Design

Perbedaan template wordpress gratis sama template premium

Wah ketemu lagi di celotehan aku yang kedua. Kali ini aku akan coba membeberkan apa saja sebenarnya perbedaan template wordpress gratis sama template premium atau template berbayar. Jika kita telusuri di google, banyak banget template wordpress yang di buat oleh web designer terkenal di dunia. Ada yang gratis dan ada yang premium. Kalo dilihat dari design, template wordpress gratis banyak juga yang keren, nggak kalah sama yang premium. Tetapi kenapa masih ada yang beli template premium ya.. ? Kenapa nggk nyari yang gratis aja. He.. 🙂

Kalo aku bandingin kebiasaan orang luar atau bule, mereka itu nggak mempermasalahkan harga atau jumlah uang, yang mereka perlukan adalah kualitas dan layanan. Sangat berbanding terbalik sama kebanyakan orang indonesia. Aku bilang kebanyakan ya bukan semuanya. Jangan tersinggung dulu. He.. orang indonesia kebanyakan lebih suka kuantitas ketimbang kualitas. Dan juga maunya bayar murah tapi dapet pelayanan yang bagus. Sama halnya juga dengan template wordpress, banyak bule lebih milih beli template ketimbang download gratis. Alasanya ya simple saja, mereka mau pelayanan atau support atas template yang mereka beli. Nah itu salah satu perbedaan template wordpress gratis sama template premium. Perbedaan lainya apa saja ya..?

Perbedaan template wordpress gratis sama template premium

Perbedaan template wordpress gratis sama template premium

Tema atau template wordpress dan tema premium memiliki 4 perbedaan yang signifikan. Sebenarnya masih banyak perbedaan yang bisa ditemukan, tetapi menurut aku, perbedaan yang paling mendasar antara lain :

Clean code atau clean script

clean code wordpress theme

Ini merupakan perbedaan template wordpress gratis sama template premium  yang tidak kelihatan. Bagi para web developer mungkin bakalan tahu apa yang aku maksud dengan clean template code atau clean script. Dalam template wordpress gratisan terkadang di selipkan dengan kode – kode rahasia yang kita tidak tahu. Ada kode yang berbahaya dan ada juga yang tidak berbahaya. Dari sekian template gratis yang aku coba, pernah aku lihat template itu melakukan redirec sendiri ke situs pembuat templatenya. Hal ini bisa membuat rangking situs kita jadi menurun. Saran aku jangan ngelihat template gratis dari tampilanya yang menarik, tapi lihat dari mana si designernya.
Jika di bandingkan dengan template premium, template premium lebih mengutamakan design dan seo. Selain itu code yang mereka gunakan sangat bersih. Jika kalian beli template premium, aku saranin kalian coba beli di situs themeforess evanto market. Disana template yang di jual di uji terlebih dahulu oleh evanto team sebelum di luncurkan ke pasaran. Jadi kualitas thema di jamin bersih.

Support dan dukungan pengguna template.

Dukungan yang di maksud adalah dimana saat terjadi bug atau error pada saat template itu kita install di situs wordpress kita. Template gratis biasanya tidak memiliki dukungan pengguna. Jadi saat ada error atau bug, kita harus bisa memperbaikinya sendiri.
Sangat berbeda dengan template premium. Saat terjadi bug kita bisa melapor ke pembuat template bahwa terjadi bug, dan si pembuat template akan memperbaikinya dan membantu kita menyelesaikan erro tersebut. Biasanya support untuk template premium hanya sekedar perbaikan bug dan perbaikan deaign. Untuk custom design, itu bisa kamu lakukan sendiri.

Template update

Yang sangat kelihatan perbedaan template wordpress gratis sama template premium adalah masalah update template. Update template itu ada hubunganya dengan support atau dukungan pelanggan di atas. Karena CMS wordpress terkadang sering melakukan Update, makanya Template dan juga plugin harus di update juga. Template gratis biasanya  sangat jarang dan bahkan tidak di update sama sekali. Tergantung yang buat templatenya. Kalau lagi males karena nggk dapet donasi bisa bisa template nggak di update – update sama dia.
Jika kamu beli template premium, kamu akan mendapatkan pemberitahuan update terbaru dan bahkan update otomatis melalui admin dashboard wordpress kamu. Ya kamu nggk perlu mikir – mikir lagi, kalau ada update wordpress terbaru pasti bakalan di rilis update template premium wordpress yang baru juga.

Plugin premium gratis

Kemarin aku sempat beli sebuah template premium gratis, namanya royal template. Dalam template ini aku dapet banyak banget plugin premium gratis tanpa perlu beli lagi. Jadi itung itung ngirit pengeluaran. Jadi balance paypal nggak kekuras. He..
Kalau template qordpress gratis nggak mungkin di kasi plugin premium gratis, paling – paling di suruh install plugin gratis.

Kesimpulannya.

Setiap layanan template premium selalu memberikan design dan juga support yang baik kepada pembeli template. Mengingat banyaknya pesaing yang memiliki design yang nggak kalah bagusnya. Bagi pengguna situs wordpress ataupun yang baru membuat situs wordpress, aku saranin untuk membeli template premium jika kalian ngak mau repot nguruain masalah bug atau error. Kalau di bandingin dengan designya, harga 30 – 70 USD untuk satu template wordpress tergolong murah. Karena jika kalian di suruh buat atu template atau nyuruh orang buatin template, biayanya bisa mencapai 200 – 1000 USD. Coba deh berfikir dua kali dulu. Beli template itu sama halnya investasi.

Kalau kamu adalah blogger pemula dan nggak mau ngabisin banyak uang, mending piluh template gratis yang bersih dan populer di pakai oleh pengguna wordpress di seluruh dunia. Karena semakin populer template itu, forum support juga pasti bakalan rame. Jadi kalau kamu ada masalah masih ada yang bakalan bantu kamu. Tetapi tetep saja semuanya harus kamu lakukan sendiri. Dari menelusuri dan mencari masalah bug code, sampai perbaikan bug itu kamu lakukan sendiri ya,.!!

Silahkan komentar menggunakan akun anda

Tinggalkan Balasan