Gadget dan Smartphone

Cara Menghemat Kuota Internet di Android

Hari ini aku mencoba berbagi artikel di website baguz info media mengenai Cara Menghemat Kuota Internet di Android yang kamu miliki. Sebenarnya menghemat kuota yang saya maksud bukan membuat kuota nggak habis – habis di android. Secara logika saja itu sudah tidak mungkin. Kalau sampai kuota nggak habis – habis, mungkin Operator akan bangkrut. Tentu saja hal ini nggaka akn di biarkan sama Operator. Kalau masalah Menghemat Kuota Internet itu tentu mungkin. Yah menghemat biar kuota internet data di android nggak cepet habis.

Trik Cara Menghemat Kuota Internet di Android ini bisa kamu pakai jika kamu memakai kartu Indosat, 3, Xl, Telkomsel, Smartfren, Bolt, dan yang lainnya. Jadi kamu bisa menghemat kuota internet Indosat, Menghemat Kuota  3, menghemat Kuota XL, dan juga Operator yang lain. Tidak perlu khawatir operator mana saja yang kamu pakai. Yang jelas trik ini hanya bisa di pakai di hp Android. Kalau hp Iphone, akan aku tulis cara menghemat kuota iphone di artikelku berikutnya.

Cara Menghemat Kuota Internet di Android

Sebenarnya pemakaian kuota di HP android bisa kita akali biar nggak cepet habis. Karena terkadang hp android itu sangat boros dengan Kuota internet. Untuk itulah kamu harus melakukan penghematan. Cara Menghemat Kuota Internet di Android adalah :

Menggunakan UC Browser

Cara Menghemat Kuota Internet di Android
Cara Menghemat Kuota Internet dengan UC Browser

Menggunakan UC Browser sangat efektif jika kamu ingin mengakses situs dengan cepat dan dengan kuota yang sedikit. Dari pengalaman yang saya temui, UC Browser bisa mengirit kuota data internet kita jika membuka halaman website atau browsing menggunakan UC Browser. kamu tidak akan bisa menghemat kuota jika kamu melakukan download, ataupun Streaming di youtube.

Menggunakan Opera Browser

Cara Menghemat Kuota Internet di Android
Cara Menghemat Kuota Internet dengan Opera Browser

Jika dulu di HP symbian kita mengenal namanya Opera Mini, sekarang Opera Browser juga bisa di gunakan di Android. Seperti dulu aku ketahui Opera Browser bisa menghemat Kuota Data Inter Kita. Meskipun itu bisa menghemat sedikit, tetapi lumayan buat hemat-hemat kuota. Sekali lagi jangan di pakai untuk download ataupun Streaming. Karena percuma saja, Kuota kamu pasti akan di sedot habis – habisan.

Menggunakan Google Chrome (data server)

Cara Menghemat Kuota Internet di Android
Cara Setting Chrome Data Saver

Cara pertama menghemat kuota data internet yakni dengan menggunakan chrome browser, dengan mengaktifkan fitur data saver. Nah untuk mengaktifkan Data Server silahkan buka Setting –> Data Saver –> ON. Fitur Data Saver akan men-kompres data sampai 30%.

Menonaktifkan Opsi Sinkronisasi

Cara menghemat kouta internet di android dapat dilakukan dengan non-aktifkan opsi sinkronisasi yang tidak anda pakai. Untuk non-aktifkan opsi sinkronisasi silahkan anda pergi ke menu Setting –> Accounts –> lalu pilih akun yang tidak ingin di sinkronisasi. Cara yang satu ini mampu menghemat kuota data internet kamu di android, pasalnya aplikasi tersebut tidak secara otomatis akan tersambung ke jaringan internet.

Melakukan Limit Penggunaan Mobile Data

Pasti anda juga mengetahui yang namanya fitur limit system dan data usage warning. Anda dapat memanfaatkan fitur kedua ini agar dapat mengetahui pemakaian data anda yang telah melampaui batas. Nah untuk memakai fitu kedua ini anda pergi ke menu Settings –> Data usage –> Celular data –> lalu Set cellular data limit. Kemudian tap untuk mengaktifkan.

Membatasi penggunaan data di background / Restrict Background Data

Cara menghemat kuota data internet dapat dilakukan dengan batasi penggunaan data di background. Nah untuk memberhentikan data blackground silahkan anda pergi ke menu Settings –> Data Usage –> Tap tiga garis vertikal di kanan atas –> Restrict background data –> lalu klik OK

Mengindentifikasi Aplikasi yang Membuat Kuota Data Cepat Habis

Melakukan indentifikasikan aplikasi yang membuat kuota anda cepat habis. Nah untuk mengetahui aplikasi yang menyedot data anda, silakan buka menu Setting lalu buka Data Usage kemudian scroll ke bawah serta temukan aplikasi yang banyak menyedot kuota data anda. Anda dapat uninstall aplikasi yang memakan banyak data anda, kemudian ganti dengan aplikasi baru yang tidak terlalu banyak menyedot data kuota.

Membatasi Penggunaan Data di Berbagai Aplikasi

Cara Menghemat Kuota Internet di Android
Selanjutnya cara menghemat kuota data internet android yakni  melakukan pembatasan data di masing-masing aplikasi kamu. Caranya yaitu dengan masuk ke menu Setting, Caranya adalah masuk ke  menu Setting –> Back Up dan Sync. Hal tersebut dapat menghemat kuota data internet anda.

Mengatur Update Otomatis Aplikasi

Cara Menghemat Kuota Internet di Android
Apabila kamu memakai Google Play Stote, maka secara otomatis ponsel android anda akan Update aplikasi yang ada di play store tersebut, Biasanya update tersebut memakan kuota data yang cukup besar. Nah untuk mencegah hal ini anda bisa menggunakan jaringan Wifi, untuk mengaktifkan wifi ke Google play store silahkan anda masuk ke menu Setting –> Auto-update apps –> Auto-update apps over WiFi Only.

Kesimpulan :

Semua Penghematan yang kamu lakukan untuk menghemat kuota data di android tidak akan bekerja jika kamu mendownload Lagu, Streaming Video, Ataupun Mendownload File Dari Internet. Cermat Cermatlah memakai Kuota Internet kamu. Kalau Memang Kuotanya sangat tipis, pakailah sekedar untuk BBM-an, FB-an,  Twitter-an, Ataupun WeChat-an.

Silahkan komentar menggunakan akun anda

Tinggalkan Balasan