Teknologi

Cara menghindari penyadapan dan hacking password Wifi

Di jaman sekarang, di tahun 2016 Teknologi wireless semakin ditingkatkan dan juga pengamanan semakin diperbaharui. Tetapi terkadang pemilik wifi nggak mau mengikutinya. Alasanya sangat bikin aku geleng geleng kepala. Mereka bilang ribet kalau pakai teknologi yang baru lebih mudah pakai teknologi password yang lama. Padahal semakin mudah password kita ingat, semakin mudah juga password wifi di bajak. Jika sebelumnya rekan kami sudah membagikan cara masuk wifi tanpa password ttapi dengan menggunakan WPS. Itu adalah caraalternative, tetapi tetap memiliki kelemahan. Jika kita nggak mau wifi milik kita di pakai oleh orang lain, lakukan langkah langkah untuk menghindari penyadapan dan hacking password wifi. Cara menghindari penyadapan dan hacking password Wifi sangatlah penting. Apalagi jika operator sudah menggunakan sistem FUP. Ntar kalau wifi kita dipakai sama orang lain, kemungkinan kuota akan cepat habis atau koneksi internet akan menjadi lambat

Dari pengamatan kami, pelanggan internet masih tidak faham akan dampak penggunaan wifi yang tidak terkontrol. Karena akan menyebabkan kerugian bagi kita sendiri. Jika kita tidak ingin wifi dipakai oleh orang lain atau password wifi di hack sama orang lain, lakukan pencegahan. Bagaimana cara mencegahnya ?

Cara menghindari penyadapan dan hacking password Wifi

Nggak mau kan password wifi di sadap atau di hacking.? Semua orang juga pasti nggak mau semua miliknya di curi orang lain. Sesuai pengalaman kami, ada beberapa hal yang harus dilakukan biar wifi kita tidak di gunakan oleh pihak lain.

Cara menghindari penyadapan dan hacking password Wifi

1. Gunakanlah teknologi password terbaru

Seperti yang kami ketahui, setiap vendor seperti Tp-link, D-link, Linksys, Ubiquity, Bahkan mikrotik juga menyarankan kita menggunakan password dengan enkripsi WPA2. Karena dengan menggunakan tipe enkripsi WPA2, password akan lebih susah untuk di bobol.
Sebaliknya, jika kita masih tetap di enkripsi WEP , password wifi masih bisa di bibol dengan software brutce force. Memang kita akan mudah mengingat password, tetapi akan mudah juga di hacking.

wpa2 tplink
Cara menghindari penyadapan dan hacking password Wifi

2. Gunakan password yang kuat

Jika kita sudah menggunakan enkripsi WPA2, kita juga mesti menggunakan password yang cukup kuat. Password yang kuat biasany menggunakan minimal 8 karakter dengan perpaduan huruf besar, huruf keci, angka dan simbol. Itu baru benar benar sangat kuat. Memang kita akan cukup sulit mengingatnya, tetapi akan sulit juga di hacking.

3. Matikan fitur WPS di settingan wireless router

Seperti yang di jelaskan pada artikel sebelumnya. WPS merupakan alternatif konek ke wifi tanpa menggunakan password. Jadi sekuat apapun password yang kita gunakan, tetap saja bisa di hacking jika fitur WPS masih di aktifkan. Karena ada beberapa software yang bisa membaca Pin WPS. Untuk itulah saran kami, matikanlah fitur ini untuk meningkatkan pengamanan wifi di rumah atau di kantor kita

Baca : cara alternatif konek wifi tanpa password menggunakan wps

4. Aktifkan fitur macaddress filter

Apa kalian tau macaddress filter itu.? Mac address filter sangat bermanfaat untuk melakukan filter perangkat yang boleh terkoneksi dengan wifi. Sebuah perangkat pastinya memiliki macc address, jadi jika macaddress tidak terdaftar, maka perangkat baik hp, laptop, komputer tidak akan bisa konek ke wifi tersebut. Silahkan daftarkan maccadress perangkat yang boleh konek ke wireless yang akan kita gunakan.

macadress filter

5. Pasang router mikrotik dengan login page

Mikrotik adalah alternatif lain untuk  menghindari penyadapan dan hacking password Wifi. Karena system login sangat berbeda jika dibandingkan dengan sistem router accesspoint. Jika sudah menggunakan mikrotik dengan login page, password wifi tidak akan bisa di hacking.
Selain itu, mikrotik juga memiliki fitur yang sangat lengkap, bisa membatasi kecepatan setiap klien, memblokir situs, anti netcut, dan masih banyak yang lainya.

Itulah 5 Cara menghindari penyadapan dan hacking password Wifi milik kita di rumah maupun di kantor. Karena pencurian koneksi wifi bisa menyebabkan internet menjadi lambat dan kuota akan cepat habis. Selain itu juga tindakan lain yang cukup membahayakan seperti netcut dan juga penyadapan informasi penting lainya.

Kesimpulanya :

Semoga saja dengan adanya penjelasan ini, pelanggan internet yang menggunakan wifi mulai sadar dan mulai merubah password dengan teknologi terbaru dan juga mulai menggunakan mikrotik. Semakin banyak pengguna wifi, semakin lambat juga koneksi internet kita.

Silahkan komentar menggunakan akun anda

Tinggalkan Balasan