Peluang Bisnis

Tips belanja online pintar dan hemat

Selamat datang di coretan aku kali ini yang membahas masalah belanja online. Tadi sempet belanja online keliling – keliling. Trus nemu hal yang unik jadi pengen ngasi beberapa tips belanja online pintar dan hemat. Karena dalam bertransaksi online, kita sebagai pembeli harus pintar biar bisa menghemat pengeleuaran kita. Makin banyaknya toko online yang menawarkan barang – barang dengan harga miring. Membuat kita harus jelo dalam memilih toko mana yang harus kita percayai.

Tips belanja online pintar dan hemat

Jika berbicara masalah pintar, semua orang juga pintar, nah sekarang pembelinya pintar, si penjual juga bisa lebih pintar. Anggap saja penipuan online, sekarang penipu juga lebih pintar. Makanya dia menyasar orang orang yang tidak lebih pintar dan teliti dari dia. Sama halnya juga dengan pedagang. Tidak semua pedagang penipu. Tetapi sebenarnya penjual itu nggk ada yang jujur. Coba kalo pedagangnya di tanya harga pokoknya berapa. Ya pasti dia nggk mau jujur kan..? Wakakakaka… tapi itu wajar -wajar saja menurut aku. Nah untuk masalah belanja online, biar kita tidak sampai di kelabuhi oleh penjual, kita juga harus pintar. Mari kita simak Tips belanja online pintar dan hemat berikut ini.

1. Carilah penjual yang terpercaya.

Penjual yang meyakinkan itu banyak. Tetapi penjual yang bisa di percaya itu sedikit. Intinya kita jangan sampai terhasut bahasa promosi atau tergiur dengan harga yang murah. Nah cara menentukan penjual yang terpercaya itu ada beberapa cara :

  • Lihat tipe badan usahanya.
    Apa itu CV, PT, UD, atau perseorangan. Jika sudah berbadan hukum, biasanya bisa kita percaya. Kalau perseorangan, perlu kita lakukan pemeriksaan tahap kedua,
  • Lihat berapa umur tokonya atau lama toko berjualan.
    Biasanya penjual yang tidak terpercaya nggk akan bertahan lama paling semunggu atau sebulan tokonya dah ngilang. Trus ganti sama nama toko yang baru. Makin lama toko itu eksis, makin terpercaya juga toko itu.
  • Lihat harga yang dia tawarkan.
    Nah ini juga yang perlu di antisipasi. Toko terpercaya nggak mungkin jual barang murah banget di bawah harga pasaran. Kalau dia jual murah tokonya pasti rugi. Ya logikanya klo dia jual murah, apa pakai gaji karyawanya.
  • Lihat review dari pembelinya.
    Ini juga penting. Kalo penjual tanpa review perlu di waspadai. Klo penjual yang rewiewnya bagus semua juga perlu di waspadai. Pokonya harus hati – hati.

2. Lakukan belanja online di website terpercaya.

Hmm… ini lagi salah satu Tips belanja online pintar dan hemat. Udah tau beberapa website toko online terpercaya..? Kalau belum aku kasi beberapa toko online terpercaya di indonesia. Aku hanya ngasi beberapa saja. Klo yang nggk di sebutin bukan berarti nggak terpercaya ya Berikut ini daftarnya.

  • Lazada,
  • Elevinia,
  • Blibli,
  • Bhinneka,
  • Tokopedia,
  • Bukalapak,
  • Dan masih banyak yang lainya.

3. Lakukan transaksi menggunakan rekening bersama.

Tips belanja online pintar dan hemat

Sudah tau rekening bersama atau Rekber.? Itu adalah rekening yang bakalan nyimpen uang kita sebelum barang nyampai ke tangan kita. Jadi setelah barang sampai, uang baru bisa di ambil oleh si penjua
. Rekening bersama ini di terapkan di website tokopedia dan bukalapak. Jadi kalau bertaransaksi dengan penjual yang kurang kita percaya, ya aku saranin pakai rekening bersama. Banyak penyedia rekening bersama yang bisa di percaya di indonesia.

4. Lakukan Transaksi COD

Apa itu COD.? COD itu artinya Cash On Delivery atau bisa di artikan kita akan membayar jika barangnya sudah di tangan kita. Di indonesia COD bisa di sebut juga pertemuan antara penjual dan pembeli secara langsung. Jadi transaksi seperti ini hampir seperti Offline transaction. Sangat Aman dan meminimal adanya penipuan

5. Hati – hati dengan barang yang murah

Nah ini dia biar kita hemat. Tadi biar kita pintar, sekarang biar kita hemat. Judul artikelnya aja Tips belanja online pintar dan hemat. Nah biar hemat, harus jeli dengan harga barang. Jeli dalam artian bisa melihat barang yang memang bener – bener murah. Karena dalam pengalaman aku, ada juga penjual yang menjual barangnya sangat murah tetapi mereka bikin ongkirnya yang mahal. Jadi sama saja bohong kalo begitu kan.
Bandingkan dan hitung sendiri ongkos kirim dan berat barang itu berapa. Jika berat barang tidak masuk akal, berarti ada main main. Msak beli box plastik aja beratnya bisa ampe 6 kilo. Gila itu plastik apa besi ya..? Nah itu salah satu contohnya.

6. Lihat spesifikasinya dengan lengkap.

Belanja online itu sangat beda sama belanja offline. Karena belanja online itu barangya tidak bisa kita pengang dan coba dulu. Cuma fotonya aja yang bisa kita lihat kan. Nah bandingkan beberapa harga, terus lihat spesifikasinya baru pilih dan beli.

Kesimpulannya :

Masih banyak hal yang harus kita ketahui tentang belanja online. Karena tulisanya terlalu panjang, lain kali aku sambung lagi dan bahas lagi tentang belanja onlie. Intinya dari penjelasan aku di atas adalah Tips belanja online pintar dan hemat itu sangat mudah di lakukan. Dan bisa meminim adanya kecurangan yang dilakukan penjual. Selain itu juga bisa meminimal adanya tindakan penipuan secara online. Ikuti saran saya jika kalian nggak mau ketipu belanja online ya..!!!

Silahkan komentar menggunakan akun anda

Tinggalkan Balasan