Gadget dan Smartphone

Setting Proxy di Android tanpa Aplikasi

BAGUZ IMED – Jika sebelumnya saya sudah pernah mempublish tutorial mengenai cara membuka blokir situs di android, Sekarang saya akan membagikan tutorial cara setting proxy di android tanpa aplikasi. dalam tutorial ini saya menggunakan hp asus zenfone 5 sebagai contoh. asus zenfone 5 yang saya gunakan masih menggunakan android 4.3. Untuk android versi terbaru sepertinya tidak ada perbedaanya, tetapi mungkin akan berbeda untuk android versi 4.3 ke bawah. Karena kemungkinan tidak memiliki fitur pengaturan proxy di dalamnya.

Penggunaan proxy di android sangat erat kaitanya dengan kecepatan akses dan juga pemblokiran situs. Seperti yang kita ketahui, sebelumnya pemblokiran situs dilakukan oleh operator melalui DNS. Tetapi sekarang pemblokiran situs dilakukan Melalui Proxy server. Jadi hanya Proxy server dan juga VPN saja yang bisa membobol atau menembus pemblokiran tersebut. Untuk itulah kamu perlu melakukan setting proxy di android jika kamu ingin mengakses situs-situs yang di blokir oleh operator. Sebenarnya pemblokiran situs dilakukan untuk membatasi ataupun menanggulangi terkasesnya situs-situs yang tidak boleh di buka oleh anak ber umur di bawah 17 tahun. Karena semakin banyaknya kasus – kasus asusila yang di lakukan oleh anak di bawah umur.

Selain berdampak baik, pemblokiran situs juga berdampak yang kurang baik. Dalam hal ini pemblokiran situs Pialang Online, atau Broker Luar. Seharusnya situs-situs teregulasi seperti forex Broker tidak boleh di Blokir. Karena mereka memiliki regulasi Khusus sebagai Pialang terpercaya. Oke kembali lagi ke Topik ” Setting Proxy di Android tanpa Aplikasi “. Untuk Bisa melakukan setting proxy di android kamu harus memiliki IP proxy server. Entah itu yang gratis ataupun yang berbayar.

Baca : Proxy Premium Indonesia Terbaru 2015

Baca : Cara Mendapatkan Proxy Gratis 

Tutorial iini hanya berlaku apabila kamu menggunakan koneksi wifi. Untuk pengguna Koneksi Mobile, akan saya jelaskan tutorialnya di kesempatan berikutnya.

Setting Proxy di Android tanpa Aplikasi

Tutorial ini memakai android 4.3 hp asus punya saya sendiri. Untuk melakukan setting proxy di android tanpa aplikasi, yang pertama kali harus kamu lakukan adalah masuk ke menu ” settingan ” terus masuk ke ” Settingan WIFI “.

  • Tekan Lama pada Koneksi Wifi yang sudah terhubung sampai keluar menu Konfigurasi jaringan. Kemudian Tekan ” Ubah Jaringan ” perhatikan gambar di bawah.
Setting Proxy di Android tanpa Aplikasi step 1
Setting Proxy di Android tanpa Aplikasi step 1
  • Setelah itu Geser ke bawah dan centang ” Tampilkan Opsi kanjutan “.
Setting Proxy di Android tanpa Aplikasi
Setting Proxy di Android tanpa Aplikasi
  • Setelah itu geser ke bawah sedikit dan tekan pada tulisan ” Tak Satu Pun ” di bawah setelan Proxy Kemudian Pilih ” Manual “.
Setting Proxy di Android tanpa Aplikasi
Setting Proxy di Android tanpa Aplikasi step 3
  • Setelah itu Masukan IP proxy server beserta port Proxynya. Dalam contohdi bawah saya menggunakan IP Proxy 118.98.96.152 dengan Port 3128 Kemudian Simpan.
Setting Proxy di Android tanpa Aplikasi
Setting Proxy di Android tanpa Aplikasi step 4
  • Buka browser Chrome, Kemudian cek ip kamu di whatsmyip.org untuk mengetahui apakah proxy sudah berjalan dengan benar.
cek ip kamu
cek ip proxy server

Silahkan komentar menggunakan akun anda

2 Comments

Tinggalkan Balasan