Web Hosting

Cara membeli domain dan hosting untuk website

Pasti kalian pernah dengar yang namanya domain dan hosting. Bagi yang belum tau sama sekali apa itu domain dan juga hosting, mungkin bisa membaca ertikel tentang apa itu domain dan apa itu hosting. Setelah mengerti, barulah lanjut membaca bagaimana cara membeli domain dan hosting untuk website atau blog kamu. Domain dan hosting sangat diperlukan dalam membangun sebuah website maupun blog. Jika salah satunya tidak ada, website kemungkinan tidak akan optimal ataupun tidak akan bisa di buat.

Website sekarang sudah menjadi bagian dari sebuah kebutuhan dan keperluan kita. Baik untuk bisnis, maupun untuk sekedar mempromoaikan tulisan atau buku yang kita miliki. Website dan blog itu sangat berbeda. Jika website itu lebih pada company profile atau informasi suatu produk. Sementara blog itu berisi sekumpulan artikel yang di pisahkan menjadi beberapa kategori dalam sebuah situs blog. Baik website atau blog perlu domain dan hosting.

Adakah domain gratis dan juga hosting gratis.?

Jika kamu berniat membuat website atau blog dengan modal yang minim, bahkan tanpa modal, mungkin kamu akan mencari domain gratis dan hosting gratis. Sepengetahuan aku, domain gratis itu tidak ada, tetapi subdomain gratis itu ada. Seperti blogspot.com, wordpress.com, jimdo.com, dll. Kalau hosting gratis itu ada, kamu bisa medapatkan hosting gratis yang di sediakan oleh beberapa penyedia hosting seperti blogger.com, wordpress.com, idhostinger.com, dan masih banyak yang lainya.
Hosting boleh saja gratisan. Tapi aku saranin mending untuk domainya harus kita beli atau sewa tiap tahunya. Karena domainlah yang pastinya paling kelihatan. Apa itu gratis ataupun berbayar.

Cara membeli domain dan hosting untuk website

Jika memang kamu ingin membeli domain dan juga hosting, kamu bisa membelinya dengan mudah. Tetapi pastikan kamu memiliki badget tiap tahunya. Karena domain dan hosting itu bayar tiap tahun. Domain dan hosting bisa kita beli dipenyedia hosting mana saja. Baik itu dalam negeri maupun luar negeri. Cuma untuk domain id atau domain indonesia, hanya bisa di beli di penyedia hosting indonesia.
Membeli paket domain dan hosting di indonesia cukup mudah. Karena pembayaran bisa dilakukan dengan transfer bank. Jika membeli di luar indonesia, paling tidak kamu harus punya akun paypal dan juga saldo paypal. Sebagai contoh, aku kasi tahu cara membeli hosting dan domain di indonesia.

Cara membeli domain dan hosting di indonesia

1. Masuk ke salah satu situs penyedia hosting yang cukup populer di indonesia yaitu Niagahoster.

2. Lakukan pengecekan domain yang kita inginkan. Pastikan domain itu tersedia dan tidak dimiliki oleh orang. Kemudian pilih ekstensi domain mau (dot)com, (dot)net, apa (dot)co.id. sebagai contoh membeli domain ( namaperusahaanku.com ). Coba perhatikan gambar di bawah.

niagahoster-sc1
Cara membeli domain dan hosting untuk website

niagahoster-sc2

3. Pilihlah paket hosting yang kamu inginkan. Paket hosting di niaga hoster itu ada 3 jenis. Untuk pelajar, personal, dan juga bisnis. Pilihlah sesuai budget kamu. Dalam contoh saya memilih paket pelajar. Perhatikan gambar di bawah.

Cara membeli domain dan hosting untuk website

 

4. Setelah memilih paket, kamu akan masuk ke halaman konfirmasi hosting dan domain yang kamu pilih. Contohnya seperti di bawah. Kemudian klik lanjutkan.

niagahoster-sc4

5. Setelah itu akan muncul rincian pembayaran dan total pembayaran paket yang harus kamu bayar. Kemudian tekan Checkout.

niagahoster-sc5
Cara membeli domain dan hosting untuk website

6. Setelah itu, isi data – data yang diminta, seperti nama, alamat dan lain sebagainya.

niagahoster-sc6

7. Pilih metode pembayaran yang kamu inginkan. Mau transfer bank, atau pakai uang elektronik. Lalu centang setuju dengan syarat dan ketentuan. Terus klik checkout sekarang.

niagahoster-sc7

8. Jika semuanya sudah lengkap. Dan semua order sudah di konfirmasi oleh sistem, lakukan pembayaran ke rekening niagahoster. Tunggu proses konfirmasi pembayaran selesai.

Sampai disini Cara membeli domain dan hosting untuk website di niagahoster sudah selesai. Sekarang tinggal menunggu order kamu di proses dan siap. Jadi kamu nantinya akan di kasi user dan password masuk cpanel. Setelah itu tinggal lanjut ke tahap cara pembuatan website yang cukup mudah menggunakan website builder. Atau menginstall wordpress dengan mudah. Semoga membantu bagi yang belum mengerti cara membeli domain dan hosting untuk website yang akan kita buat.

Silahkan komentar menggunakan akun anda

Tinggalkan Balasan