Gadget dan Smartphone

Tips Memilih Kamera Digital Terbaik

Banyak sekali yang sedang mencari kamera digital di bawah 2 juta maupun di bawah 1 juta, tetapi harga memang benar – benar merupakan hal yang menentukan apakah kamera tersebut memiliki fitur terbaik atau cuma kamera abal -abal. Dulu pilihan kamera digital cuma dua, yaitu kamera compact/pocket atau kamera DSLR. Tapi sekarang ada sekitar tujuh kategori kamera digital yaitu: kamera ponsel, kamera pocket, kamera compact canggih, kamera mirrorless, kamera DSLR. Dan kamera DSLR juga masih di kategorikan lagi dari pemula sampai profesional. Bagi anda yang sedang mencari kamera digital, ada beberapa Tips memilih kamera digital terbaik dan sesuai dengan keuangan anda.

Tips Memilih Kamera Digital Terbaik

Sebelum memilih kamera digital terbaik, Sebaiknya memahami bagaimana menentukan kriteria kualitas kamera yakni:

  • Kekuatan Baterai atau Jenis Baterai
  • Kualitas gambar: Ditentukan dari besarnya image sensor (sensor gambar) dan generasi prosesor gambar
  • Kinerja: Kecepatan operasi, kecepatan foto berturut-turut dan melakukan fungsi-fungsi kamera yang otomatis
  • Ekosistem: Seberapa lengkap aksesoris seperti lensa dan flash, kualitas layanan purna jual
  • Ergonomi dan Antarmuka: Seberapa nyaman saat dipegang dan digunakan. Kualitas susunan tombol dan isi menu

Semakin mahal harga semakin bagus pula kualitas dari kamera tersebut, memang begitu adanya, tetapi apakah sesuai dengan budget uang anda untuk membeli kamera digital terbaik ?. Jangan memaksakan kehendak, karena jika anda hanya ingin menyalurkan hobi fotografi atau sekedar ingin mengabadikan momen anda bersama keluarga atau teman, lebih baik memilik kamera terbaik sesuai dengan keuangan anda. Untuk itu mari lanjut membaca Tips Memilih Kamera Digital Terbaik yang akan dijelaskan di tulisan ini.

Jika anda ingin mendapatkan produk kamera yang baguz, tentunya anda harus teliti sebelum membelinya. Jangan sampai anda menyesal sudah membeli produk tersebut, dan pada akhirnya anda harus menjualnya dan membeli lagi yang baru. Jika anda mau beli kamera second pun juga harus membaca Tips Memilih Kamera Digital Terbaik ini, karena mau barang second ataupun barang baru sama saja. Toh bedanya cuma di garansinya saja atau mungkin ada kerusakan setelah pemakaian.

Sorry agak panjang lebar ngomongnya. Sekarang lanjut ke pokok sesuai judul artikelnya. Ada beberapa Tips Memilih Kamera Digital Terbaik yang harus anda ketahui antara lain:

1. Perhatikanlah Daya Tahan baterainya. 

Tips Memilih Kamera Digital Terbaik - baterai-kamera-terbaik
Tips Memilih Kamera Digital Terbaik

Sebelum membeli kamera digital, anda tentunya akan membaca spesifikasi kamera tersebut, tetapi mungkin anda lupa mempertimbangkan daya tahan baterai kamera. Karena memang banyak orang yang membeli kamera sangat jarang memperhatikan daya tahan baterai. Kamera digital yang memiliki spesifikasi tinggi, sangat Kurang efektif jika tidak di dukung ketahanan baterai yang cukup lama. Bayangkan jika anda harus mengisi baterai berkali – kali. Tentunya kamera ini tidak bagus di gunakan untuk anda yang suka melakukan perjalanan wisata. Ada banyak kamera meskipun murah, memiliki ketahanan baterai yang sangat bagus.

2. Memperhatikan Megapixel Kamera Digital 

Tips Memilih Kamera Digital Terbaik - megapixel
Tips Memilih Kamera Digital Terbaik

Tips Memilih Kamera Digital Terbaik yang satu ini mungkin sudah umum anda ketahui. Pertama yang anda lihat sebelum mebeli kamera pastilah berapa megapixel kamera tersebut. Karena semakin besar megapixelnya, semakin halus dan semakin besar ukuran gambarnya. jadi tidak akan pecah meskipun di cetak dalam ukuran besar. Tapi jika hanya untuk di cetak dalam ukuran kecil anda bisa memilih kamera dengan megapixel yang sedang mungkin sekitar 3-8 megapixel.

3. Optical Zoom

optical-zoom - Tips Memilih Kamera Digital Terbaik
Tips Memilih Kamera Digital Terbaik

Ada dua tipe zoom yang umunya ada pada kamera digital. Yaitu Optical Zoom dan Digital Zoom. Perbedaan optical zoom dengan Digital Zoom yaitu pada fasilitas zoom yang digunakan. Optical zoom biasanya menggunakan fasilitas Optik atau lensa yang bergerak memanjang dan memendek, sedangkan Digital Zoom menggunakan fasilitas piranti lunak atau program. Sehingga hasil gambar yang menggunakan optical zoom lebih baik dibandingkan digital zoom.

4. Flash/Cahaya

Tips Memilih Kamera Digital Terbaik - Flash-kamera
Tips Memilih Kamera Digital Terbaik

Flash merupakan cahaya yang keluar saat kita mengambil gambar. Cahaya flash lebih terang dibandingkan cahaya lampu, jadi sangat cocok di gunakan dalam pengambilan gambar di dalam ruangan yang meiliki pencahayaan yang kurang. Sehingga andapun akan tetap mendapatkan gambar yang jelas meskipun berada pada ruangan yang pencahayaannya kurang.

5. Coba Sebelum Membeli

Tips Memilih Kamera Digital Terbaik satu ini memang sangat perlu sekali. Mencoba kamera sebelum membeli sangat di sarankan. Banyak penjual yang memberikan pelangganya mencoba kamera sebelum membeli. Jadi di sarankan jangan membeli kamera melalui Online jika anda belum pernah mencoba kamera tersebut.

Wah.. lumayan panjang lebar juga saya ngomongnya. Demikian Tips Memilih Kamera Digital Terbaik yang saya ketahui. Apabila kalian punya pengalaman, silahkan shared di kolom komentar di bawah. terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel ini.

Silahkan komentar menggunakan akun anda

Tinggalkan Balasan