari pemakain server VPN dan Proxy yang tidak aman, kita harus mengetahui ciri – cirinya dengan baik. Biasanya server yang tidak aman seperti :

– Bisa di dapatkan dengan mudah
– Server dibuat  dan dimiliki oleh perseorangan
– IP server berubah rubah setiap waktu
– Umur server sangat pendek
– Kualitas premium tetapi malah digratiskan

Cara mendapatkan VPN berkualitas

Penggunaan VPN dan Proxy garis sangat beresikoJika berbicara masalah kualitas dan keamanaan, penggunaan VPN seharunya dihindari. Jika memang diperlukan, seharunya kita memilih server VPN dan Proxy premium atau yang berbayar. Setiap server berbayar harusnya di lengkapi dengan sistem enkripsi ( https ) untuk menjamin adanya pengiriman data yang aman tanpa adanya penyadapan.

Banyak sekali penyedia VPN / Proxy premium yang bisa kita temukan. Tetapi kita harus tetap berhati hati dengan penyedia itu. Paling minimal mereka harus memberikan jaminan keamanan data kita. Dan juga memiliki server yang terenkripsi seperti penyedia server VPN / Proxy premium berikut ini :

  • HIDEMYASS
  • STRONGVPN
  • NORDVPN
  • EXPRESSVPN
  • SAFERVPN
  • DLL

Nah sekarang apakah anda sudah mengerti bahaya penggunaan VPN / proxy bagi kita ? Bukan berarti saya melarang penggunaan server tersebut. Penggunaan server masih bisa dilakukan jika memang kita perlukan. Selanjutnya resikonya terserah anda.

Silahkan komentar menggunakan akun anda

Tinggalkan Balasan