Kesehatan

Tips Mencegah Penyakit jantung

Mengubah kebiasaan makan yang tidak sehat memang sulit, tapi mulailah belajar dengan strategi diet untuk mendapatkan jantung yang sehat.Tulisan aku kali ini dalam kategori kesehatan, Tips mencegah penyakit jantung. Banyak yang bilang kalo sakit jantung itu penyakit orang kaya, tapi tidak jarang juga orang yang hidup sederhana terkena penyakit jantung. Sakit Jantung yang paling umum di Alami adalah PJK ( Penyakit Jantung Koroner ).

Penyakit jantung koroner (PJK) adalah penyakit jantung yang disebabkan penyempitan arteri koroner, mulai dari terjadinya aterosklerosis (kekakuan arteri) maupun yang sudah terjadi penimbunan lemak atau plak (plague) pada dinding arteri koroner, baik disertai gejala klinis atau tanpa gejala sekalipun. Dalam Tips mencegah Penyakit Jantung, setidaknya ada 8 cara diet untuk mencegah penyakit jantung. Meskipun banyak orang tahu bahwa makanan tertentu dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, tetapi sering sulit untuk mengubah kebiasaan makan tersebut. Mengetahui makanan yang baik dan membatasi porsi makan, maka dapat melindungi jantung dari penyakit jantung.

Tips Mencegah Penyakit jantung

Adapun Tips Mencegah Penyakit jantung yaitu dengan melakukan 8 cara diet untuk mencegah penyakit jantung antara lain :

1. Batasi lemak jenuh dan kolesterol

Tips Mencegah Penyakit jantung - mengurangi-mengatur-kolesterol
Tips Mencegah Penyakit jantung

Membatasi berapa banyak lemak jenuh dalam makanan yang dikonsumsi adalah langkah yang paling penting untuk mengurangi kolesterol darah dan mengurangi risiko penyakit arteri koroner. Tingkat kolesterol pada darah yang cukup tinggi dapat menyebabkan penumpukan plak di arteri, yang disebut aterosklerosis. Aterosklerosis dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.
Cara terbaik untuk mengurangi lemak jenuh adalah untuk membatasi jumlah lemak padat, seperti mentega, mengurangi jumlah lemak jenuh dengan memotong lemak dari daging atau memilih daging yang memiliki kurang dari 10 persen lemak. Bisa juga memeriksa beberapa label makanan atau makanan ringan, yang dibuat dengan minyak yang mengandung lemak jenuh.
Pilih jenis lemak tak jenuh, seperti minyak zaitun atau minyak canola. Lemak tak jenuh juga ditemukan dalam kacang-kacangan dan biji-bijian, yang dapat menjadi pilihan yang baik untuk diet jantung sehat.

2. Pilihlah sumber protein yang low fat (rendah lemak)

Tips Mencegah Penyakit jantung - sumber-protein-yang-low-fat
Tips Mencegah Penyakit jantung

Ikan merupakan alternatif yang baik sebagai pengganti daging tinggi lemak. Beberapa jenis ikan dapat membuat jantung lebih sehat karena kaya akan omega 3, yang dapat menurunkan lemak darah yang disebut trigliserida. Sumber omega 3 tertinggi ditemukan dalam ikan air dingin, seperti salmon, mackerel dan herring. Sumber-sumber lain adalah biji rami, kenari, kedelai dan minyak canola.

3. Makan lebih banyak sayuran dan buah-buahan

Tips Mencegah Penyakit jantung - sayuran
Tips Mencegah Penyakit jantung

Sayuran dan buah-buahan merupakan sumber vitamin dan mineral, mereka rendah kalori dan kaya serat makanan. Sayuran dan buah juga mengandung zat yang ditemukan dalam tumbuhan yang dapat membantu mencegah penyakit kardiovaskular.

4. Tambahkan biji-bijian ke dalam menu sehari-hari

Tips Mencegah Penyakit jantung - kacang-kacangan
Tips Mencegah Penyakit jantung

Biji-bijian merupakan sumber yang baik dari sumber serat dan nutrisi lainnya yang berperan dalam mengatur tekanan darah dan kesehatan jantung. Untuk meningkatkan diet jantung sehat juga dapat menggunakan produk biji-bijian olahan.

5. Kurangi sodium (garam) dalam makanan

Makan dengan kandungan natrium tinggi dapat berkontribusi menyebabkan tekanan darah tinggi, yang merupakan faktor risiko untuk penyakit kardiovaskular. Mengurangi natrium merupakan bagian penting dari diet jantung sehat.

6. Mengontrol porsi makanan

Mengontrol ukuran porsi juga memainkan peranan penting untuk jantung sehat diet.

7. Buat menu sehari-hari

Membuat menu sehari-hari menggunakan enam strategi yang tercantum di atas.

8. Biarkan diri Anda tidak mematuhi aturan-aturan dari diet sekali-sekali

Sejumlah permen atau keripik kentang tidak akan membuat Anda langsung mengalami serangan jantung.

Silahkan komentar menggunakan akun anda

Tinggalkan Balasan