Networking

Cara Setting MikroTik Jadi SSH Tunnel Server

Biasanya kita melakukan koneksi SSH tunel service dengan VPS. Nah apakah kita bisa melakukan koneksi SSH tunel service dengan menggunakan mikrotik..?. Jawabannya adalah bisa. Terus bagaimana cara setting mikrotik jadi ssh tunnel server ?. dalam tips ini saya akan menjelaskan bagaimana cara setting di mikrotik dan testing koneksinya menggunakan bitvise. sebelumnya akan saya jelaskan keuntungan menggunakan SSH Tunelling.

Cara Setting MikroTik Jadi SSH Tunnel Server

Adapun keuntungan menggunakan SSH Tuneling

  • ip yang terdetect oleh web server adalah ip SSH server, dan bukan ip koneksi yang kita pakai melakukan remote ke SSH.
  • Koneksi menjadi lebih cepat dan stabil apabila mikrotik yang kita remote memiliki bandwith international yang melimpah.
  • koneksi internet kita langsung meloncati segala macam firewall atau melakukan baypass koneksi jadi apabila ada konten yang di blok oleh penyedia layanan internet kita bisa langsung di loncati. dengan catatan koneksi server ssh di mikrotik itu tidak ada pembatasan konten.

Syarat mikrotik biar jadi SSH server untuk tunneling :

  • MikroTik router OS dengan Public IP dengan bandwidth melimpah , dan yg pasti anda jadi adminnya.
  • Service SSH aktif di mikrotik.
  • Open port buat SSHnya di firewall.
  • Bitvise SSH Client (Tunnelier) atau Putty

Apabila semua syarat – syarat di atas telah terpenuhi maka mulailah kita melakukan setting SSH tuneling di mikrotik. Adapun tahap-tahap Cara Setting MikroTik Jadi SSH Tunnel Server meliputi:

1. silahkan masuk ke settingan mikrotik menggunakan winbox.

Cara Setting MikroTik Jadi SSH Tunnel Server
Login Winbox

Apabila login ke mikrotik dengan winbox telah sukses, silahkan lanjut ke tahap 2.

2. untuk menggunakan ssh di mikrotik, kita harus melakukan setup ssh service di mikrotik. klik IP > SERVICE kemudian cari > SSH Penampakannya dan cara setting ssh seperti Screenshot di bawah.

Cara Setting MikroTik Jadi SSH Tunnel Server
Setup SSH Tunel Server

klik dua kali pada SSH kemudian ganti portnya sesuai keinginan anda. Settingan port ssh yang biasanya di pakai yaitu port 143, 443, terserah anda saja.kemudian lanjut ke tahap aad user ssh di mikrotik.

3. cara melakukan add user ssh yang bisa anda pakai sebagai user remote ssh. klik SYSTEM > USER > keudian klik tanda ” + ” dan penampakannya seperti gambar di bawah.

add-user-ssh-tuneling
add user ssh tunel

Sampai disini sebenarnya tahap Cara Setting MikroTik Jadi SSH Tunnel Server sudah selesai, sekarang tinggal melakukan test koneksi ssh mikrotik menggunakan bitvise. Terima kasih Telah membaca. apabila ada yang kurang jelas silahkan meninggalkan komentar di kolom di bawah.

Silahkan komentar menggunakan akun anda

Tinggalkan Balasan