Komputer

Cara Mempercepat Koneksi Internet

Koneksi Internet anti lelet

Kali ini aku akan membagikan trik Cara Mempercepat Koneksi Internet di PC komputer atau Laptop. Karena koneksi internet yang cepat di komputer dan laptop memang di dambakan oleh banyak orang. Selain membuat kenyamanan dalam berselancar di dunia internet, Juga membuat waktu untuk mencari informasi semakin cepat. Kebutuhan akan koneksi internet yang cepat di indonesia semakin mebuat teknologi intenet sekarang semakin berkembang. Koneksi internet dulunya memakai sistem Dial Up, dan juga sistem GPRS di mobile. Dan sekarang sudah semakin maju dengan adanya kabel Serat Optik dan juga Signal 4G di mobile.

Untuk bisa menikmati kecepatan internet yang maksimal, Kamu perlu mengoptimalkan kinerja komputer. Karena dalam koneksi internet yang cepat, nukan hanya penyedia Layanan intenet yang perlu mengupdate fitur dan teknologinya. di sisi pelanggan dalam hal ini kamu sebagai pengguna internet juga harus memaksimalkan kerja komputer atau laptop kamu. Karena komputer yang lemot juga bisa menyebabkan koneksi menjadi lemot.

Cara Mempercepat Koneksi Internet

Baca :

Baca :

Untuk mengoptimalkan kinerja komputer, kamu tentu perlu melakukan langkah – langkah optimalisasi di pengaturan komputer atau laptop kamu. Untuk memaksimalkan kinerja komputer, kamu hanya perlu melakukan langkah – langkah yang cukup mudah. Karena langkah – langkah itu bisa kamu ikuti sesuai petunjuk di bawah. Adapun trik Cara Mempercepat Koneksi Internet yang sangat mudah kamu lakukan antara lain :

Mengubah Setting Bandwidth

Cara Mempercepat Koneksi Internet
cara setting bandwith di komputer

Bandwidth pada setting default komputer hanya berkisar pada angka 20% saja. Agar koneksi internet Kamu makin maksimal, gunakanlah nilai bandwidth yang lebih besar lagi dengan mengubah setting pada computer configuration. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Klik Start Kemudian Pilih Run > Setelah itu ketik gpedit.msc  > Tekan Enter
  • Pilih Komputer Configuration > Administrative Templates > Network > QoS Packed Scheduler
  • Double Klik pada menu Limit Reservable Bandwidth
  • Pilih menu enable > Pada bagian Bandwidth Limit diganti menjadi 0 (defaultnya 20), lalu klik OK
  • Restart komputer kamu

Mengubah DNS Pada Komputer

Cara Mempercepat Koneksi Internet
setting DNS di komputer

Selain masalah bandwith, kamu juga bisa mempercepat koneksi internet dengan cara mengubah settingan DNS. Cara Mempercepat Koneksi Internet dengan mengubah DNS cukup mudah. Kamu hanya perlu mengganti settingan DNS yang di berikan oleh operator atau penyedia layanan internet. Gantilah konfigurasi pengaturan DNS menjadi open DNS atau menggunakan DNS Google. Cara ini dapat meningkatkan kecepatan koneksi internet kamu hingga 20% dari kecepatan semula.

Menggunakan open DNS, kamu bisa mengikuti langkah-langkah sebagai berikut :

  • Buka Control Panel lalu pilih Network and Internet > Network and Sharing Center > Local Area Connection
  • Pilih Properties > Internet Protocol Ver. 4 > Properties
  • Ubah DNS > Prefered DNS: 208.67.222.222 > Alternate DNS: 208.67.220.220
  • Lalu klik Ok

Menggunakan DNS Google, kamu bisa mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

  • Buka Control Panel lalu pilih Network and Internet > Network and Sharing Center > Local Area Connection
  • Pilih Properties > Internet Protocol Ver. 4 > Properties
  • Isi Prefered DNS Server: 8.8.8.8
  • Isi Alternate DNS Server: 8.8.4.4

Mengaktifkan DNS Cache

Fungsi dari DNS Cache sama dengan penjelasan pada poin 5, bedanya adalah pada langkah ini kita mengaktifkan pengaturan DNS Cache pada regedit. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

Buka Notepad
Copy kode berikut ini ke dalam notepad :

[HKEY_LOCAL_MACHINESYSTEMCurrentControlSetServicesDnscacheParameters]
"CacheHashTableBucketSize"=dword:00000001
"CacheHashTableSize"=dword:00000180
"MaxCacheEntryTtlLimit"=dword:0000fa00
"MaxSOACacheEntryTtlLimit"=dword:0000012d&lt

Simpan notepad tersebut dengan nama dnscache.reg
Untuk mengaktifkan DNS Cache, double klik pada file dnscache.reg tadi.

Pilihlah Provider yang Kompeten

Pilihlah Internet Service Provider (ISP) yang sudah terbukti handal dan kompeten dalam memberikan penyediaan jaringan internet. Jangan mudah tergiur dengan promosi banting harga yang ditawarkan oleh ISP tertentu. Karena tentunya harga tidak bisa bohong. Harga yang agak mahal tentu akan sebanding dengan kualitas koneksi internet yang diberikan.

Gunakan Modem yang Memadai

Cara Mempercepat Koneksi Internet
Modem 4G Lte

Modem memiliki spesifikasi kecepatan koneksi yang berbeda-beda. Untuk mendapatkan kecepatan koneksi maksimal, gunakanlah modem yang spesifikasi kecepatan cukup besar. Untuk mendapatkan koneksi yang maksimal, saran saya, kamu harus menggunakan Modem yang support 4G. Karena kecepatan koneksi internet 4G bisa mencapai 100 Mbps

Gunakan Provider yang Belum Begitu Banyak Digunakan

Meskipun dikenal sebagai provider yang qualified dalam menyediakan koneksi internet, padatnya pengguna internet pada provider tertentu juga dapat menjadi penyebab lemotnya koneksi internet yang Anda gunakan. Untuk menghindari hal tersebut, cobalah untuk menggunakan jasa provider yang belum terlalu banyak digunakan oleh pengguna internet lainnya. Dengan demikian kamu masih berkesempatan untuk mendapatkan layanan internet dengan kualitas koneksi maksimal.

Gunakan Perangkat Komputer atau Gadget Berspesifikasi Tinggi

Jika semua Cara Mempercepat Koneksi Internet di atas sudah kamu lakukan dan ternyata tidak membantu meningkatkan koneksi internet kamu, mungkin kamu harus mempertimbangkan untuk meningkatkan spesifikasi perangkat komputer atau gadget kamu. Karena bila perangkat yang kamu gunakan memiliki RAM, prosesor dan harddisk berkapasitas rendah, maka hal ini akan mempengaruhi kecepatan koneksi internet yang bisa kamu dapatkan. Jadi, tak ada salahnya mempertimbangkan untuk mengganti komputer, laptop atau gadget ketika koneksi internet kamu sudah sangat lelet.

Silahkan komentar menggunakan akun anda

Tinggalkan Balasan