Komputer

Cara Memasang Kabel Jaringan Warnet Game Online

Untuk yang lagi nyari cara masang kabel jaringan warnet sendiri, Kamu berada pada tempat yang tepat. Karena kali ini aku akan ngejelasin bagaimana Cara Memasang Kabel Jaringan Warnet Game Online beserta gambar. Sebenarnya pemasangan kabel jaringan warnet cukup mudah jika dilihat, tetapi jika di coba lumayan ruwet. Perlu kesabaran dan kehati-hatian dalam pemasangan. Jika tidak hati-hati, bisa-bisa pekerjaan kamu akan sia-sia. semua kabel yang susah payah kamu pasang malah nggak jalan. Jika hal itu terjadi kamu perlu ngurut lagi terus nyari masalahnya ada dimana, atau masang kabel baru lagi. Nggak mau kan hal itu terjadi. So hati-hati and sabar. Jangan samakan kayak tukang pasang jaringan warnet yang sudah profesional.

Cara Memasang Kabel Jaringan Warnet Game Online

Sebelum melakukan pemasangan jaringan warnet, ada tiga hal yang perlu ketahui antara lain :

  1. Mengetahui dan mengerti topologi jaringan warnet yang benar
  2. Mengetahui Cara memasang jack/konektor kabel Lan
  3. Mengetahui Cara pengetesan jaringan dan mengetahui cara pemecahan masalah jaringan

Jika di baca sepertinya susah juga. Makanya kebanyakan pemilik warnet lebih milih Cara Memasang Kabel Jaringan Warnet Game Online yang gampang, yaitu manggil teknisi jaringan atau tukang pasang kabel jaringan warnet. Sekarang udah banyak teknisi jaringan yang bisa di percara ke ahlianya. Tetapi jika manggil teknisi tentunya kamu harus bayar dan sangat kurang praktis apabila sewaktu-waktu ada masalah pada jaringan. Jika kamu bisa dan mengerti bagaimana jaringan warnet itu, pastinya kamu bisa troubleshot/nyari titik masalahnya ada dimana.

1. Mengetahui dan mengerti Topologi jaringan Warnet

Pernah nggak kamu liat kalo kabel jaringan warnet itu banyak dan kelihatan ruwet harus nyari kabel itu larinya kemana. Tetapi apabila kamu tau topologi jaringan warnet yang benar, kamu nggak mungkin pernah berfikir kalau jaringan warnet itu susah ataupun ruwet. ini merupakan hal yang harus diketahui sebelum menerapkan Cara Memasang Kabel Jaringan Warnet Game Online. Jika di tuangkan dalam gambar, Topologi jaringan Warnet itu seperti gambar di bawah.

Cara Memasang Kabel Jaringan Warnet Game Online
topologi umum jaringan warnet

Gambar di atas ,erupakan tipe topologi jaringan warnet secara umum. Jaringan warnet yang lebih sederhana dan tanpa menggunakan mikrotik atau juga menggunakan Proxy server. Untuk melakukan pemasangan jaringan yang lebih sederhana saja sudah lumayan ribet, makanya belajar dari tipe jaringan yang lebih sederhana. jika kamu sudah mahir, barulah beralih ke sistem jaringan warnet menggunakan mikrotik. Sesuai dengan gambar di atas, tentunya kamu sudah tau bagaimana cara narik kabelnya dan juga kemana saja arah kabelnya.

2. Mengetahui cara memasang jack/konektor rj45 di ujung kabel.

Jika kamu sudah selesai menarik kabel sesuai topologi jaringan warnet sederhana di atas, untuk selanjutnya kamu harus mengetahui bagaimana cara masang jack rj45 yang benar. Jika kamu salah memasang bisa-bisa  jaringan tidak akan nyambung. Dan kamu harus ngulang lagi sampai semuanya berjalan dengan baik. Untuk bisa memasang jack/konektor Rj45 kabel Lan, ada beberapa perlengkapan yang harus kamu miliki antara lain :

  • Konektor RJ45 boleh yang Original ataupun yang OEM,Tetapi aku saranin kamu pakai konektor yang ori karena lebih mudah dalam mengkrimping kabelnya. dan tingkat kesuksesan dalam mengkrimping sangat besar. Terkadang menggunakan Konektor OEM, sering mengalami kegagalan. Kecuali kamu sudah mahir mengkrimping.
Cara Memasang Kabel Jaringan Warnet Game Online
Contoh Gambar Jack RJ45
  • Tang Krimping RJ45 untung mengkrimping, memotong dan mengupas kabel, Tang inilah yang memiliki peranan penting. Jika kamu nggak punya tang ini, tentunya kamu nggak akan bisa masang jack/konektor di ujung kabel. Aku saranin kamu beli tang krimping all in one. yang bisa dipakai untuk mengupas, memotong dan mengkrimping kabel.
Tang krimping
Contoh Gambar Tang Krimping

Jika kedua alat tersebut sudah siap, Kini saatnya kamu tau bagaimana urutan kabelnya yang benar. kare kabel LAN itu ada 8 urat kabel. Jadi urutannya harus benar. Dalam jaringan warnet, Tipe urutan Kabel standar EIA/TIA-568B yaitu ” putih orange, orange, putih hijau, biru, putih biru, hijau, putih coklat, coklat “ dan untuk kedua ujung kabel urutannya hampir sama. Untuk contoh susunan kabel tiap ujung, kamu bisa liat gambar di bawah.

Contoh pemasangan Kabel Lan
Contoh pemasangan Kabel Lan

pasanglah kabel sesuai dengat urutan di atas. Jika tidak, jaringan yang kamu pasang pasti tidak akan jalan. Jika sudah selesai melakukan crimping kabel atau masang jack/konektor rj45, sekarang saatnya melakukan test Kabel yang sudah kamu pasang.

3. Mengetahui Cara Pengetesan Jaringan

Sesuai dengan tahapan di atas tentunya semuanya sudah berjalan dengan baik. tetapi sebelum kamu memutuskan untuk melanjutkan ke tahap setting komputer klien, kamu harus test dulu apa kabel yang kamu pasang sudah benar apa belum. Untuk melakukan pengetesan kamu perlu satu alat lagi yang disebut Lan Tester.

Gambar Lan Tester
Contoh Gambar Lan Tester

Alat inilah yang akan menentukan apakah kabel jaringan yang kamu pasang sudah benar apa belum. kamu tinggal colok kedua ujung kabel ke alat tester tersebut. seperti contoh di gambar. Jika semua kabel sudah nyambung dengan benar maka kabel jaringan sudah bisa di pakai. Jika ada salah satu kabel saja tidak nyambung, kamu perlu ulangi lagi mengkrimping kabel.

Lumayan panjang lebar juga aku ngetiknya. yah itulah susahnya kalo masang kabel jaringan warnet. tapi lama kelamaan juga kamu akan terbiasa dan menganggap semua ini sangat mudah. Demikian dulu sharing aku mengenai Cara Memasang Kabel Jaringan Warnet Game Online . lain kali kalo aku punya ide baru lagi, pasti aku share disini. Terkadang kalo otak lagi buntu nggak kefikiran mau nulis apa. Terima kasih udah berkunjung dan membaca tulisan aku ini. Semoga bermanfaat untuk kamu.

Silahkan komentar menggunakan akun anda

Tinggalkan Balasan