Gadget dan Smartphone

Aplikasi Android Otomatis Tersimpan KeMemori Eksternal

" Menyimpan aplikasi ke memori eksternal akan membuat android lebih kenceng

BAGUZ INFOMEDIA – Secara default, Aplikasi android yang kita install itu otomatis akan tersimpan ke memri internal atau memori Hp. Hal ini tentunya akan jadi masalah jika kita memiliki hp yang memiliki ruang penyimpanan internal terbatas. Untuk itulah kita perlu membuat agar Aplikasi Android Otomatis Tersimpan KeMemori Eksternal Hp Kamu. Tentunya ini akan menguntungkan bagi pemilik hp yang ingin menginstal banyak aplikasi tetapi memiliki memori internal sedikit. Kamu hanya perlu menambahkan memori ekternal yang lebih besar. Tinggal pasang memori Micro SD yang besar minimal 8Gb, kita bisa install aplikasi sebanyak yang kita mau.

Dalam tutorial ini, aku mengambil contoh setting Aplikasi Android Otomatis Tersimpan KeMemori Eksternal di hp asus zenfone 4. Kenapa aku pakai zenfone 4 sebagai bahan percobaan, karena hp zenfone 4 memiliki ruang internal yang sangat kecil. Makanya perlu melakukan setting otomatis biar setiap aplikasi yang kita install itu otomatis tersimpan ke memori eksternal. Tutorial ini sedikit berbeda dengan memindahkan aplikasi yang sudah terinstall ke memori ekternal. karena memindahkan berarti memindahkan aplikasi yang sudah terinstal, bukan membuat setiap aplikasi baru yang di install itu otomatis tersimpan kememori eksternal.

Untuk Melakukan proses ini, Kamu tidak perlu menginstall aplikasi pihak ketiga, Karena pada hp asus sudah tersedia settingan yang langsung bisa membuat setiap aplikasi baru yang kita install, otomatis di install ke memori eksternal atau ke kartu mikro SD. Ada beberapa bahan yang perlu kita siapkan untuk melakukan percobaan ini. antara lain :

  1. Hp asus zenfone 4 atau asus zenfone 4c
  2. Memori ekternal ( Micro SD ) minimal 8 Gb
  3. Aplikasi yang akan kita install.

Jika semuanya sudah siap, barulah kita bisa melakukan percobaan ini. Utuk langkah pertama, kita harus setting hp asus zenfone 4 kita biar otomatis menyimpan aplikasi yang kita install kememori eksternal.

Aplikasi Android Otomatis Tersimpan KeMemori Eksternal

Masuk ke menu ” setelan ” atau menu ” Setting “. kemudian cari menu setelan ” ASUS customized setting “. seperti yang terlihat di gambar di bawah.

Aplikasi Android Otomatis Tersimpan KeMemori Eksternal
Aplikasi Android Otomatis Tersimpan KeMemori Eksternal

jika sudah masuk ” ASUS customized setting “, silahkan cari ” App installation setting “.

app installation setting
app installation setting asus zenfone 4

Setelah kamu masuk ” ASUS customized setting “, pilih ” prefer external storage “. Ini berarti setiap aplikasi yang terinstall otomatis akan tersimpan kememori eksternal.

app installation setting
app installation setting asus zenfone 4

Sampai disini sebenarnya tahapan setting Aplikasi Android Otomatis Tersimpan KeMemori Eksternal sudah selesai, tinggal sekarang menginstall aplikasi yang ingin kamu install seperti biasanya. kemudian lihatlah apakah aplikasi tersebut sudah terinstall ke memori ekternal apa belum. Untuk mengetahui apakah aplikasi tersebut sudah dimemori eksternal,

Silahkan baca : Memindahkan Aplikasi ke Micro-SD HP Asus

app tersimpan ke penyimpanan eksternal
app tersimpan ke penyimpanan eksternal

Disana sudah ada cara melihat apakah aplikasi yang kita install sudah  di memori eksternal apa belum. Sehingga kita bisa yakin benar kalau aplikasi itu sudah pindah ke mikro SD.

Silahkan komentar menggunakan akun anda

2 Comments

Tinggalkan Balasan