Gadget dan Smartphone

10 Penyebab Handphone Android Cepat Panas

Permasalahan yang kadang sering kita tidak perhatikan, terkadang juga berdampak tidak baik terhadap handphone kita. Masalah yang sering terjadi yaitu masalah android yang cepat panas. Selain itu juga kadang hp android panas sendiri, walaupun tidak kita gunakan. Untuk menemukan cara menanggulangi temperatur panas android yang tidak wajar, tentunya kita harus mengetahui 10 Penyebab Handphone Android Cepat Panas setelah itu barulah kita bisa mengambil tindakan untuk menanggulanginya.

Dampak buruk jika handphone terlalu panas

10 Penyebab Handphone Android Cepat Panas
handphone sangat panas

Sebelum beranjak mengenai 10 Penyebab Handphone Android Cepat Panas, perlu kita ketahui beberapa dampak yang bisa terjadi jika hp kita terlalu panas. Jika panas handpone melebihi batas kewajaran, ada beberapa kemungkinan yang akan terjadi antara lain :

  • Handphone akan cepat rusak,
  • Layar monitor tidak berfungsi,
  • Chip power tidak akan berfungsi,
  • Baterai akan cepat mengembung dan rusak,
  • Handphone bisa saja meledak.

Tidak mau kan mengalami 5 kemungkinan buruk bila handphone android kita terlalu panas, makanya perlu kita ketahui dulu penyebabnya hp itu panas karena apa.

10 Penyebab Handphone Android Cepat Panas

Ada beberapa penyebab yang membuat hp android cepat panas, baik itu saat dipakai maupun saat tidak terpakai ( posisi stanbay ). 10 penyebabnya yaitu :

1. Membuka halaman website yang berat.

Terkadang membuka situs website yang mengandung javascript yang membahayakan handphone, bisa membuat hp android panas dengan cepat dan bahkan akan error kemudian restart sendiri.

2. Membuka aplikasi yang berlebihan.

Aplikasi yang masih terbuka dan tidak kita tutup juga akan menyebabkan android kita menjadi panas. Pastikan kita menutup semua aplikasi yang sedang berjalan jika sedang tidak digunakan.

3. Menggunakan handphone saat masih di charge

Jangan sekali sekali menggunakan hp android saat ngecharge, seperti telpun, sms, main game, atau internetan. Ini bisa memicu suhu panas yang tinggi pada baterai. Dan bisa saja meledak.

4. Baterai hp mau rusak

Baterai hp yang habis masa pakai alias mau rusak juga bisa bikin kinerja melambat dan seakan memaksa prosesor untuk bekerja. Selain tiu daya baterai mulai tidak stabil membuat pasokan daya ke perangkat menjadi tidak optimal.

5. Handphone kotor terkena debu

Debu juga bisa menghambat sirkulasi udara di perangkat handphone kita. Karena itu proses pendinginan prosesor tidak bekerja. Itulah makanya hp android cepat panas.

6. Menghidupkan paket data

Ini memang kejadian yang biasa. Tetapi perlu kita ketahui bahwa ini juga yang menyebabkan android cepat panas. Matikan paket data jika tidak diperlukan.

7. Signal Operator bermasalah

Pernah nggak mengalami kejadian kekurangan signal atau mendapatkan signal yang tidak stabil. Ini bisa menyebabkan hp cepat panas. Jika memang signal tidak stabil atau sangat kecil, silahkan beralih ke mode penerbangan. Biar hp android nggak nyari nyari signal lagi.

8. Beban prosesor yang berlebihan

Prosesor juga memegang peranan penting di sistem android. Jadi jika prosesor di kasi beban yang tinggi, bisa bisa hp akan jadi rusak dan tidak bisa digunakan lagi. Saran saya, lebih baik restart perangkat android kamu.

9. Ada virus di hp android

Virus yang lagi jalan di sistem tidak akan kelihatan. Virus ini akan membebani ram dan juga prosesor. Karena itu android menjadi panas. Walaupun pada saat itu kita tidak senang memakai android.

10. Dipakai di tempat yang panas

Jika dipakai di tempat yang panas, tentunya akan membuat hp android juga semakin cepat panas. Lebih baik jangan menggunakan android di terik matahari. Bisa membuat android cepat rusak.

Kesimpulanya :

Setelah kita mengetahui 10 Penyebab Handphone Android Cepat Panas dan juga dampak buruknya jika android terlalu panas, barulah kita bisa mengambil langkah pencegahan biar android tidak panas lagi. 10 penyebab hp cwpat panas ini merupaka pengalaman pribadi saya sebagai pengguna android. Mungkin terlihat konyol, tetapi cukup membantu dan memang benar seperti itu. Kalaupun ada yang kelupaan, mohon dikoreksi. Terima Kasih.

Silahkan komentar menggunakan akun anda

3 Comments

Tinggalkan Balasan