Kesehatan

Tips Cara Mengobati Luka Tusuk

Kebanyakan Orang sangat khawatir apabila Mengalami luka tusuk pada tangan ataupun kaki. Karena Paku, Tusuk Sate dan benda-benda tajam lainnya dapat menyebabkan luka tusukan pada kulit. Selain itu luka tusukan sangat jarang dijahit, Karena tidak di jarit untuk itulah banyak yang khawatir dan bingung bagaimana cara mengobati luka tusuk pada kaki ataupun tangannya. Sebelum saya bagikan tips cara mengobati luka tusuk, ada beberapa hal penting yang perlu di ketahui sebelum melakukan pengobatan seperti :

  • Apakah ada jaringan dalam yang terluka ?
  • Apakah ada (kotoran atau benda) ditinggalkan dalam luka ?
  • Apakah korban memerlukan suntikan tetanus ?

Tips Cara Mengobati Luka Tusuk

Luka Tusu Sangat sering terjadi pada Lengan, Telapak Tangan dan Telapak Kaki. Sebuah tusukan yang dalam pada tubuh dapat menyebabkan cedera internal yang serius, jika terjadi demikian disarankan langsung menghubungi dokter. Sebuah luka tusukan meskipun kecil bisa menjadi serius jika terinfeksi. Panggil dokter untuk luka tersebut kecuali luka yang dialami sangat minor. Jika luka tusukan yang di alami tidak terlalu serius, barulah Tips Cara mengobati Luka tusuk bisa anda lakukan sendiri. Berikut adalah tanda-tanda cedera serius dan membutuhkan perawatan darurat :

  1. Jika terdapat darah yang keluar dari luka dengan deras – kemungkinan terjadi luka pada jaringan arteri.
  2. Mati rasa atau kesemutan di tungkai di luar luka – kemungkinan terjadi luka pada jaringan saraf.
  3. Kesulitan bergerak di sekitar luka – kemungkinan terjadi luka pada jaringan otot tendon.

Terkadang banyak orang menganggap luka tusuk yang di alaminya tidak terlalu serius, Memang biasanya ketika kaki atau tangan tertusuk akan mengalami rasa sakit cuma sebentar ketika darah sudah berhenti keluar. Tetapi bisa saja terjadi infeksi yang menyebabkan luka tusuk harus di rawat secara intensif. Untuk itu perlu di ketahui  tanda-tanda infeksi yang biasanya akan timbul dalam waktu 24 jam pasca terjadi Luka Tusuk:

  1. Demam
  2. Kemerahan
  3. Muncul nanah kekuningan
  4. Pembengkakan daerah sekitar luka
mengobati-tetanus-karena-luka-tusuk
Tips Cara Mengobati Luka Tusuk

Apabila Tnada – tanda di atas muncul, maka segeralah pergi ke dokter ataupun rumah sakit terdekat untuk mendapatkan perawatan. Jika tidak, resiko infeksi meluas akan semakin besar. dan bisa saja terkena Tetanus. Anda tentunya tidak mau kaki atau tangan anda di amputasi karena sudah tidak bisa di tangani. untuk itu mencegah terjadinya tetanus lebih baik.

Jika Luka tusuk yang di alami tidak terlalu serius, atau mungkin saja luka tusuk tidak terlalu dalam, anda bisa mengobati sendiri dirumah dengan beberapa tips cara mengobati luka tusuk . Tip pengobatan Sederhana untuk Luka Tusukan meliputi :

  • Jangan tekan luka kecuali berdarah dengan deras atau tekan untuk mengetahui apakah terjadi luka hingga saluran arteri.
  • Biarkan luka berdarah sebanyak mungkin untuk menghilangkan bahan asing.
  • Bersihkan luka dengan sabun dan air atau hidrogen peroksida 3%.
  • Rendam luka dalam air hangat atau larutan baking soda beberapa kali sehari selama 4 sampai 5 hari. (Ini
  • membantu kulit yang terluka terbuka sehingga kuman atau benda asing dapat mengalir melalui lubang luka)
  • Carilah perawatan medis jika Anda melihat tanda-tanda infeksi seperti disebutkan di atas atau jika luka tidak sembuh setelah dua minggu.
  • Pastikan untuk diimunisasi agar terhindar dari tetanus

Luka tusuk merupakan penyebab awal infeksi yang serius, karena bisa saja bakteri ataupun kotoran yang ada pada paku ataupun tusuk sate masuk ke jaringan dalam tubuh kita. untuk itu perlu mendapatkan perawatan serius. Bila perlu anda harus mendapatkan suntikan ATS ( Anti Tetanus ) Untuk mencegah Tetanus. Semoga Tips cara mengobati luka tusuk yang saya bagikan bisa berguna bagi anda yang sedang menderita luka tusuk. ataupun anda bisa menyarankan dan membagikan artikel ini pada teman anda yang sedang menderita luka tusuk. Bagikan melalui Facebook, Twitter, atau melalui email juga bisa. Terima Kasih sudah berkunjung.

Silahkan komentar menggunakan akun anda

Tinggalkan Balasan