Keamanan

Kenapa Kita Harus Menggunakan VPN Server

Berbicara masalah VPN server, perlu kita ketahui alasan kenapa kita harus menggunakan vpn server, dan apa saja manfaatnya. Hal ini memang sangat erat kaitanya dengan keamanan berselancar di internet dan mengoptimalkan penggunaan internet dengan mudah. vpn server memang menjadi sebuah jawaban, atau bisa dibilang sebagai alternatif bagi mereka yang ingin memperoleh kebebasan dan kenyamanan kemanapun mereka mengakses internet. Baik itu di tempat umum, maupun di tempat kerja kita. Bisa dibilang, vpn server itu adalah sebuah jalan pintas menuju tempat yang kita inginkan. Dimana jalan pintas ini tidak dilalui oleh siapapun. tidak seperti akses internet pada umumnya.

Perlu kita ketahu, internet bukanlah tempat yang aman lagi seperti dulu. Semakin berkembangnya teknologi, semakin meningkat pula tindak kejahatan yang mungkin saja terjadi. Seperti halnya tindak kejahatan pencurian data pribadi, peretasan, dan bahkan penyebaran virus sangat mudah terjadi di dunia maya. akses jaringan internet yang tidak terbatas membuat siapapun dengan mudahnya terhubung satu sama lainya tanpa terhalang ruang dan waktu.

Lalu apa itu VPN server ?

Sebelumnya mungkin sudah dijelaskan dalam tulisan mengenai perbandingan antara vpn server dan proxy server. Tetapi nggak ada salahnya juga dijelaskan dan ditekankan lagi dalam tulisan ini. Mungkin bahasanya sedikit berbeda dengan tulisan sebelumnya. tetapi maknanya tetap sama.

Kenapa Kita Harus Menggunakan VPN Server
Ilustrasi vpn server

VPN adalah sebuah server yang menghubungkan internet global dengan pengguna internet. Pada umumnya jika kita mengakses internet, ( device ) komputer, gadget  kita akan terhubung ke lokasi tempat yang kita tuju. Berbeda dengan pengguna yang memakai VPN. Device akan terhubung dulu ke VPN server sebelum menuju ke tempat tujuan. Sehingga koneksi antara device kita ke vpn server bersifat private. koneksi private inilah yang membuat kita lebih leluasa mengakses internet tanpa perlu khawatir tentang hacking, maupun block yang dilakukan ISP yang kita gunakan.

Hal yang paling penting kita ketahui tentang VPN.

Vpn akan mengamankan koneksi internet baik melalui komputer, android, maupun apple menjadi lebih aman dan terenkripsi baik dari data yang kita kirimkan maupun data yang kita terima melalui internet.

Entah anda mengerti atau tidak tentang cara kerja vpn yang ditawarkan. Baik ditawarkan oleh rekan anda maupun rekan bisnis anda. Tetapi ketahuilah, bahwa vpn server sangatlah aman selama satu vpn server di gunakan oleh kita sendiri dan tidak bersifat umum.

Kenapa Kita Harus Menggunakan VPN Server

kenapa dan kenapa ? itulah pertanayaan yang paling pertama di uatarakan oleh seseorang ketika banyak yang sedang membicarakan hal hal yang baru. Selain masalah definisi, fungsi dan kegunaannya tentu haruslah jelas. Barulah kita mau mencoba sesuatu. Saat kita membahas masalah pertanyaan kenapa kita harus menggunakan VPN Server, pastilah jawabanya akan dikelompokan menjadi beberapa kategori dan tipe pengguna internet.

Jika dijawab dari beberapa sudut pandang yang berbeda, maka bisa dijelaskan alasan menggunakan VPN server seperti ini :

1.Pekerja / Mahasiswa

manfaat vpn bagi pelajar

Seseorang pengguna dalam kategori bisnis seperti Pegawai swasta, Freelance, Web Developer dll. Jika mereka ditanya kenapa dalam segi bisnis perlu menggunakan VPN server ? jawabanya pastilah beranekaragam juga seperti ;

  • Mengakses data perusahaan melalui jaringan internet. Biasanya jaringan komputerisasi dan sharing data yang diterapkan di sebuah perusahaan yang cukup maju, akan menerapkan sistem private network. yang artinya jaringan internal tidak akan mudah tersambung melalui jaringan publik. sehingga diperlukan sebuah server vpn khusus untuk bisa mengubah jaringan publik menjadi jaringan private.
  • Melindungi data pribadi penting saat bekerja di luar kantor.
  • Membuka atau membebaskan koneksi dari pemblokiran yang dilakukan oleh koneksi internet kampus.
  • Mengakses data internal  sekolah maupun kampus yang dilindungi oleh beberapa pembatasan akses masuk.

2.Gammer

Teman kita yang suka main game online mungkin sering menggunakan VPN. Kenapa ya ? apa anda tahu bahwa dalam peraturan sebuah operator game online, setiap server di sebuah negara akan berbeda – beda. jadi jika kita ingin main game online versi indonesia saat berada di luar negeri, kita perlu VPN dengan IP indonesia biar kita bisa bertemu dengan para gamer indonesia. Kurang lebih seperti itu. Jadi itulah salah satu alasan kenapa para gammer menggunakan VPN.

3. Downloader

Apa kamu seorang Downloader ? apa kamu suka mendownload konten – konten legal maupun ilegal ?. Jika memang benar, pastinya kamu nggak mau ketahuan kalau sampai IP kamu ketahuan dan di tuntut karena menggunakan konten ilegal. VPN server bisa membuat kamu tidak ketahuan saat mendonload karena IP kamu nggak bakalan kelihatan. yang kelihatan hanyalah ip VPN saja.

4. Penggemar Film Dewasa ( b*kep )

Di indonesia, semua ISP patinya akan melakukan pemblokiran situs – situs dewasa yang berbau – bau b*kep. Hal ini menyebabkan penggemar film dewasa tidak bisa mengkses situs tersebut. Kalau menggunakan VPN, tidak ada pembatasan sama sekali. Tetapi tergantung Lokasi server VPN kita. Jika masih menggunakan VPN indonesia, ya sama saja. Makanya gunakanlah server VPN di negara lain yang membebaskan penggunaan internet untuk membuka film – film dewasa.

Bagaimana menurut Kamu ? jika memang memerlukan tingkat keamanan yang lebih tinggi dlam mengakses internet, Rasanya penggunaan VPN sangat disarankan. Masih ada yang kurang jelas ? Kalau begitu lanjut membaca tentang VPN server.

 

Kesimpulannya :

VPN server memang tergolong Cukup mahal. Mungkin sekitar 2 USD – 10 USD Tiap bulanya. Tetapi jika dibandingkan dengan Fitur yang ditawarkan, Rasanya sangat murah sekali. Coba saja jika kita main itung – itungan. Satu VPN server itu hampir sama dengan komputer seharga 2 juta rupiah. Ditambah lagi koneksi internet yang kenceng kira – kira seharga 1 juta rupiah tiap bulanya. Belum lagi harus menginstal VPN server. Wah.. bisa di bayangkan besarnya biaya yang harus kita keluarkan jika bikin Server VPN dirumah.

Silahkan komentar menggunakan akun anda

Tinggalkan Balasan