Peluang Bisnis

Tips Memulai Bisnis Studio Musik

Seiring dengan kebutuhan yang meningkat, usaha mendirikan studio musik menjadi sesuatu yang menjanjikan. Namun, menjamurnya usaha ini menjadikan persaingan semakin ketat, dan Anda harus memutar otak untuk mempertahankan bisnis ini agar tak mudah tersingkir. Untuk Itulah saya mengangkat judul postingan Tips Memulai Bisnis studio Musik. Untuk mendirikan sebuah usaha memang perlu sebuah pertimbangan yang matang, selain perlu adanya keterampilan, bakat, dan pengalaman di bidang musik. Modal juga harus menjadi pertimbangan.

Tips Memulai Bisnis Studio Musik
Tips Memulai Bisnis Studio Musik

Tips Memulai Bisnis Studio Musik

Ada banyak sekali hal yang harus dilakukan untuk memulai bisnis studio musik. Hal tersebutlah yang akan menunjang perkembangan bisnis studio music yang akan anda rintis. Untuk Itu ada tips – tips memulai Bisnis studio musik yang harus anda ketahui dan lakukan. Diantaranya :

1. Mempertimbangkan Tempat Studio Musik

Tempat yang strategis dan mudah di jangkau juga merupakan alasan suatu usaha akan berkembang. Apabila anda memiliki tempat pribadi ataupun kamar pribadi yang tidak terpakai, anda juga bisa memanfaatkannya untuk menghemat biaya pengeluaran anda. Dibandingkan harus menyewa tempat yang mahal, tempat seadanya juga bisa di sulap menjadi studio musik. Selain itu juga Tempat anda mendirikan sebuah studio music, harus dekat dengan kampus, sekolah, dan menyediakan tempat parkir yang cukup.

2. Mempertimbangkan Luas  Ruangan Studio

Luas Rungan studio juga perlu anda pertimbangkan. semakin luas semakin bagus. Luas minimal sebuah ruangan studio musik adalah 4 meter x 4 meter dengan tinggi minimal 3 meter. Ukuran ini ditentukan oleh suatu panjang gelombang suatu alat musik Bass yang mampu mencapai jarak 34 meter per satu gelombang.

Jika gelombang suara terpantul kurang sempurna, akan mengeluarkan suara yang tidak bagus. Selain tiu hindari ruangan yang berbentuk kubus. hal ini berhubungan dengan standing wave yang berada di sekitar tengah ruangan yang membuat suara tidak enak untuk di dengar.

3. Membeli Peralatan Musik

Peralatan musik yang lengkap dan memiliki spesifikasi yang bagus juga akan menjadi bahan pertimbangan seorang pelanggan untuk memilih studio musik yang anda miliki. Spesifikasi alat music dibagi menjadi 3 kategori. Diantaranya alat musik lokal, alat musik berlisensi, dan alat musik build up atau original.Untuk Alat Musik buatan dalam negeri paling tidak menghabiskan badget kira- kira sekitar 35 juta rupiah.

4. Mengoptimalkan Promosi

optimalkan promosi melalui iklan. Hal ini dilakukan misalnya dengan menyebarkan flyer, menempelkan poster di tempat-tempat strategis atau secara online menggunakan media internet. Utamakan pada hari-hari menjelang akhir minggu atau menjelang liburan.

Selain itu, perlakukan pelanggan dengan baik, walau alat musik yang Anda sewakan selalu beresiko rusak karena mereka. Tempelkan secara jelas peraturan beserta sanksinya agar pelanggan tidak merusak peralatan musik, agar ada efek jera untuk tidak lagi melakukannya.

Karena itu, agar tak mudah rusak, lakukan pemeliharaan alat musik secara rutin. Walau tak harus setiap hari, usahakan untuk secara berkala menjaga kebersihan dan meremajakan alat-alat musik sebelum studio dibuka.
Jagalah kepercayaan dan kesetiaan pelanggan dengan memberikan program diskon atau hadiah. Tak perlu banyak dan mahal. Memberikan satu jam sewa gratis setelah penyewaan 2 jam selama 3 kali berturut-turut sudah memberi keuntungan bagi para pelanggan.Semoga tips-tips memulai bisnis studio musik ini bisa berguna untuk anda. terima kasih sudah berkunjung dan membaca tulisan yang sudah saya bagikan.

Silahkan komentar menggunakan akun anda

Tinggalkan Balasan