Keamanan

VPN Server yang baik dan aman untuk berselancar internet

Pada jaman sekarang ini, internet bukan hanya sebagai hiburan, tetapi bisa juga digunakan sebagai tempat untuk berbisnis. Kalau hanya digunakan sebagai hiburan semata, sepertinya kemanan bukanlah hal yang penting. Tetapi, saat pemakaian internet untuk bisnis, keamanan sangatlah penting. Seperti yang kita ketahui, untuk meningkatkan keamanan di internet, perlu adanya sebuah VPN Server. Tetapi tidak semua VPN server itu aman Lho… Mau tahu VPN Server yang baik dan aman untuk berselancar internet.? Apa masih mau Pakai VPN server yang tidak aman, padahal vpn itu sangat beresiko.

VPN Server yang baik dan aman untuk berselancar internet

VPN Server yang baik dan aman untuk berselancar internet
Keamanan

Pengguna internet bisnis didunia hampir 90% menggunakan internet + VPN. sedangkan di indonesia mungkin baru sekitar 40% yang menggunakan VPN. Mungkin saja karena kurangnya pengetahuan kenapa harus memakai vpn dan apa saja nilai lebih yang bisa kita dapatkan jika menggunakan vpn. Bagi yang belum tahu apa itu vpn server dan yang lainya, silahkan membaca tulisan sebelumnya. Sedangkan untuk pengguna VPN, perlu juga mengetahui vpn server mana yang baik dan vpn server yang aman untuk internetan.

Sebelum kita lanjutkan, rasanya sangat perlu beberapa kriteria vpn yang kurang baik. Mungkin singkat saja saya jelaskan bahwa VPN server yang kurang baik adalah sebuah vpn server yang dibagikan secara gratis dan vpn server yang tidak menggunakan koneksi terenkripsi. Beberapa hal yang buruk mungkin saja terjadi apabila kita melakukan kepentingan bisnis pada sebuah VPN Gratisan. kemungkinan buruk penggunaan vpn gratis antara lain :

  1. Hacking password,
  2. Pencurian data pribadi,
  3. Phishing
  4. Pencurian akun.

Itulah kira kira beberapa kemungkinan yang buruk, dan bisa saja terjadi. mungkin saja hal itu sengaja dilakukan oleh penyedia, atau bisa juga dilakukan oleh pengguna vpn yang sama seperti kita. Karena share VPN Server, memungkinkan adanya chache password configuration di server. Untuk itulah perlu adanya sebuah pengetahuan mengenai VPN Server terutama bagi pemula untuk mengetahui dan mengenali jenis, jenis VPN server yang baik dan aman untuk internetan.

Kriteria VPN server tergolong Baik

Ada beberapa kriteria yang perlu dipertimbangakn saat kita memilih VPN server untuk bisnis kita antara lain :

  1. Menggunakan koneksi yang Terenkripsi
  2. Menggunakan dedicated ip dengan fresh ip.
  3. Tidak menyimpan history browsing maupun password
  4. Menggunakan Protokol OpenVPN SSL
  5. Di instal di Private Server / Server milik sendiri

Dari beberapa point penting di atas, mungkin hanya satu atau dua point terpenuhi, bisa mengurangi kekhawatiran kita saat menggunakan vpn server tersebut.

Menurut pengalaman, ada dua jenis VPN Server yang baik dan aman untuk berselancar internet yaitu VPN yang kita install di server VPS milik kita dan VPN server Premium yang kita beli di penyedia VPN server.

I. Menginstall Open VPN di VPS Server

Menginstall sendiri VPN server di VPS sangatlah menyenangkan sekaligus memberikan kita rasa aman. Selama VPS server kita menggunakan password root yang kuat, tentunya tidak akan mudah di terobos oleh hacker. Kenapa kita harus menggunakan Open VPN dengan OS linux ?. jawabanya ya karena keduanya memang gratis. Selain itu protokol Open VPN terbukti lebih aman dibandingkan  protokol yang lainya seperti PPTP, IP sec dan yang lainya.

Kelemahan dalam melakukan hal ini ya dalam hal teknis. instalasi Open VPN di VPS memerlukan dasar dasar pengetahuan jaringan. Kalau memang mau belajar dari awal, bisa saja. Silahkan membaca cara login vps dengan putty, kemudian cara mudah install open vpn, dan cara konek open vpn di komputer dan android.

II. Membeli VPN Server dari Penyedia VPN Premium.

membeli vpn premium

Kalau mau lebih mudah dan lebih gampang ya tinggal beli saja VPN yang sudah jadi. Tinggal Beli — > Konek — > Enjoy. Tetapi kadang kita bingung pilih VPN Provider yang murah dan berkualitas. Semua pilihan tergantung anda. mau pilih yang mahal juga tidak ada masalah. Kalau biasanya orang Bilang Kualitas berbanding lurus dengan harganya. Tetapi nggak ada salahnya Nyoba yang Murah tetapi berkualitas juga.

Jadi VPN Server apa Sih yang baik Untuk Personal dan Untuk Bisnis ?

Kalau diambil Kesimpulan dari penjelasan di atas, tentunya kriteria ataupun jenis VPN Server yang baik dan aman untuk berselancar internet adalah VPN Premium dan juga Open VPN di server VPS Milik kita. jika memilih VPN Premium, harus memperhatikan Keamanan Koneksi antara Komputer kita dengan VPN server. Pastikan VPN server memiliki jaringan yang sudah terenkripsi. Lalu untuk Open VPN yang kita instal sendiri, harus kita gunakan secara personal dan tidak dibagikan kepada teman.

 

Silahkan komentar menggunakan akun anda

Tinggalkan Balasan