Keamanan

Kenapa Kita Harus Menggunakan Proxy server

Saat kita bekerja pada perusahaan yang cukup besar, pasti kita temukan sebuah jaringan internet yang dibatasi oleh sebuah proxy server. Proxy server ini akan membatasi kita melakukan hal – hal umum di internet seperti mengakses facebook, twitter, dan juga website umum lainya yang tidak berhubungan dengan pekerjaan kita. Lalu apa yang harus kita lakukan biar kita bisa mengakses website – website yang di blokir ?. Jawabanya adalah dengan menggunakan Proxy Server juga. Jadi itulah alasanya kenapa kita harus menggunakan proxy server pada jaringan internet yang diblokir. Itu hayalah salu satu manfaat dalam penggunaan proxy server.

Kenapa Kita Harus Menggunakan Proxy server
Jaringan Proxy server

CATATAN 1. Dalam hal pembatasan akses, Sebuah proxy tidak akan bekerja jika akses ke IP Proxy Server yang kita gunakan juga dibatasi. Sehingga perlu cermat dalam memilih proxy server yang terbaik untuk jaringan tempat kita menggunakannya.


CATATAN 2. Karena Proxy server memiliki banyak tipe dan kegunaan, Kita hanya akan membahas fungsi dan kegunaan proxy server secara umum.


I. Pemahaman Tentang Proxy Server

Seperti yang sudah kita bahas dalam tulisan sebelumnya tentang perbandingan antara proxy server dengan vpn server, disana sudah dijelaskan apa itu proxy server. Proxy server adalah sebuah server atau komputer yang bertindak sebagai perantara atau penghubung antara komputer kita dengan intenet global. Proxy server membuat komputer kita terhubung ke internet secara tidak langsung. Saat komputer kita menggunakan proxy server, komputer kita akan terhubung ke server proxy terlebih dahulu dalam meminta beberapa sumber data seperti web, mp3,game, video maupun file lainya di internet.Setelah mendapatkan permintaan, Proxy server akan mencari sumber data tersebut di Cache hardisk internal sever. Jika memang file itu ada di hardisk server proxy maka proxy server akan mengambilkanya dari penyimpanan internal tanpa perlu terhubung ke internet. Jika tidak ada di cache server, barulah server proxy akan mengambilkanya di internet sesuai dengan permintaan komputer klien.

II. Kenapa Kita Harus Menggunakan Proxy server

Secara umum proxy server banyak digunakan untuk berbagai keperluan. seperti mempercepat koneksi internet, menyembunyikan IP publik kita, menerapkan pembatasan akses internet, mengakses sumber daya internet yang diblokir dan sebagainya. di bawah ini, akan kita bahas secara umum kenapa kita harus menggunakan proxy server.

 a. Mengontrol Penggunaan Internet

Salah satu alasan kenapa banyak perusahaan menggunakan proxy server dalam jaringan mereka adalah untuk bisa mengontrol penggunaan internet. Operator ataupun IT di sebuah perusahaan akan melakukan beberapa pembatasan akses di dalam server proxy agar semua karyawan tidak bisa leluasa menggunakan koneksi internet untuk kepentingan pribadi mereka pada saat jam kerja.

b. Berbagi Koneksi Internet melalui LAN/Wireless

Seperti apa yang sudah dilakukan di beberapa perusahaan, untuk melakukan pembatasan secara tidak langsung di browser komputer karyawan, komputer klient karyawan akan di konekan dengan server proxy lokal. server proxy yang memiliki pembatasan ini juga bertugas untuk membagi koneksi ke komputer lainya.

c. Menghemat Bandwith dan meningkatkan Kecepatan Internet

Alasan lainya kenapa kita harus menggunakan proxy server adalah untuk menghemat bandwith dan meningkatkan kecepatan akses internet.Begitu juga yang dilakukan pada sebuah perusahaan. Proxy server membantu mereka menghemat bandwith saat semua karyawan mengakses halaman yang sama dalam waktu yang bersamaan. pastinya halaman itu sudah tersimpan di hardisk lokal server proxy. jadi server proxy tidak perlu mengambilnya lagi ke internet. dan dengan cepat meneruskanya ke pengguna lainya yang meminta halaman yang sama. Saat ini terjadi, serasa memiliki kecepatan internet yang sangat tinggi.

d. Menyembunyikan IP address, alamat, dan informasi lainya

Saat kita mengakses internet secara langsung, sebuah server web akan mengetahui  ip address kita, browser yang digunakan, serta lokasi tempat kita mengakses internet. Hal ini tidak akan terjadi jika kita mengakses internet melalui proxy server.karena proxy server akan menyembunyikan IP address kita sepenuhnya dan tentunya lokasi kita sebenarnya tidak akan diketahui. hanyalkah lokasi proxy server yang terlihat.Itulah sebabnya kenapa kita harus menggunakan proxy server saat ingin surfing internet sebagai anonim.

e. Membuka website yang diblokir oleh ISP maupun Oleh Server Proxy lainya

Saat sebuah akses dibatasi oleh ISP maupun oleh Proxy server, Sebuah proxy server juga akan membuka akses tersebut. seperti contohnya saat kita mengakses internet di perusahaan yang memblokir akses situs facebook, twitter dan yang lainya, kita bisa mengaksesnya dengan menggunakan proxy server.

d. Meningkatkan Keamanan

Sebuah proxy server terenkripsi akan meningkatkan keamanan akses internal maupun external proxy. itulah mengapa perlu menggunakan server terenkripsi.

Tetapi ketahuilah bahwa tidak semua keamanan yang di tawarkan proxy server bisa kita dapatkan. sebagai contoh. saat kita menggunakan proxy server yang tidak dienkripsi ( unencrypted ), proxy server bisa saja mengarahkan kita web fishing ataupun web yang mengandung malware.

III. Kesimpulan

Mungkin sudah kita ketahui dari penjelasan di atas kalau proxy server bisa menimbulkan hal yang baik dan juga bisa memberikan kita sebuah masalah besar.Hal ini tergantung bagaimana cara menkonfigurasi proxy tersebut dan oleh siapa proxy tersebut di kelola. Jika memang proxy server itu dibangun oleh kita sendiri, pastikan mengenkripsi server proxy kita dan mengkonfigurasi server dengan benar. Apabila tidak mau repot membuat server proxy sendiri, kita bisa memanfaatkan penyedia proxy server yang terpercaya. dan pastikan semua data yang tersimpan di cache tidak bisa mereka akses.

Silahkan komentar menggunakan akun anda

Tinggalkan Balasan