Gadget dan Smartphone

Cara membuat video rekaman layar android

Mungkin kamu pernah melihat tutorial android yang menampilkan video rekaman layar android. Video ini di buat menggunakan sebuah aplikasi yang cukup populer bagi pembuat tutorial video dengan layar android. Kamu pastinya ingin tau bagaimana Cara membuat video rekaman layar android jika ingin membuat tutorial video dan mengunggahnya ke youtube. Disini akan aku jelaskan langkah – langkah membuat video rekaman layar android.

Seperti yang sudah saya bilang, untuk bisa merekam layar android, kamu memerlukan sebuah aplikasi atau apk yang terinstal di android kamu. Aplikasi ini disebut dengan aplikasi SCR Screen Recorder. Aplikasi ini memang satu satunya. masih ada aplikasi yang lain yang bisa melakukan screen recorder di android. aplikasi perekam layar android lainya antara lain :

  • Screen Recorder
  • AZ Screen Recorder
  • Lollipop Screen Recorder
  • Infinity Play Screen Recorder
  • dan masih banyak yang lain.

Cara membuat video rekaman layar android

Dalam tutotial saya kali ini, saya hanya akan menjelaskan tutorial membuat video rekaman layar android atau screen recorder android menggunakan SCR Screen Recorder. Seperti pemantauan yang sudah saya lakukan. SCR screen recorder tidak tersedia di Google Play. tetapi aplikasi ini bisa langsung kamu download di Official Websitenya. Okelah.. sekarang akan aku mulai bagaimana cara membuat video rekaman layar android dengan mengikuti langkah- langkah berikut.

1. Untuk bisa melakukan screen recorder, kamu harus mendownload aplikasi ini di official websitenya yaitu http://www.scr-screen-recorder.com/.  Aplikasi ini membutuhkan hak akses root untuk bisa beroperasi.

2. Buka aplikasi SCR Screen Recorder maka notifikasi untuk memberikan hak akses root akan muncul. Tap Allow untuk memberikan hak akses root pada aplikasi.

Cara membuat video rekaman layar android
screenshot 1

3. Setelah itu, anda akan mendapati widget melayang yang akan terus aktif biarpun anda berganti jendela. widget melayang itu adalah bagian dari aplikasi SCR Screen Recorder, terdiri dari 3 button yaitu button Record yang berbentuk logo SCR Screen Recorder berwarna orange, button Settings atau pengaturan yang terletak ditengah widget, dan button paling kanan yang berfungsi untuk menyembunyikan widget.

Cara membuat video rekaman layar android
screenshot 2

4. Cara untuk mulai melakukkan rekaman sangat mudah, anda cukup melakukkan tap pada tombol Record (berbentuk logo SCR Screen Recorder, warna orange) maka proses rekaman anda sudah akan dimulai. Anda bisa menemukan tanda rekaman berjalan pada status bar. Ready berarti rekaman masih belum berjalan, namun aplikasi telah siap digunakan Recording yang berarti rekaman sedang berjalan.

5. Jika dirasa sudah cukup dan anda ingin menghentikan rekaman, anda cukup melakukkan tap pada icon Scr Screen Recorder yang terdapat pada daftar aplikasi. Cara lainnya adalah dengan mengunci layar dan menunggu selama 2 detik seperti yang dianjurkan oleh developer SCR Screen Recorder.

Cara membuat video rekaman layar android
Screenshot 3

6. File hasil rekaman bisa anda temukan pada aplikasi gallery yang terdapat pada perangkat android kamu.

Setelah proses penyimpanan selesi, kamu bisa mengupload video hasil rekaman tadi ke youtube atau ke facebook dan yang lainya. segitu dulu tutorial saya mengenai Cara membuat video rekaman layar android. untuk selanjutnya saya pasti akan membagikan beberapa tutorial lainya mengenai sreen recorder video di android. Terima kasih atas perhatiannya.

Silahkan komentar menggunakan akun anda

Tinggalkan Balasan