Keamanan

Perbandingan antara VPN Server dengan proxy Server

Lebih nyaman, lebih mudah, dan tentunya sangat aman merupakan poin terpenting dalam memilih antara dua pilihan server proxy dan server vpn. Jika kita lihat Perbandingan antara vpn server dengan proxy server, kita akan menemukan beberapa perbedaan dan juga persamaan anatar kedua server tersebut. Mungkin saja masih banyak pengguna internet yang nggak tau apakah yang akan kita bahas. Untuk itu, alangkah bagusnya jika kita bahas dulu apa sih sebenarnya vpn server dan juga proxy server.

Apakah itu VPN Server ?

VPN Server ( Virtual Private Network ) merupakan sebuah Software yang di install pada sebuah Virtual Server yang menjembatani koneksi antara internet ke Komputer Klien. Komputer Klien ( Client)  atau komputer kita akan menyambung dulu ke VPN Server, Setelah itu VPN server akan meneruskan koneksi ke internet. Setiap Request Upload maupun Download dari internet akan di teruskan oleh VPN. Sehingga jika kita menggunakan VPN server, Ip yang dikenali saat kita mengakses sebuah situs adalah IP server VPN. dan IP kita yang sebenarnya tidak akan kelihatan.

Coba Perhatikan diagram jaringan VPN di bawah ini :

Dalam perkembangannya, VPN server digolongkan menjadi dua tipe. perbedaan antara dua vpn server ini digolongkan berdasarkan tipe penggunaan dan juga fungsinya.

1. Remote Access VPN

Remote Access VPN adalah server vpn yang memungkinkan pengguna terhubung ke jaringan pribadi melalui jaringan internet. Sambungan ini dilakukan secara aman ke server vpn. Remote Access VPN biasanya digunakan secara personal baik itu pegawai suatu perusahaan maupun pengguna rumahan.

Pengguna pegawai suatu perusahaan biasaya menggunakan VPN untuk menyambungkan koneksi publik ke koneksi private perusahaan. Sedangkan pengguna Rumahan biasanya menggunakan VPN untuk pembatasan wilayah negara, mengases situs yang diblokir.

Setiap pengguna VPN tentunya sangat sadar akan adanya privasi, keamanan dalam jaringan. untuk itulah Server VPN bisa menjawab keinginan pengguna internet di dunia.

2. Server to Server VPN

Istilah server to server VPN bisa juga disebut Router to Router yang terhubung melalui jaringan Internet yang dijembatani oleh sebuah Program VPN. Sistem ini biasanya digunakan oleh sebuah perusahaan yang mempunyai cabang perusahaan lainya di wilayah yang berbeda. Sistem ini mereka gunakan untuk memperlancar pengiriman data antar perusahaan dengan aman. Sistem router to router biasanya di bidang IT disebut sebagai jaringan Intranet.

Biasanya ada beberapa Router yang terhubung menjadi satu jaringan. Router – router ini ada yang bertindak sebagai Client Router, dan ada yang bertindak sebagai Server Router.

Apa itu Proxy Server ?

Proxy server adalah sebuah server atau komputer virtual yang sudah di install sebuah program/software proxy server sehingga virtual server/komputer server bisa meneruskan dan menyambungkan komputer client ke internet. Bisa di jelaskan seperti ini. Saat sebuah browser di Komputer Client melakukan request ke sebuah web server dan meminta sebuah halaman web, Request tersebut akan menuju Proxy server terlebih dahulu, kemudian Proxy server akan memeriksa penyimpanan history halaman ( Cache )  di server Proxy. Apabila halaman tersebut memang tersimpan, proxy server akan mengirimkan halaman diminta tanpa perlu memintanya ke web server yang dituju  Sementara jika memang halaman itu tidak ada di sitem penyimpanan Proxy server, baru proxy server meneruskannya ke web server.

Untuk lebih jelasnya mengenai Proxy, Coba lihat gambar di bawah :

diagram-koneksi-proxy-server

Proxy server bisa digunakan untuk keperluan Legal maupun Ilegal. Legal yang dimaksudkan adalah Untuk Fasilitas Pengamanan, Pemblokiran, dan juga Mengkontrol Cache. dalam penggunaannya secara personal, biasanya digunakan untuk meningkatkan privasi pengguna dan juga berselancar di internet sebagai anonim. Apabila digunakan dengan tidak benar, Proxy Server juga bisa digunakan untuk kepentingan peretasan, Hacking, maupun kepentingan ilegal lainya.

Perbandingan antara VPN Server dengan proxy Server

Mari kita perbandingkan mana lebih bagus. Bagusan pakai VPN Server apa Bagusan pakai Proxy Server. Jika melihat dari harganya, tentunya Kita lebih memilih proxy server. kenapa begitu, Karena proxy server relatif lebih murah. Tetapi jika berbicara kualitas, Beda cerita lagi. Untuk lebih jelasnya mari kita lihat table Perbandingan antara VPN Server dengan proxy Server di bawah.

 Fitur Unggulan

VPS Server

Proxy Server

 1. Browsing secara anonim ya  ya
 2. Membuka Situs yang diblokir ISP ya  ya
3. Meningkatkan keamanan saat akses jaringan internet ya  Hanya browsing
4. Melindungi data pribadi dari hacking ya  Hanya Browsing
5. Menyembunyikan ip kita yang sebenarnya ya  Hanya Browsing
6. Mempercepat Browsing dengan Server Chaching Tidak ya

Setelah kita melihat perbandingan di atas, tentunya kita mengetahui perbedaannya cukup signifikan. Tetapi jika dilihat dengan cermat, sebenarnya keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan. Jika kita memang memerlukan keamanan saat melakukan browsing saja, kita bisa menggunakan proxy server. selain lebih murah, proxy server juga mempunyai fitur chaching server. cahching ini akan membantu kita mempercepat koneksi internet. karena jika halaman atau file yang kita minta sudah ada di proxy server, maka server tidak perlu meneruskannya ke web server tempat halaman itu berada.

Kenapa Kita Perlu menggunakan VPN Server atau Proxy server ?

Jika pertama kali mendengar VPN server dan Proxy server, tentu kita tidak akan tahu. Kenapa banyak pengguna internet membicarakan tentang VPN dan Proxy server. Anda tidak perlu belajar IT maupun kursus secara mengkhusus untuk mengetahui semua tentang VPN Server ataupun Proxy server. Cukup mencari informasi dan mencobanya secara langsung.

Kebutuhan akan akses internet di indonesia sangatlah tinggi. Apalagi di dunia digital seperti sekarang ini, Semua hal yang kita perlukan pasti ada di internet. Tetapi tahukan anda, dari segala jenis keuntungan yang diberikan sejak adanya internet, kejahatan juga banyak ada di internet. Jika nggak mau kehilangan data pribadi penting, mulailah belajar menggunakan VPN atau Proxy. Informasi Lainya tentang VPN Server dan Proxy Server bisa anda baca di deretan artikel di bawah.

Silahkan komentar menggunakan akun anda