Kesehatan

Tips Membedakan Flu dan Pilek

Kali ini saya akan mencoba memberikan tips membedakan flu dan pilek. Karena sebagian orang masih mengira penyakit influenza dan pilek adalah sama. Nyatanya, ada beberapa perbedaan jelas yang memisahkan keduanya, dan yang membuat efek influenza lebih berat dibanding pilek. Flu dan pilek biasanya muncul pada saat perubahan cuaca dari cuaca panas ke cuaca dingin, dan paling banyak muncul pada musim hujan. Flu dan pilek ini merupakan penyakit musiman yang sering di derita oleh semua orang di seluruh dunia. Agar anda tidak salah menafsirkan antara flu dan pilek, silahkan membaca dan menyimak dengan baik.

Tips Membedakan Flu dan Pilek

Perbedaan Bagian Tubuh yang di serang Flu dan Pilek

Pilek biasanya menyerang area sekitar hidung dan pernafasan, sedangkan flu menyerang seluruh organ tubuh. Jadi, apabila penderita pilek akan merasakan hidung tersumbat dan sakit tenggorokan, penderita pilek sebaliknya. Mereka justru merasakan demam dahulu yang kemudian diikuti sakit tenggorokan dan hidung tersumbat beberapa hari kemudian. Lebih buruk lagi, penderita flu akan merasakan kelelahan dan pegal pada seluruh tubuh. Pilek Merupakan penyakit menular yang di sebabkan oleh virus yang masuk melalui saluran pernapasan kita. Lebih dari dua ratus virus bisa menyebabkan pilek. Flu juga merupakan penyakit menular yang di sebabkan oleh virus, tetapi jenis virus yang menyebabkan flu berbeda dengan penyebab pilek.

Perbedaan gejala Penderita Flu dan Pilek

perbedaan-cara-mengobatti-flu-dan-pilek
Tips Membedakan Flu dan Pilek

Perbedaan lainnya adalah, suhu tubuh penderita flu bisa menjadi sangat tinggi karena demam sedangkan penderita pilek umumnya tidak akan merasakan hal yang sama. Terkadang, pada anak-anak, flu bisa menyebabkan mual, muntah, dan diare. Gejala-gejala ini tidak dirasakan oleh penderita pilek.
Energi yang terkuras karena sakit flu dan pilek pun berbeda. Pilek tidak akan terlalu mempengaruhi aktifitas seseorang karena tidak mengurangi energi orang tersebut. Sedangkan, influenza dapat menyebabkan seseorang sangat kelelahan sehingga tidak mampu beraktifitas. Penyembuhan sakit pilek pun relatif lebih singkat dibanding flu.

Perbedaan cara Mengobati Flu dan Pilek

Untuk penderita flu biasanya harus mendapatkan perawatan yang serius, karena penyakit flu menimbulkan gejala yang cukup serius. sedangkan pilek biasanya akan hilang dengan alami hanya dengan banyak minum air putih, makan makanan sehat, dan bila perlu minum obat pilek. sangat penting mengetahu perbedaan kedua penyakit ini, karena sebenarnya penyakit ini berbeda, jadi cara mengobatinyapun pasti berbeda.

Tips Membedakan Flu dan Pilek - paracetamol-untuk-flu
Tips Membedakan Flu dan Pilek

Parasetamol adalah pilihan pertama. Tetapi, Parasetamol akan menyebabkan kerusakan hati bila digunakan secara berlebih. Sementara penggunaan ibuprofen untuk menurunkan demam dapat menyebabkan masalah usus dan kerusakan ginjal pada anak. Membaca tips membedakan flu dan pilek itu sangat penting. dan melakukan konsultasi dengan dokter bila perlu.

Jika anda sudah membaca tips-tips membedakan flu dan pilek, tentunya anda akan tau perbedaan keduanya. karena kedua penyakit ini berbeda, memilih obat yang tepatpun menjadi penting. karena pasti obat flu dan pilek berbeda. Satu lagi, Banyak penderita flu menggunakan parasetamol untuk menurunkan suhu badan yang tinggi, tetapi sebenarnya penggunaan parasetamol tanpa dosis yang benar sangat berbahaya. salah satunya bisa menyebabkan gagal hati. Semoga anda yang sedang menderita flu atau filek cepat sembuh. terima kasih sudah berkunjung.

Silahkan komentar menggunakan akun anda

Tinggalkan Balasan