Kesehatan

Cara Menjaga Kesehatan Mata

Mata adalah organ penting manusia, bagaimana tidak dengan Mata anda bisa melihat keindahan dunia ini, dan dengan mata membuat kehidupan anda menjadi sempurna. Jadi mulailah dari sekarang untuk belajar menjaga kesehatan mata anda. kita harus selalu menjaga pemberian tuhan dengan baik, dengan cara menjaga kesehatan mata secara dini. Bisa dibayangkan bagaimana jadinya hidup kita apabila mata kita mengalami masalah ataupun terkena penyakit mata. Dunia akan menjadi gelap dan kehidupan andapun akan menjadi tidak sempurna.

Dalam hal ini mata sangatlah penting, untuk itu saya menuliskan tips dan cara menjaga kesehatan mata anda supaya tetap sehat dan terhindar dari penyakit. ada banyak sekali penyakit mata yang kita ketahui seperti rabun jauh atau dengan kata lain penyakit miopi , rabun dekat atau biasa disebut penyakit hipermetropi, katarak, Presbiopi atau tidak dapat melihat benda yang jauh maupun dekat, Dan masih banyak lagi penyakit lainya.

Cara Menjaga Kesehatan Mata

Cara Menjaga Kesehatan Mata
Cara Menjaga Kesehatan Mata

Bersyukurlah kita apabila kita dilahirkan menjadi manusia yang sempurna, karena itu sangatlah penting cara menjaga kesehatan mata anda mulai dari sekarang. adapun cara untuk menjaga kesehatan mata antara lain :

1. Jangan terlalu dekat saat anda di depan Layar Komputer atau sedang menonton Televisi

Cara Menjaga Kesehatan Mata yang pertama yaitu jangan terlalu dekat dengan monitor. tentunya mata anda akan terus memandang ke satu arah, selain itu juga radiasi layar komputer maupun Televisi sangat tidak baik untuk mata. Itu bisa menyebabkan mata anda cepat kering dan tentunya akan mudah terkena Penyakit Mata. Jarak Pandang yang ideal saat berada di depan Layar Komputer atau saat Menonton Televisi adalah antara jarak 50 cm sampai jarak 100 cm. Tetapi kalau terlalu jauh juga kurang baik.

2. Jangan terlalu sering mengucek mata.

Terkadang tangan kita tanpa sadar akan melakukan hal tersebut saat mata anda mersa perih karena ada benda yang masuk ke mata anda. ataupun saat mata anda merasa gatal. Apabila ini sering dilakukan sangatlah tidak baik, karena ketika benda kecil masuk ke dalam mata dan apabila kita mengucek mata akan menyebabkan mata semakin iritasi akibat gesekan benda tersebut dengan mata. saya sarankan untuk menggunakan obat tetes mata, itu lebih baik untuk menghindari iritasi pada mata. sehingga kita bisa menjaga kesehatan mata kita.

3. Tidurlah tepat waktu

Tidur tepat waktu itu sangat berguna untuk menjaga kesehatan mata, karena saat tidur mata kita akan beristirahat. Dan mata akan kembali segar saat anda terbangun kembali. Tidur yang ideal biasanya antara 8 sampai 10 jam setiap hari. apabila kurang dari itu lama kelamaan mata anda akan cepat lelah dan rentan terkena penyakit. Mulai sekarang janganlah menunda waktu tidur anda karena tidur juga berpengaruh pada kesehatan mata anda.

4. Mengkonsumsi makan yang mengandung Vitamin A

Sering – seringlah mengkonsumsi makanan yang mengandung Vitamin A, Karena Vitamin A sangatlah berguna untuk menjaga kesehatan mata anda. adapun makanan yang mengandung vitamin A antara lain Wortel, Tomat, Pepaya, Bayam, Selada, Ubi jalar, dan masih banyak yang lainya.Vitamin A akan membantu mengkonversi sinyal molekul dari sinar yang diterima oleh retina untuk menjadi suatu proyeksi gambar di otak kita. Satu wortel ukuran sedang mengandung 200% dari kebutuhan rata rata vitamin A orang tiap hari, Satu cangkir selada yang diparut mengandung 361 IU vitamin A dan 10 kalori, Ubi jalar menyediakan 438 % Kebutuhan vitamin A orang dewasa setiap harinya. jadi sering – seringlah mengkonsumsi makanan yang mengandung Vitamin A.

5. Rajin memeriksa mata

Rajinlah memeriksa mata anda ke dokter spesialis mata. ini sangat penting untuk mengidentifikasi secara dini apabila terjadi gangguan pada mata anda. dan apabila terjadi gangguan akan bisa ditangani secara cepat. Sering – seringlah berkonsultasi dengan Dokter Spesialis Mata. karena ini untuk kebaikan dan kesehatan Mata anda juga.

6. Berhentilah merokok.

Dari penelitian ternyata merokok juga berpengaruh terhadap kesehatan mata, Apabila anda ingin menjaga kesehatan mata anda, Matikanlah rokok anda dari sekarang dan mulailah Belajar untuk hidup sehat. Anda bisa membaca Cara Ampuh Berhenti Merokok apabila anda ingin menghilangkan kebiasaan merokok anda. karena kebiasaan merokok dapat menimbulkan resiko penyakit mata seperti katarak, dan kerusakan saraf optik pada mata.

7. Gunakan Pelindung Mata

Pelindung mata sangatlah berguna untuk melindungi mata anda dari benda berbahaya yang mungkin saja masuk ke mata anda. Penggunaan pelindung mata sangat perlu di lakukan saat anda sedang berkendara Sepeda Motor, Berolahraga, ataupun Melakukan pekerjaan yang beresiko bagi mata. Pelindung mata yang biasa kita ketahui yaitu Kacamata.

Dari Sejumlah cara – cara di atas, semoga dengan membaca Cara Menjaga Kesehatan Mata di atas, anda bisa menjaga kesehatan mata anda mulai sekarang.Semoga tulisan saya ini bermanfaat. apabila ada sesuatu yang kurang mohon kritik dan sarannya dengan berkomentar di kolom di bawah. Terima kasih Sudah membaca.

Silahkan komentar menggunakan akun anda

Tinggalkan Balasan