Gadget dan Smartphone

Cara mengembalikan file yang sudah terhapus di android

File penting kamu hilang terhapus atau terdelete ? Kamu nggak perlu khawatir. Semuanya pasti ada solusinya. Untuk mengembalikan file berupa gambar, video, dan juga lagu yang sudah terhapus, sekarang caranya sangat mudah. File – file penting yang kita simpan di android bisa saja tidak sengaja terhapus atau di hapus oleh orang lain. Tentu saja kita akan mencari file hilang tersebut dan mengembalikanya. Tetapi untuk mengembalikan file yang terhapus di android tidaklah mudah. Tetapi kamu tenang saja, hal ini bisa kita atasi. Sesuai pengalaman aku, ada cara mengembalikan file yang sudah terhapus di android yang belum diRoot maupun yang sudah diRoot. Caranya memang sedikit berbeda. tetapi semuanya akan aku jelaskan disini. Mari lanjut menyimak.

Jika di komputer windows, kita bisa dengan mudah mengembalikan atau merestore file yang terhapus dengan mudah. Karena dalam windows ada sebuah tempat penyimpanan file sampah yang biasa di sebut recyclebin. Jika file di windows terhapus, file tersebut akan pindah ke recyclebin terlebih dahulu. Makanya sewaktu waktu kita bisa mengembalikan file tersebut.

Cara mengembalikan file yang sudah terhapus di android

Sebelum melanjutkan ke tutorial Cara mengembalikan file yang sudah terhapus di android, Ada dua buah kasus file terdelete di android yang perlu kita tahu antara lain :

1. Mengembalikan file yang terhapus di android yang belum menginstal aplikasi data recovery,

Yang saya maksud adalah, ketika hp andoid kamu belum di install aplikasi recyclebin, tentunya untuk mengembalikan file yang sudah di hapus akan menjadi sedikit sulit. Kamu memerlukan bantuan sebuah komputer atau laptop yang di hubungkan langsung ke hp android kamu. Aplikasi ini akan membantu kita menelusuri file file yang sudah terdelete sebelumnya. Dan membantu kita merestore file tersebut. Untuk bisa melakukan recovery file android, komputer atau laptop harus menginstall sebuah aplikasi gratis yang namanya Recuva. Recuva bisa kamu download gratis atau juga bisa kamu beli versi pro nya.

Cara mengembalikan file yang sudah terhapus di android
Recuva Recovery

Cara menggunakannya cukup mudah. Apabila file yang terhapus itu ada di kartu SD, tinggal hubungkan hp android dengan komputer menggunakan kabel USB. Kemudian tinggal menjalankan program Recuva. Contohnya seperti gambar di bawah :

Secara umum, kartu SD kamu harus di format dengan mode FAT 32, NTSF dan sejenisnya. Apabila kartu memori tidak di baca, cobalah untuk mencabut usb dan mengulang proses menggunakan card reader. Ini sangat penting karena jika kartu SD sampai tidak terbaca, kemungkinan untuk melanjutkan proses ini sangat mustahil.

Langkah di atas bisa kamu lakukan jika file yang hilang itu ada di kartu memori atau external memori. Apabila ada di memori internal, kamu juga bisa melakukan langkah yang sama seperti langkah Cara mengembalikan file yang sudah terhapus di android di atas.

image
Cara mengembalikan file yang sudah terhapus di android

Cara mengembalikan file yang sudah terhapus di android sudah diRoot

Berbeda cerita apabila android kamu sudah di ROOT, kamu pastinya memiliki akses untuk masuk langsung ke root folder. Cara mengembalikan file yang sudah terhapus di android yang telah di root sedikit berbeda dengan yang belum di root atau masih original. Kamu bisa langsung mendownload aplikasi undeleted dari smartphone android kamu. Aplikasi ini cukup simple layaknya recyclebin.

2. Mengembalikan atau merestore file di android yang sudah dilengkapi aplikasi recovery,

Dalam kasus ini, kamu akan lebih mudah melakukan recovery dengan mempersiapkan aplikasi terlebih dahulu sebelum file di android kamu terhapus. Trik ini bisa di sebut sebagai langkah pencegahan bila di kemudian hari file kita terhapus atau terdelete.

Trik ini bisa kamu lakukan di android yang masih original atau belum di root. Untuk mencegah file hilang di android, kamu bisa memanfaatkan aplikasi gratis yang bisa kamu download di playstore seperti dumpster, DiskDigger photo recovery.

Kesimpulanya :

Memang mencegah file hilang di android itu lebih baik dari pada mengembalikan file yang sudah hilang. Tetapi keduanya masih bisa kita lakukan. File – file seperti foto, video, lagu, dokumen, dll yang tersimpan di android memang sangatlah penting. Tetapi kadang sebagian orang tidak menghiraukan hal tersebut. Karena mereka nggak mempermasalahkan momen momen atau kenangan mereka hilang.

Silahkan komentar menggunakan akun anda

Tinggalkan Balasan